Senin, 11 April 2011

RPP TEMATIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
: MATEMATIKA
: IPA
: IPS
: PPKn
: SBK
TEMA : Keluarga
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR
KELAS / SEMESTER : II ( DUA) /II
ALOKASI WAKTU :
I. STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Mendengarkan : 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
Berbicara : 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Membaca : 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
Menulis : 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

PPKn : 3. Menampilkan sikap demokratis

Matematika
Bilangan : 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka

I P A
Energi dan Perubahannya : 3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya

I P S : 2. Memahami kedudukan dan perabn anggota keluarga dan lingkungan tetangga

S B K : 1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa


II. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
Mendengarkan : 5 Menyampaikan pesan pendek yang di dengarnya kepada orang lain
Berbicara : 6. Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain

Membaca : 7. Membaca nyaring teks (15 - 20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat

Menulis : 8 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

PPKn : 3 Mengenal kegiatan bermusyawarah

Matematika : 3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka

I P A : 3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi ( panas, listrik,cahaya, dan bunyi)yang ada dilingkungan sekitar

I P S : 2.2 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga


S B K : 9.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi

III. INDIKATOR

Bahasa Indonesia
- Menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri
- Menceritakan tentang keluarga dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain
- Membuat kalimat tanya sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Melengkapi kalimat percakapan sesuai dengan pilihan kata yang sesuai
- Menyusun kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik secara tepat, rapidan mudah dibaca

PPKn
- Menyebutkan bermacam kegiatan musyawarah
- Mendemonstrasikan kegiatan musyawarah
- Memutuskan pendapat hasil musyawarah
- Memberikan pertimbangan atas hasil musyawarah

Matematika
- Membilang perkalian dengan teknik penjumlahan berulang
- Mengghitung perkalian dengan berbagai teknik
- Menghitung secara tepat perkalian yang hasilnya sampai 100
- Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan perkalian

I P A
- Menyebutkan sumber energi panas yang ada disekitar
- Menyebutkan sumber energi bunyi yang ada disekitar
- Menyebutkan sumber energi cahaya yang ada disekitar
- Mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar dan energi yang digunakan
- Mendeteksi alat-alat ruumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya

I P S
- Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
- Menyebutkan hak peran anggota keluarga

S B K
- Menggambar dan mewarnai gambar
- Memainkan alat musik sesuai notasi
- Mempraktekkan menyanyikan lagu anak






IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia : - Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri*
- Siswa dapat menceritakan tentang keluarga dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain*
- Siswa dapat membuat kalimat tanya sesuai dengan tujuan pembelajaran*
- Siswa dapat melengkapi kalimat percakapan sesuai dengan pilihan kata yang sesuai
- Siswa dapat menyusun kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik secara tepat, rapidan mudah dibaca
PKn : - Siswa dapat menyebutkan bermacam kegiatan musyawarah*
- Siswa dapat mendemonstrasikan kegiatan musyawarah*
- Siswa dapat memutuskan pendapat hasil musyawarah
- Siswa dapat memberikan pertimbangan atas hasil musyawarah

Matematika : - Siswa dapat mengenal arti perkalian sebagai penjumlahan*
- Siswa dapat mengingat fakta dasar perkalian dengan berbagai cara
- Siswa dapat menghitung secara tepat perkalian yang hasilnya sampai 100
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan perkalian
I P A : - siswa dapat menyebutkan sumber energi panas yang ada disekitar*
- siswa dapat menyebutkan sumber energi bunyi yang ada disekitar*
- siswa dapat menyebutkan sumber energi cahaya yang ada disekitar*
- siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar dan energi yang digunakan*
- siswa dapat mendeteksi alat-alat ruumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya

I P S : - Siswa dapat mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga*
- Siswa dapat menyebutkan hak peran anggota keluarga

S B K : - Siswa dapat menggambar dan mewarnai gambar*
- Siswa dapat memainkan alat musik sesuai notasi*
- Siswa dapat mempraktekkan menyanyikan lagu anak*

VI .KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
KEGIATAN AWAL :
Guru menertibkan siswa dilanjutkan dengan berdoa
Guru mengabsensi siswa dan menanyakan keadaan para siswa
Guru memperlihatkan gambar yang berkaitan materi yang akan dijadikan cerita yaitu “menjemput kakek dan nenek”
Siswa menjawab sesuai dengan kesempat yang diberikan oleh guru

KEGIATAN INTI
Guru memberikan ilustrasi sebuah peristiwa yang terjadi di stasiun kereta api
Ilustrasi singkat
Pada hari minggu pagi keluarga Uun sudah naik kendaraan dengan baju yang bersih, rapi dan dengan badan yang segar oleh siraman air dingin pagi. Mereka sangat gembira, Didi selalu memperhatikan kanan kiri jalan. Jalan kota yang biasanya macet demikian lengang pagi itu. Didi memperhatikan banyak keluarga yang berolah raga ada yang jalan kaki, naik sepeda. Hanya beberapa mobil yang lewat penuh muatan, barang dagangan. Sampai diperempatan mobil ayah berhenti menunggu lampu hijau kembali menyala. Toko banyak yang masih tutup, lapu didepan toko masih menyala. Didi melamun setiap kelompok adalah satu keluarga yang terdiri empat orang, didi melihat ada tiga keluarga dalam satu kelompok sedang berbelanja, (ayo berapa jumlah anak dari 3 keluarga tadi ?), (guru menuliskan dipapan tulis 3 x 2 ), mobil pun berjalan tak terasa mereka sudah sampai distasiun. Suara panggilan dari speaker yang keras terdengar keras, perintah penumpang berangkat segera bersiap sebab kereta ada yang datang. (guru menanyakan apa stasiun?, (siswa manjawab) pemberhentian pesawat?, tempat bersandar kapal?). kembali stasiun!. Sebelum masuk ada palang pintu berputar. Ayah Uun membeli karcis ruang tunggu, ayah kemudian membagikan karcis 2 lembar untuk kami dan ayah memegang 2 lembar untuk ayah sendiri, setelah Didi membaca karcis tersebut tertulis retribusi tempat umum dan iuran kebersihan. Ditempat tunggu terlihat tempat duduk rapi, dengan kipas angin yang besar, tv tertempel 29 in” menyala keras. (guru menanyakan lagi berapa lembar karcis yang dibawa ayah sebelum dibagikan?) (guru menuliskan dipapan tulis 2x4)
Ayo kita coba kerjakan dulu !
2 anak dari 3 keluarga (2x3=......)
2 + 2 + 2 = .........
Berapa jumlahnya anak-anak ?
Siswa melakukan penghitungan.
Guru meminta salah satu anak menunjukan jari untuk menjawab? (Guru Menjelaskan langkah ini merupakan langkah 1)
Soal kedua
2 lembar untuk 4 orang (2 x 4 = ......)
uun
Didi
Ayah
ibu

Berapa karcis ayah sebelum dibagi ?
Siswa melakukan perhitungan
Guru meminta salah satu anak menunjukan jari untuk menjawab? (Guru Menjelaskan langkah ini merupakan langkah 2)
“Itu kertanya datang” kata Didi
“Itu Nenek dan Kakek,” kata Ayah Didi
(bacaan Buku Panduan tematik II B Hal. 2-3)
Kegiatan membaca dilakukan dengan cara sambung menyambung, dilanjutkan siswa menceritakan dengan bahasa sendiri, penunjukan dengan cara mengekplor kesiswa dan bagi yang tidak berani ditunjuk oleh guru
(*siswa dapat menyebutkan nama anggota keluarga. Menulis nama anggota keluarga)
Didi asik melihat kereta api dia hitung ada 4 gerbong tiap gerbong terdiri 4 roda sebelah kiri dan kanan, “berapa roda kereta api ya?” kata Didi. Siapa yang bisa membantu Didi menghitung roda kereta api? (siapa berani menjawab, ayo kedepan?)
Coba dengarkan cerita bapak kemudian kerjakan dibuku kalian?
1. Jika di sebuah danau terdapat 5 perahu anggsa dan ditiap perahu terdapat 2 orang penumpang. Berapa orang yang naik perahu angsa?
2. Di sebuah rak terdapat 6 kotak buku jika ditiap kotak buku terdapat 6 buku, Berapa buku yang ada di rak seluruhnya?
3. Sebuah kereta api mempunyai 5 gerbong ditiap gerbong terdapat 3 penumpang, Berapa jumlah orang yang naik kereta api?
Siapa yang berani mengerjakan di papan tulis ? ( jika ada 4 anak mengerjakan soal 1)(berikutnya soal 2 dan 3 untuk anak yang lain) guru memeriksa dan membantu membetulkan jika terdapat kesalahan)
Sekarang kerjakan halaman 12-13 pada Buku panduan tematik, kalau sudah selesai nanti kumpulkan!
Kita ingat lagi cerita pagi tadi, kendaraan dengan penuh muatan, lampu diperempatan, lampu di depan toko, speaker panggilan, tv yang menyala suara yang keras. Kenapa semua bisa berjalan hidup menyala? Eksplor ke siswa. Sebutkan energi lampu, speaker, televisi)
Energi cahaya dihasilkan oleh?
Energi panas dihasilkan oleh?
Energi bunyi dihasilkan oleh?
Sekarang coba kerjakan LPA 1 dan LPA 2

Akhir /penutup :
Siswa dan guru bersama sama menyimpulkan pelajaran, guru memberikan tugas kepada masing siswa untuk membawa kerikil .

PERTEMUAN 2 ( Matematika, PPKn)
KEGIATAN AWAL :
Guru menertibkan siswa dilanjutkan dengan berdoa
Guru mengabsensi siswa dan menanyakan keadaan para siswa
Guru memperlihatkan gambar yang keluarga yang sedang berkumpul membahas sesuatu
Siswa menjawab sesuai dengan kesempatan yang diberikan oleh guru

KEGIATAN INTI
Sebuah keluarga inti sedang berkumpul di ruang keluarga mereka sedang membicarakan kegiatan liburan yang akan datang. Keluarga inti terdiri dari coba lihat gambar berikut
“Keluarga inti terdiri dari ayah ibu dan anak”
Jika dalam satu RT Asam terdiri dari 8 keluarga inti dengan jumlah anak dua berapa kira-kira jumlah orang di RT tersebut? Ayok kita hitung.
4+4+4+4+4+4+4+4=4x8=32
Kembali kecerita keluarga inti mereka malakukan musyawarah.
Apa yang dimaksud musyawarah, siapa tahu tunjuk jari? Guru mengeksplor hasil penyebutan anak
Guru merangkum dengan memberi pengertian
Musyawarah yaitu: Menyelesaikan masalah bersama untuk mencapai mufakat. (sepakat)
Siapa dirumah pernah berkumpul dan merencanakan kegiatan tertentu?
Guru mengeksplor siswa untuk menceritakan kegiatan musyawarah yang pernah dilaksanakan. Dengan membimbing melalui pertanyaan, apa yang dibicarakan, siapa yang hadir, kapan kegiatan musyawarah.
Dari jawaban siswa guru merangkum “ dalam musyawarah mesti ada masalah yang harus dibicarakan bersama, terdiri dari 2 orang atau lebih, dan dilaksanakan bersamaan, ada hasil mufakat.
Sekarang buka buku PKn judul "Biasa bermusyawarah, belajar berdemokrasi” (halaman 49-57) .bacalah sekilas, guru mengeksplor siswa untuk menyebutkan kegiatan yg dilakukan dalam bacaan.
Siswa mengajukan pendapat sesuai dengan bacaan dengan cara tunjuk jari. Guru mengembalikan pendapat untuk dinilai kawan lain. Kawan lain membenarkan, menambahkan, menyalahkan.
Siswa siswa membuat rangkuman dari bacaan secara sederhana
Guru membimbing siswa dalam membuat rangkuman sederhana

Ingat kembali sebuah keluarga kecil sedang bermusyawarah.Jika dalam satu RT Asam terdiri dari 8 keluarga inti dengan jumlah anak dua berapa kira-kira jumlah orang di RT tersebut? Ayok kita hitung.
4+4+4+4+4+4+4+4=4x8=32
Guru menjelaskan perkalian melalui media
Coba sekarang keluarkan kerikil kalian!
Pak guru minta masing masing barisan 1 dan 4 mengumpulkan 4 butir kerikil, barisan 2 dan 3 mengumpulkan 5 kerikil disalah satu meja kawan kalian?. Siswa selesai melaksanakan, guru menanyakan berapa kira-kira batu yang sudah terkumpul kelompok 1 dan 4? Sekarang kita coba tulis kalimat matematikannya
Jumlah anak dalam satu baris 5 anak tiap anak 4 ditulis ( 4x5= perkalian dengan penjumlahan berulang 4+4+4+4+4= 20)
Sekarang coba kalian hitung kerikil kelompok 2 dan 3, siapa yang sudah ketemu jumlahnya tunjuk jari! Guru menuliskan hasil jawaban dipapan tulis baik benar maupun salah, dengan jawaban yang banyak siswa menghitung dan menentukan jawaban yang benar. Guru mengulang cara penghitungan yang benar.
Siswa mengerjakan LM 1 dan LM 2 Guru membimbing siswa
Dengan menggunakan alat yang ada siswa menghitung hasil perkalian.
Akhir /penutup :
Siswa dan guru bersama sama menyimpulkan pelajaran, guru memberikan Guru memberikan PR (halaman 58).dan Memberikan PR LM3


PERTEMUAN 3 ( Bhs. Indonesia, IPS, PPKn)
KEGIATAN AWAL :
Guru menertibkan siswa dilanjutkan dengan berdoa
Guru mengabsensi siswa dan menanyakan keadaan para siswa
Guru memperlihatkan gambar silsilah keluarga
Guru menanyakan silsilah keluarga dari kakek nenek ayah ibu dan jumlah anak dari salah satu anak

KEGIATAN INTI :
Anak yang bapak cintai kita sekarang menjadi sebuah keluarga besar di SD 33, dalam keluarga tentu tentunya tak selamanya kita senang. Bapak kadang marah kadang tertawa senang. Pak guru kadang harus memaksa untuk menyapu padahal kalian baru malas. Kadang kalian pingin istirahat namun kalian harus tetap belajar. Bagaimana perasaanmu ketika bapak marah? Bagaimana kalau bapak sedang bercerita dan bercanda dengan kalian ?
Guru bercerita tentang keluarga Didi dan Uun, wacana buku panduan tematik hal. 20
Guru bertanya sesuai wacana
Siapa saja yang ada dirumah kalian, Ayah, ibu, kakak adik dll.
Sekarang coba kerjakan dulu Siswa mengerjakan LB1 (mencari kata)
Dilanjutkan menyebutkan Silsilah keluarga anggota keluarga ke LB2.
Guru membantu kegiatan tersebut.
Apa dilakukan ayah guru meminta siswa untuk memerankan ayah, ibu kakak, dan adik mereka saat menyuruh atau melakukan sesuatu! (anak menyampaikan dengan bahasa mereka sendiri)
Kesimpulannya (itulah yang disebut peran yang harus dilakukan)
Ayah harus mencari nafkah, ibu harus merawat dan memasak untuk keluarga, kakak harus membantu ibu, menyapu mencuci dll. Nah sekarang apa yang kamu lakukan untuk membantu orang tua kamu? (guru mengeksplor siswa)

Guru memeriksa hasil pengerjaan PR pertemuan sebelumnya
Guru memberikan tugas siswa membaca bacaan (halaman 51-57), mengeksplor siswa untuk maju kedepan kelas untuk memerankan tokoh dalam bacaan.
Siswa melakukan permainan bermain peran “Musyawarah Para Binatang”
Guru mengarahkan proses musyawarah yg dilakukan siswa
Siswa mengajukan pendapat dari hasil musyawarah
Ketua membacakan hasil musyawarah
Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan LPS 1 dan LPS 2
Guru melakukan tanya jawab tokoh dan mengenal sifat masing-masing tokoh cerita.

KEGIATAN AKHIR :
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran dilanjutkan memberikan PR bahasa LB3 (Silisilah keluargaku) dan Pkn (halaman 58)

PERTEMUAN 4 ( Bhs. Indonesia, IPS, PPKn)
KEGIATAN AWAL :
Guru menertibkan siswa dilanjutkan dengan berdoa
Guru mengabsensi siswa dan menanyakan keadaan para siswa
Guru memperlihatkan gambar silsilah keluarga
Guru menanyakan silsilah keluarga dari kakek nenek ayah ibu dan jumlah anak dari salah satu anak

KEGIATAN INTI :
Sebuah keluarga inti sedang berkumpul di ruang keluarga mereka sedang membicarakan sunatan anak sebab semester yang tinggal beberapa minggu, dengan liburan tersebut akan dilaksanakan acara sunatan, supaya saat masuk sekolah anak sudah sembuh.
Yang hadir disitu keluarga inti dan mengundang keluarga besar . saat itu yang hadir kakek nenek om juga cu (tante), dan beberapa orang tetanga. Saat rapat ayah meminta kakek untuk memimpin musyawarah keluarga, ibu sibuk menyiapkan minuman kue dibantu cu dan bibi, kadang nenekpun keuar masuk membantu ibu, kakak pun juga sibuk menyusun air minum bolesa ke meja.
Supaya kalian lebih paham tentang keluarga maka kamu kerjakan dulu, coba siapkan PR kemarin. (struktur keluarga), sambil kerjakan LB 4 (Melengkapi Cerita).
Guru memeriksa perkerjaan siswa dan meberikan penjelasan jika anak mengalami kesulitan.

Guru berdasar cerita dan contoh foto keluarga inti, siswa menyebutkan peran anggota keluarga, siswa mengerjakan LPS 3 dan LPS 4.

Bisakah kalian melakukan musyawarah? Nah sekarang kalian bersiap-siaplah susun meja berbentuk kotak berkeliling kita akan melaksanakan musyawarah pemilihan ketua kelas, siswa musyawarah penyusunan jadwal piket siswa.
Urutan pelaksanaan kegiatan yaitu:
1. Menentukan agenda rapat (pemilhan ketua, sekretaris, bendahara, seksi kebersihan, seksi keamanan dan ketertiban, seksi sarana)
2. Mengusulkan calon pengurus
3. Pemilihan dengan pemilihan pendapat
4. Jika gagal dengan cara voting, pemungutan suara.
5. Penunjukan dan pengesahan pengurus baru.
6. Dilanjutkan penyusunan jadwal piket kelas
7. Dan penyusunan peraturan kelas.
8. Ketua kelas membacakan hasilmsyawarah.

KEGIATAN AKHIR :
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran

PERTEMUAN 5 ( Matematika, Bhs. Indonesia, SBK, IPA)
KEGIATAN AWAL :
Guru menertibkan siswa dilanjutkan dengan berdoa
Guru mengabsensi siswa dan menanyakan keadaan para siswa
Guru memperlihatkan gambar silsilah keluarga
Guru menanyakan silsilah keluarga dari kakek nenek ayah ibu dan jumlah anak dari salah satu anak

KEGIATAN INTI :
Siswa dan guru bersama-sama menyanyikan lagu " Aku sayang"pada hal 22
Anak menyanyi dengan dua cara berdehem dan dengan lagu
Anak menyanyi secara kelompok beranggotakan 3 anak secara bergantian
Dari sore ibu sudah sibuk dibantu tetangga serta tante adik ayahku, tante sibuk memotong kue dan meletakan kue dipiring tiap piring diisi dengan delapan kue, dihitung ada 5 piring. Tetanggaku sibuk membuat kue dengan mixer nyaring bunyinya. Ibu menyiapkan open diatas kompor untuk memasak kue. Tante sudah selesai meletakkan kue dia berganti meletakan bolesa dalam kulkas supaya dingin sebab nenek dari ibu dan paman dari ibu paling senang minum air dingin. Ada 6 baris tiap baris berisi 5 gelas, kulkas ibu Cuma kecil muatnya tidak banyak. Diatas bolesa diisi 4 loyang agar agar yang masih hangat supaya cepat dingin dan keras dimasukkan ke dalam kulkas. Agar ager merah dua dan hijau dua, yang akan dibagi ke dalam 5 piring. Saking asyiknya mereka tidak menyadari nenek dan kakek dari bapak datang? Disusul paman adik babak?
Oke sekarang kita ingat keluarga inti, siapa saja?
Sapkan kertas selembar dan lipat seperti yang bapak kerjakan kemudian gambar, potong sesuai gambar, dan warnai sesuai betuk nya.
Hitunglh berapa bentuk orang tiap baris kalian 4 x 6 orang berapa?
Sekarang coba kita hitung dari cerita tadi berapa kue yang tante siapkan dipiring
5x8=
Jika dihitung dengan kalimat penjumlahan bagaimana?
Guru mengeksplor siswa untuk menjawab.
Bolesa dalam kulkas 6 x 5= tugas ini deberikan pada anak yang tidak memperhatikan.
Guru menunjuk siswa untuk membantu kawan jika anak kesulitan, siswa lain yang menilai benar tidaknya pengerjaan siswa. Guru menuliskan beberapa kalimat perkalian.
Siswa maju satu persatu mengerjakan perkalian
Siswa mengerjakan LM 4
Membaca bersuara bacaan (hal 6) dengan lancar
Siswa bermain peran dengan area cerita yaitu kegiatan yang ada dalam cerita, peran yang dibuthkan (ayak ibu tetangga tante, kakek nenek).
Guru bersama siswa membahas kegiatan dengan bergantian mengucapkan kalimat pertanyaan yang dipakai saat bermain
Guru menyampaikan pesan dari LB 5. Siswa dibagi dua kelompok guru memberikan pesan pada salah satu ujung dari dan menyampaikan secara beruntun (menyampaikan pesan pendek)
Guru membimbing kegiatan siswa.
Pesan “
Tolong bapak ambilkan senter kita akan menjemput tante.
Ambilkan dua liter minyak kompor di rumah bude
Nah dari pesan tadi kita mendengar ada kata senter dan minyak tanah, sekarang kita coba belajar tentang energi yang ada disekitar kita. (panas, bunyi dan cahaya)
Senter menghasilkan energi apa?
Coba satu persatu kalian sebutkan energi yang kamu kenal disekitar kitabaik dirumah maupun disekolah dengan menuliskan di papan tulis sesuai kelompok energi
Energi cahaya Energi panas Energi bunyi

Siswa meneliti perbedaan yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya guru menunjukan HP sebagai media belajar.
Guru menjelaskan ciri-ciri perbedaan yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
Siswa mengerjakan LPA 3.Guru bersama siswa membahas pengerjaan LPA 3


KEGIATAN AKHIR :
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran dilanjutkan memberikan memberikan PR LM 5 dan LK 2.




PERTEMUAN 6 ( Matematika, Bhs. Indonesia, SBK, IPA)

Pertemuan 2.
Guru membagi menjadi 2 kelompok untuk bersama menyanyikan aku sayang ibu dengan setengah “la la” dengan nada aku sayang ibu dan setengah dengan syair. Bergantian bernyanyi. “aku sayang” (LK 1). Nah karena kalian sayang ibu maka kalian harus membeli obat sebab ibu tidak bisa berangkat, padahal kalian belum tahu dimana apotiknya. Di bahasa halaman 6 kamu harus memerankan tidak harus sama pakai bahasa yang kamu bisa. Yang diperlukan pak polisi, didi, bapak, petugas apotik. Dari praktek anak menilai kekurangan dari peran anak yang di depan.
Guru menuliskan kalimat tanya yang disebut siswa dari peran anak.guru bersama siswa mengevaluasi kalimat yang digunakan, sikap yang harus dilakukan saat bertanya, ucapan terima kasih dll
Siswa mengerjakan LB 5 (menyampaikan pesan pendek)
Guru membimbing kegiatan siswa

Masih dalam kelompok siswa mengerjakan LM 6.
Siswa melakukan tanya jawab, siswa dapat mengingat jumlah perkalian. Guru membantu proses belajar kelompok.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan materi pelajaran PR LK 2 Memberikan PR LM 7
Guru memberikan tugas siswa untuk membawa bahan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan selanjutnya yaitu (sendok, botol sprite)

VII. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas,

VIII.MEDIA / SARANA
MEDIA : gambar struktur keluarga
kerikil , gelas dan ranting kering, gunting, karton, Lonceng kentongan bambu, HP, Lampu kelas, terangnya siang hari, senter

SARANA : Standar isi ( Permen 22 tahun 2006 )
Panduan belajar tematik SD untuk kelas 2. Semester 2

IX.EVALUASI;
1.PROSEDUR ;TES PROSES
TES TERTULIS
2.JENIS TES LISAN DAN PERBUATAN

3.ALAT TES

A.Tes Proses pada saat siswa menceritakan cerita dengan bahasa sendiri berlangsung
NO Nama Siswa NILAI
Kriteria penilaian
6
Tidak menceritakan 7
Menceritakan dibantu guru 8
Dapat menceritakan sendiri











Tugas Matematika
Kerjakan dengan benar pertanyaan di berikut!

1. Hitunglah jumlah orang pada gambar berikut!



......+......+.......+..........+........+....... = .......
...... x ...... = ........

2. Hitunglah dengan benar!




......+......+.......+..........+........+....... = .......
...... x ...... = ........
3. 3 x 6 = ......+......+.....+.....+.....+......=........
Isilah kotak dibawah dengan gambar bola sesuai kalimat matematika diatas!





1 2 3 4 5 6

4. Dalam tiap kotak rak diisi dengan jumlah buku yang sama satu kotak terbuka lainya tertutup, berapa buku semuanya?
















Kunci jawaban :
1. 6+6+6+6+6+6=36
6x6 = 36
2. 4+4+4+4+4=20
4x5= 20
3. 3+3+3+3+3+3= 18




1 2 3 4 5 6

4. 6x4=24















IPA
Jawablah dengan benar!
1. Sebutkan 3 sumber energi panas yang ada disekitar kita!
1.
2.
3.

2. Sebutkan 2 sumber energi bunyi yang kamu kenal!
1.
2.

3. Isilah sesuai dengan energinya
Sumber energi Nama benda Energi yang dihasilkan










Kunci jawaban
1. Seterika, dispenser, oven, kompor, api, dll
2. Televisi, radio, hp, wireles, tape, dll
3.
Nama benda Energi yang dihasilkan
blender Gerak
Kompor minyak panas
laptop cahaya
Mesin cuci gerak
HP bunyi


IPS
Jawablah dengan benar!
1. Keluarga inti terdiri dari siapa saja?
2. Peran ayah dirumah sebagai .................... keluarga
3. Kewajiban yang dapat kamu lakukan dirumah yaitu......
4. Mendapatkan sekolah yang baik adalah....................... anak
5. Tanggung jawab ibu rumah tangga..............................


Kunci jawaban
1. Ayah ibu dan anak
2. Kepala
3. Membantu orang tua, belajar rajin, patuh pada kedua oran tua
4. Hak
5. Mengurus rumah tangga,

PKn
Jawablah dengan benar!
1. Musyawarah dilakukan untuk.............
a. Membicarakan permasalahan bersama-sama b. Kegiatan gotong royong c. Memutuskan sendiri-sendiri

2. Berikut kegiatan disekolah yang harus dimusyawarahkan ......
a. Berangkat pagi pagi b. Kegiatan lomba kebersihan c. Mengerjakan ulangan

3. Dalam kegiatan musyawarah, kita harus ......
a. Saling menghormati b. Mengancam c. Menghina

4. Kegiatan musyawarah disekolah seperti ........
a. Pemilihan pengurus kelas b. Pemilihan ketua RT c. Pemilihan kepala desa

5. Hasil musyawarah harus ........ oleh semua anggota musyawarah
a. Diabaikan b. Dilaksanakan c. Dilupakan

Kunci jawaban !
1. A
2. B
3. A
4. A
5. B

SBK
1. Tes Proses pada saat siswa menyanyi berlangsung
NO Nama Siswa NILAI
Kriteria penilaian
6
Tidak menyanyi 7
Menyanyi dibantu guru 8
Dapat menyanyi sendiri






2. Praktik Buatlah bentuk keluarga inti dirumah warnai, namailah dan tempel pada kertas!
Tempel disini?














Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005 Pangkalpinang , 2010
Guru wali kelas



Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR SISWA
TAHUN : 2010 - 2011
KELAS/SEMESTER : II B /II
TANGGAL PELAKSANAAN :
NO NAMA SISWA NOMOR SOAL NILAI PERSENTASE TINDAK LANJUT
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 PERBAIKAN PENGAYAAN
1 Sri Agustina PS
2 Sarina
3 Dariyolasman
4 Kharisma Fitriyani
5 Ari Aji Pangestu
6 Randi Atul Aufa
7 Raesya Nabila D
8 Yudo Alfariszi
9 Bhakti Riodilla r
10 Fathan Fadlurahman
11 Izhar Dinata
12 M. Faris Galasta
13 Suci Halifah
14 Praman Arya D
15 Talia Salsa BH
16 Evin Devianti
17 Ayu Kartika D
18 Shinta Pramudya w
19 Galuh Qineverre lisa
20 Tri Oktaria
21 Dimas Al-hafizh
22 M. Irfandy
23 Husna
24 Khairunissa
25 Irvantara Eshia



JUMLAH SISWA BETUL
JUMLAH SISWA SALAH
PROSEN SIWA BETUL
PROSEN SISWA SALAH
PERBAIKAN
PENGAYAAN
PANGKALPINANG, .................... 2011
MENGETAHUI,
KEPALA SEKOLAH GURU KELAS II B
SD NEGERI 33 PANGKALPINANG


SULFA, S.Pd Rofi Badari
NIP. 196304191983032005 NIP. 197804062005011010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar