Selasa, 19 April 2011

rpp kesehatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
MODIFIKASI ABK TUNAGRAHITA




MATA PELAJARAN

BAHASA INDONESIA
MATEMATIKA
IPA
IPS
PPKn
SBK




TEMA : KESEHATAN

KELAS / SEMESTER : II ( DUA) B /II
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR






SEKOLAH DASAR NEGERI 33 PANGKALPINANG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK


MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
: MATEMATIKA
: IPA
: IPS
: PPKn
: SBK
TEMA : KESEHATAN
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR
KELAS / SEMESTER : II ( DUA) /II
ALOKASI WAKTU :
I. STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mendengarkan : 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
Berbicara : 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Membaca : 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
Menulis : 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

PPKn : 4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila


Matematika
Bilangan : 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka

I P A
Energi dan Perubahannya : 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari


I P S : 2. Memahami kedudukan dan perabn anggota keluarga dan lingkungan tetangga

S B K : Mengekspresikan diri melalui seni musik



II. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
Mendengarkan : 5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya

5.2 Menceritakan isi kembali dongeng yang didengarnya

Berbicara : 6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan mengunakan kata-kata sendiri


Membaca : 7.1 Membaca nyaring teks (15-20) kalimat dengan memperhati kan lafal dan intonasi yang tepat


Menulis : 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi


PPKn : 4.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari


Matematika : 3.2 Melakukan pembagian bilangan dua angka

3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka

3.3 Melakukan operasi hitung campuran


I P A : 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari


I P S : 2.3 Memberi contoh bentuk kerjasama dilingkungan tetangga



S B K : 9.1 Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana





III. INDIKATOR

Bahasa Indonesia
- Menyebutkan watak/ sifat tokoh dari wacana
- Memerankan tokoh dalam percakapan sesuai dengan ekspresi yang tepat
- Menjelaskan pengal aman yang dialaminya sendiri
- Membaca teks percakapan dengan benar
- Menulis puisi dengan huruf tegak bersambung



PPKn
- Menyebutkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras



Matematika
- Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan perkalian dan pembagian
- Menghitung perkalian dengan hasil dua angka
- Menyelesaikan operasi hitung dengan benar


I P A
- Mengurutkan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari
-
- Menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari



I P S
- Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga linkungan alam sekitar rumah



S B K
- Melakukan gerak tari dengan iringan atau tepukan
- Mengelompokan dan mengidentifikasi geraktari sesuai keseimbangan pola lantai

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia : - Siswa dapat menyebutkan watak/ sifat tokoh dari wacana*

- Siswa dapat memerankan tokoh dalam percakapan sesuai dengan ekspresi yang tepat
- Siswa dapat menjelaskan pengal aman yang dialaminya sendiri

- Siswa dapat membaca teks percakapan dengan benar

- Siswa dapat menulis puisi dengan huruf tegak bersambung


PKn : - Siswa dapat menyebutkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras



Matematika : - Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan perkalian dan pembagian*
- Siswa dapat menghitung perkalian dengan hasil dua angka
- Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung dengan benar
I P A : - Siswa dapat mengurutkan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari*
- Siswa dapat menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari
- Siswa dapat memperagakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari



I P S : - Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga linkungan alam sekitar rumah*
- Siswa dapat menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan sekitar rumah
- Siswa dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja samadilingkungan tetangga


S B K : - Siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan atau tepukan
- Siswa dapat mengelompokan dan mengidentifikasi geraktari sesuai keseimbangan pola lantai


Tanda * = materi modifikasi yang disesuaikan dengan kondisi kemampuan akademik anak

VI .KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
KEGIATAN AWAL :
Guru menertibkan siswa dilanjutkan dengan berdoa
Guru mengabsensi siswa dan menanyakan keadaan para siswa
Guru membagikan gambar seri tentang bemacam gambar orang, lingkungan sehat dan tidak sehat

KEGIATAN INTI
- Guru memberikan tugas siswa untuk menempelkan gambar sesuai kelompok gambar
- Siswa menempel menjadi kelompok sesuai gambar pada papan
- Guru bersama siswa menyanyikan lagu "aku anak sehat"
- Guru menjelaskan kosakata yang ada pada lagu "aku anak sehat"
Ilustrasi tematik
Pada hari ini kamu sudah mendapatkan kartu yang masing masing berbeda, ada gambar orang ada gambar lingkungan, ada yang sehat ada yang tidak sehat. Dari bermacam gambar tersebut ada berapa jumlah kelompok gambar dengan seri yang sama. Ada berapa gambar orang sakit?. Ada berapa gambar lingkungan yang sehat?, ada berapa gambar orang tidak sehat?, dan berapa lingkungan yang tidak sehat?.
Coba X untuk mengelompokan gambar sesuai dengan kelompok.
Ceritakan gambar yang kamu lihat!
- Guru memberikan kesempatan pada beberapa siswa secara mandiri untuk menceritakan gambar
- Siswa menceritakan gambar seri tersebut
Selain cara oleh raga untuk menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berjemur dibawah matahari, tetapi perlu diingat waktu berjemur harus memperhatikan waktu yang tepat, yaitu antara jam 0700 pagi sampai 10 siang. Dari sinar matahari kita dapat memperoleh vitamin D.
Untuk sehat kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan, karena dari lingkungan yang sehat kita bisa sehat
Siapa,yang harus menjaga kebersihan lingkungan kita?
Makan teratur dan sehat, tspi tidak berlebihan juga akan membuat kita menjadi sehat.
Olah raga teratur, sperti yang kita lakukan pada hari sabtu. Bisakah kamu mengetahui jumlah peserta kelompok senam dari yang kamu lihat?
- Coba lihat gambar berikut
Peserta senam yang sudah rapi semula 65 anak dari kelas 1- kelas 4 orang, kemuadian kelas 5 dan 6 masuk barisan berjumlah 33 anak. Berapa anak yang mengikuti senam?
Ayo kita buat kalimat matematikanya
65 + 33 = .....
Cara 1


6 5 + 3 3 = 98
5 + 3 = 8
6 + 3 = 9


Cara 2
65
33
___+
98

Coba sekarang dengarkan
Dalam acara lomba lari hari 134 mendaftar hari kedua ada yang mendaftar lagi 52 orang. Berapa peserta yang sudah mendaftar lomba lari?
Siapa mau mencoba menghitungnya?
SD 33 mengadakan rapat wali, guru menyiapkan 140 gelas bolesa, ternyata masih kurang guru mengeluarkan lagi 38 gelas hass, berapa gelas minuman yang dikeluarkan guru?
Coba X dan X maju kedepan kerjakan?
Siapa yang belum paham ?
Latihan
1. Nelayan minggu pertama menjemur ikan tongkol 367 ekor. Minggu kedua menjemur lagi 132 ekor ikan tongkol. Berapa ikan yang telah dijemur pak nelayan?
2. Pak Niman memetik 126 buah mangga pada pagi hari, pada sore hari pak Niman memetik lagi 152 buah mangga, berapa buah mangga yang telah dipetik pak Niman?
3. Didin pengusaha laundry pada hari senin dia menjemur 253 baju cucian, pada hari selasa dia menjemur 132 baju, berapa jumlah baju yang dijemur hari Senin dan Selasa?

- Bagi yang sudah selesai kerjakan LM 1 buku tematik kalian
- Guru membimbing anak mengerjakan penjumlahan.

- Guru menanyakan kegiatan yang dapat dilakukan pada siang hari
- Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegunaan panas dan cahaya matahari
- Siswa meceritakan berdasarkan gambar LPA 1
- Siswa menyempurnakan dalam mewarnai LPA 1


*
Siswa menjumlahkan dengan cara susun bawah
Latihan :
23
12
___+
.......
41
21
___+
.......
31
22
___+
.......
22
11
___+
.......
24
12
___+
.......

Bahasa ,IPA
Tulis kalimat berikut!
Ibu menjemur baju basah
Nelayan menjemur ikan
Dijemur supaya kering
Ibu menjemur adik pagi-pagi

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan materi pelajaran
Memberikan PR LM 2

VII. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas,

VIII.MEDIA / SARANA
MEDIA : gambar orang , lingkungan sehat dan tidak sehat

SARANA : Standar isi ( Permen 22 tahun 2006 )
Panduan belajar tematik SD untuk kelas 2. Semester 2

IX.EVALUASI;
1.PROSEDUR ; TES TERTULIS
2.JENIS TES LISAN DAN PERBUATAN

3.ALAT TES









A. Tertulis
Bahasa Indonesia
Beri keterangan dibawah gambar sesuai pemahaman kamu!


Ceritakan:.....................................
......................................................
......................................................
...................................................... Ceritakan:.......................................
........................................................
........................................................
........................................................ Ceritakan:.......................................
........................................................
........................................................
........................................................

Ceritakan:......................................
........................................................
........................................................
........................................................ Ceritakan:.......................................
........................................................
........................................................
........................................................ Ceritakan:.......................................
........................................................
........................................................
........................................................

Matematika
Hitunglah dengan benar?

Kunci jawaban :
1. 6+6+6+6+6+6=36
6x6 = 36
2. 4+4+4+4+4=20
4x5= 20
3. 3+3+3+3+3+3= 18

4. 6x4=24











IPA
Jawablah dengan benar!
1. Sebutkan 3 sumber energi panas yang ada disekitar kita!
1.
2.
3.

2. Sebutkan 2 sumber energi bunyi yang kamu kenal!
1.
2.

3. Isilah sesuai dengan energinya
Sumber energi Nama benda Energi yang dihasilkan






Kunci jawaban
1. Seterika, dispenser, oven, kompor, api, dll
2. Televisi, radio, hp, wireles, tape, dll
3.
Nama benda Energi yang dihasilkan
blender Gerak
Kompor minyak panas
laptop cahaya
Mesin cuci gerak
HP bunyi



IPS
Jawablah dengan benar!
1. Keluarga inti terdiri dari siapa saja?
2. Peran ayah dirumah sebagai .................... keluarga
3. Kewajiban yang dapat kamu lakukan dirumah yaitu......
4. Mendapatkan sekolah yang baik adalah....................... anak
5. Tanggung jawab ibu rumah tangga..............................

Kunci jawaban
1. Ayah ibu dan anak
2. Kepala
3. Membantu orang tua, belajar rajin, patuh pada kedua oran tua
4. Hak
5. Mengurus rumah tangga,

PKn
Jawablah dengan benar!
1. Musyawarah dilakukan untuk.............
a. Membicarakan permasalahan bersama-sama b. Kegiatan gotong royong c. Memutuskan sendiri-sendiri

2. Berikut kegiatan disekolah yang harus dimusyawarahkan ......
a. Berangkat pagi pagi b. Kegiatan lomba kebersihan c. Mengerjakan ulangan

3. Dalam kegiatan musyawarah, kita harus ......
a. Saling menghormati b. Mengancam c. Menghina

4. Kegiatan musyawarah disekolah seperti ........
a. Pemilihan pengurus kelas b. Pemilihan ketua RT c. Pemilihan kepala desa

5. Hasil musyawarah harus ........ oleh semua anggota musyawarah
a. Diabaikan b. Dilaksanakan c. Dilupakan

Kunci jawaban !
1. A
2. B
3. A
4. A
5. B















SBK
1. Tes Proses pada saat siswa menyanyi berlangsung
NO Nama Siswa NILAI
Kriteria penilaian
6
Tidak menyanyi 7
Menyanyi dibantu guru 8
Dapat menyanyi sendiri






2. Praktik Buatlah bentuk keluarga inti dirumah warnai, namailah dan tempel pada kertas!
Tempel disini?














Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005 Pangkalpinang , 2010
Guru wali kelas



Rofi Badari
NIP. 197804062005011010

ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR SISWA
TAHUN : 2010 - 2011
KELAS/SEMESTER : II B /II
MATA PELAJARAN :
TANGGAL PELAKSANAAN :
NO NAMA SISWA NOMOR SOAL NILAI PERSENTASE TINDAK LANJUT
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 PERBAIKAN PENGAYAAN
1 Sri Agustina PS
2 Sarina
3 Dariyolasman
4 Kharisma Fitriyani
5 Ari Aji Pangestu
6 Randi Atul Aufa
7 Raesya Nabila D
8 Yudo Alfariszi
9 Bhakti Riodilla r
10 Fathan Fadlurahman
11 Izhar Dinata
12 M. Faris Galasta
13 Suci Halifah
14 Praman Arya D
15 Talia Salsa BH
16 Evin Devianti
17 Ayu Kartika D
18 Shinta Pramudya w
19 Galuh Qineverre lisa
20 Tri Oktaria
21 Dimas Al-hafizh
22 M. Irfandy
23 Husna
24 Khairunissa
25 Irvantara Eshia



JUMLAH SISWA BETUL
JUMLAH SISWA SALAH
PROSEN SIWA BETUL
PROSEN SISWA SALAH
PERBAIKAN
PENGAYAAN
PANGKALPINANG, .................... 2011
MENGETAHUI,
KEPALA SEKOLAH GURU KELAS II B
SD NEGERI 33 PANGKALPINANG


SULFA, S.Pd Rofi Badari
NIP. 196304191983032005 NIP. 197804062005011010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar