Jumat, 15 April 2011

CONTOH INSTRUMEN WAWANCARA

INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN GURU
1. Beberapa jumlah anak didik dikelompok belajar yang ibu/bapak ampu?
2. Apakah ada batas usia untuk masuk kelompok belajar dikelompok belajar ibu/bapak?
3. Apakah ibu pernah mendapatkan sosialisasi program unggulan yang diterapkan di PAUD ibu/bapak?
Apa yang menjadi program unggulan tersebut?
4. Adakah panduan program yang menjadi pegangan dalam menerapkan program unggulan yang ibu/bapak ibu gunakan?
Apa saja pegangan /refrensinya?
5. Apakah ibu mengetahui program jangka pendek jangka panjang PAUD dimana ibu/bapak Bekerja?
6. Adakah peran ibu/bapak dalam penyusunan program jangka pendek jangka panjang?
7. Apakah ibu bapak sudah mendapatkan sosialisasi tentang program tahunan/ semester/ harian?
8. Dalam praktik saya melihat adanya beberapa anak yang tidak mengikuti kegiatan berdo’a, apa yang ibu lakukan terhadap kondisitersebut?
Apa tujuan melakukan hal tersebut?
9. Apakah yang menjadi pemikiran ibu/bapak atas perlakuan yang ibu lakukan?
10. Apakah kejadian tersebut pernah terjadi? Apa yang ibu lakukan? Adakah hasil perlakuan tersebut efektif?
11. Apakah ibu/bapak mengkomunikasikan kegiatan yang ibu lakukan dengan kepala PAUD? Apa tanggapan yang diberikan oleh kepala PAUD?
12. Apakah ibu mengkomunikasi secara langsung kegiatan tersebut dengan orang tua? Apa tanggapan yang diberikan oleh orang anak didik?

Pangkalpinang ......................................



INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN KEPALA PAUD
1. Sudah berapa lama PAUD yang ibu pimpin berdiri?
2. Apa tujuan utama yang menjadi pemikiran ibu dalam mendirikan PAUD?
3. Adakah tujuan tersebut sudah menjadi visi misi PAUD dan tertuang dan tertulis dalam VISI MISI PAUD?
4. Dalam mencapai Visi misi langkah dan program apa saja yang ibu lakukan?
5. Apakah Ibu sudah mensosialisasikan program tersebut kepada pengajar orang tua atau kepada pihak yang terkait ?
6. Adakah tim perencana program (dari guru, orang tua Orang yang berkompeten)? Dapatkah ibu menyebutkan peran masing-masing tugas bagian dari TIM?
7. Berapa jumlah pengajar/staff di Paud yang ibu pimpin?
8. Apakah ada program analisis terhadap perbandingan jumlah anak didik dengan jumlah pengajar?
9. Adakah program unggulan di PAUD yang ibu/bapak pimpin?
10. Apakah ibu/bapak mengadakan kegiatan sosialisasi program unggulan yang diterapkan di PAUD ibu/bapak?
Apa yang menjadi program unggulan tersebut?
11. Adakah panduan program yang menjadi pegangan dalam menerapkan program unggulan yang ibu/bapak ibu gunakan?
Apa saja pegangan /refrensinya?
12. Apakah ibu sudah menyusun program jangka pendek jangka panjang PAUD dimana ibu/bapak pimpin?
13. Bagaimana langkah ibu/bapak dalam menerapkan program unggulan tersebut dalam program tahunan, semester,dan mingguan?
14. Adakah program pengembangan kompetensi bagi pengajar di PAUD yang ibu/bapak pimpin?
Apa bentuk program tersebut?
15. Adakah ada standar kompetensi yang ibu harapkan dari pengajar di Paud yang ibu pimpin?
16. Bagaimana tanggapan ibu/bapak jika mendapatkan pengajar yang melaporkan jika melakukan treatmen terhadap anak didik?
17. Apakah ibu/bapak melaporkan tindakan pengajar kepada orang tua anak didik?

Pangkalpinang ......................................


OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
Dikelompok bermain
Kelompok bermain :
Tanggal :
Usia :
No Hal-hal unik/menarik ditemukan Ada keterangan
Ya Tidak
1 Model Pengembangan Kegiatan
2 Penataan ruangan
3 Kegiatan yang dilakukan anak
4 Alat peraga edukatif (APE) yang digunakan
5 Pengaturan/pengelompokan anak
6 Cara pendidik memimpin kegiatan
7 Peran orang tua anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar