Jumat, 15 April 2011

RANCANGAN SIKLUS

RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus : Kedua
Tema : Lingkunganku (Sekolah)
Kelompok : B
Tanggal : Senin – Jum’at / 4 – 8 Oktober 2010
Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B melalui kegiatan bercerita yang bervariatif di PAUD GRIYA BERMAIN

Identifikasi Masalah
: 1. Anak kurang berminat dengan penjelasan yang disampaikan guru
2. Anak selalu ribut, nasih banyak yang malas untuk berdo’a
3. Anak tidak dapat mengungkapkan pendapatnya
4. Kurangnya kemampuan berbahasa lisan anak pada saat bercerita

Analisis masalah : Dari keempat masalah yang teridentifikasi masalah yang dianggap paling berat untuk dipecahkan adalah: kurangnya kemampuan berbahasa lisan pada anak saat bercerita, masalah tersebut dipilih karena:
- Guru kurang memberi arahan/contoh
- Mungkin anak masih malu/kurang percaya diri
- Bahasa yang disampaikan guru kurang dimengerti anak
- Mungkin media yang dipakai dalam bercerita kurang menarik bagi anak
- Guru kurang memberi motivasi kepada anak
Perumusan Masalah : “Bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B melalui kegiatan bercerita yang bervariatif di PAUD Griya Bermain”



Rencana Kegiatan
NO PEMBUKAAN INTI PENUTUP
I 1. Mendengarkan cerita “Senangnya aku bersekolah ”
2. Menyanti bersama “Paudku paling indah”
1. Mencari 5 perbedaan gambar lingkungan sekitar sekolah
2. Mewarnai gambar, menggunting dengan menempel gambar sekolah. 1. Deklamsi bersama “Sekolahku”

2. Mengingat
II 1. Bercerita dengan Miniatur gambar “sekolahku” (tentang ruangan yang ada disekolah)
2. Menyanyi Individu “Paudku paling indah”
1. Meniru menulis kata “sekolah”
2. Praktek langsung: Lomba memanjat dan bergantung (panjatan pelangi disekolah) 1. Deklamasi secara individu “Sekolahku”

2. Mengulas
III 1. Bercerita menggunakan buku besar bergambar “Dea sahabatku di sekolah”
2. Gerak dan lagu “Paudku paling indah ” 1. Menghubngkan 10 gambar (benda-benda dikelas) dengan tulisan
2. Mencocok / menempel gambar “sekolah” 1. Bersajak dan ekspresi “sekolahku”

2. Tanya jawab kegiatan sehari-hari
IV 1. Bercerita dengan ekspresi wajag dan intonasi suara “ Dido sang Juara Kelas”
2. Menyanyi dengan ekspresi musik “Paudku paling indah”

1. Mengelompokkan bentuuk-bentuk Geometri
2. Menebak Gerakan Pantomim (pergi kesekolah) 1. Membuat sajak sederhana “Guruku sayang (2 baris)”
2. Menyampaikan kesan hari ini
V 1. Menceritakan isi cerita dengan ekspresi wajah dan perubahan intonasi suara “ Sekolahku bersih dan Indah”
2. Menyanyi dengan alat musik “Paudku Paling Indah” 1. Bermain Kartu kata (Berhubungan dengan lingkunga sekolah)
2. Mencipta bentuk bangunan sekolah dari lidi 1. Membuat sajak sederhana “guruku sayang”
(4 baris)
2. Tanya jawab kegiatan hari ini


LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

Nama : ROSALINE SEPTIA TRIASTUTI
NIM : 817428817
Program Studi : Pemantapan Kemampuan Profesional
UPBJJ : PANGKALPINANG

A. Refleksi Komponen Kegiatan
1. Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan? Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Hal ini terjadi karena : kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik dan anak dapat melaksanakannya dengan baik juga.

2. Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Saya merasa materi yang telah diberikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini terjadi karena : Materi yang saya sajikan dapat dikerjakan anak dan dimengerti oleh anak.

3. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Saya merasa media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telh ditentukan
Hal ini terjadi karena : Media pembelajarannya ada dan media yang disediakan pun sesuai dengan kemampuan anak dan dimengerti anak.

4. Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan mereka senang namun masih ada juga yang masih malu untuk bercerita kedepan

5. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Saya merasa alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini terjadi karena : Penilaian yang saya gunakan dapat mengukur kemajuan anak dan rata-rata anak sudah dapat terlihat bercerita kedepan dengan senang.

B. Refleksi Proses Kegiatan
1. Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SKH yang saya susun?
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan SKH yang sudah tersusun
Hal ini terjadi karena : Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan indikator yang digunakan sesuai dengan tema pembelajaran.

2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar?
Kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran salah satunya adalah pengelolaan kelas

3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? Saya merasa penyebab kelemahan saya adalah kurang memotivasi anak, sehingga anak kurang antusias untuk menanggapi guru.

4. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut? Saya akan memperbaiki kelemahan tersebut lebih memusatkan perhatian kepada anak dan selalu memberikan motivasi pada anak

5. Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Saya merasa kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran adalah selalu menggunakan pendekatan tematik

6. Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan? Saya merasa penyebab kekuatan saya adalah selalu merancang kegiatan pembelajaran dan menyusun kegiatan untuk esok harinya

7. Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan? Saya merasa kekuatan saya adalah: anak-anak dapat mencapai indikator dengan hasil belajar lebih baik dan sesuai dengan yang telah ditentukan dan saya menggunakan media yang tepat

8. Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan yang saya lakukan?
Pada waktu kegiatan pembelajaran untuk bercerita ada satu anak yang berani bercerita ke depan dia bercerita dengan menggunakan bahasanya sendiri tanpa bimbingan guru.

9. Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah: Ya, karena dalam mengajar saya telah menyiapkan SKH dan materinya sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

10. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Anak-anak senang, walaupun dalam pengelolaan kelas pada hari ini saya masih belum berhasil.

11. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat? Saya merasa anak-anak dapat melaksanakan tugasnya dengan tepat
Hal ini terjadi karena:sebagian besar tugas dapat dikerjakan anak tepat pada waktunya.

12. Bagaimanakah reaksi anak terhadap penialaian yang saya berikan? Anak sangat senang sebab anak mendapatkan penghargaan tanda bintang

13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan?
Penilaian yang sya berikan sesuai dengan indikator yang ditentukan
Hal ini terjadi karena: saya membuat penilaian pembelajaran sesuai dengan acuan dari silabus.

14. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
Ya
Hal ini terjadi karena: kemampuan anak untuk bercerita telah mencapai indikator yang telah saya tetapkan ini terlihat dari bertambahnya jumlah anak yang berani untuk bercerita ke depan kelas.

15. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik?
Saya merasa dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran bercerita masih belum efektif
Hal ini terjadi karena: saat saya bercerita memerlukan waktu yang lama .

16. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi
Hal ini terjadi karena: di akhir kegiatan saya selalu memberi penguatan, motivasi kepada anak serta memberikan pujian berupa tanda bintang..


SKENARIO PERBAIKAN

Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B melalui kegiatan bercerita yang bervariatif di PAUD Griya Bermain Pangkalpinang
Siklus ke : II (dua)
Hari/Tanggal : Rabu (6 Oktober 2010)
Hal yang diperbaiki dan ditingkatkan :
1. Kegiatan Pengembangan :
Pada hari pertama mendengarkan cerita dengan miniatur gambar gedung sekolah (tentang ruangan yang ada di sekolah) terlaksana dengan baik maka pada hari ke-2 ditingkatkan menjadi kegiatan bercerita dengan menggunakan buku besar bergambar (Dea Sahabatku di Sekolah)

2. Langkah-Langkah Perbaikan
1. Guru menyiapkan alat-alat bercerita
2. Guru menjelaskan cerita dan media buku gambar besar
3. Guru memberi contoh cara bercerita dengan buku becar dengan bahasa yang dimengerti anak
Anak bercerita dengan buku besar bergambar tersebut
4. Guru memberi motivasi/reward (pemberian tanda bintang) bagi anak-anak yang dapat bercerita kedepan kelas

3. Pengelolaan kelas
a. Penataan Kelas
Anak-anak duduk pada posisi melingkar guru duduk bersama mereka
b. Pengorganisasian kelas
Anak duduk diatas karpet bersama guru membentuk lingkaran selesai bercerita anak-anak diajak bermain sambil bernyanyi bersama-sama.

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 1
(APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK
Baca dengan cermat SKH/ RK Perbaikan dan Skenario perbaikan Pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
A SKH/ RK Perbaikan
1 Merumuskan/menentukan indikator perbaikan pembelajaran dan
menentukan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
1.1 Merumuskan indikator perbaikan
kegiatan pengembangan √

1.2 Menentukan kegiatan perbaikan yang sesuai dengan masalah yang diperbaiki √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Menentukan alat dan bahan yang sesuai dengan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
2.1 Menentukan alat yang akandigunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

2.2 Menentukan bahan yang akan digunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan dengan materi perbaikan √

Rata-rata butir 2 = B 5
B Skenario perbaikan
3 Melakukan tujuan perbaikan, hal-hal yang harus diperbaiki, danlangkah-langkah perbaikan 1 2 3 4 5
3.1 Menentukan tujuan perbaikan √

3.2 Menentukan hal-hal yang harus diperbaiki √

3.2 Menuliskan langkah-langkah perbaikan √

Rata-rata butir 3 = C 5

4 Merancang pengelolaan kelas perbaikan kegiatan pengembangan 1 2 3 4 5
4.1 Menentukan penataan ruang kelas √

4.2 Menetukan cara-cara pengorganisasian anak agar anak dapat berpartisipasi dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 4 = D 5

5 Merencanakan alat dan cara penilaian perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
5.1 Menentukan alat penilaian perbaikan kegiatan pengembangan


5.2 Menetukan cara penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 5 = E 4,5

6 Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
5.1 Keindahan, kebersihan dan kerapian


5.2 Penggunaan bahasa tulis √

Rata-rata butir 6 = F 4,5


Pangkalpinang, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)
Rohmatul Ummah, S.Sos.I

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2
(APKG-PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK

1. Amatilah dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan mengembangkan serta dampaknya pada diri anak.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian tersebut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan pengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.

1 Menata ruang dan sumber belajar Serta melaksanakan tugas rutin 1 2 3 4 5
1.1 Menata ruang dan sumber belajar
sesuai perbaikan kegiatan √

1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
sesuai perbaikan kegi atan √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Melaksanakan perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
2.1 Melakukan pembukaan kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan. √

2.2 Melaksanakan kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √


2.3 Menggunakan alat bantu (media) yang sesuai dengantujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √

2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan yang logis √

2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara individual, kelompok atau klasikal √

2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan
secara efisien √

2.7 Melakukan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 2 = B 4,9

3 Mengelola interaksi kelas 1 2 3 4 5
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

3.2 Menangani pertanyaan dan respons anak √

3.3 Menggunakan ekspresi lisan,tulisan, isyarat, dan gerakan badan √

3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan anak √

3.5 Memantapkan kompetensi anak perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 3 = B 4,6

4 Bersikap terbuka dan luwes serta Membantu mengembangkan sikap Positif anak terhadap kegiatan Bermain sambil belajar 1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan Sikap Ramah, Luwes, Terbuka, Penuh Pengertian, Dan Sabar Kepada Anak √

4.2 Menunjukkan kegairahan dalam membimbing



4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi √

4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan kekurangannya √

4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri √

Rata-rata butir 4 = D 5

5 Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pebaikan kegiatan
pengembangan 1 2 3 4 5
5.1 Menggunakan pendekatan tematik


5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak √

5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain √

5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif √

5.5 Mengembangkan kecakapan hidup √

Rata-rata butir 5 = E 5


6 Melaksanakan penilaian selama Proses perbaikan kegiatan pengembangan 1 2 3 4 5
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses kegiatan pengembangan sesuai dengan perbaikan kegiatan √

6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir Kegiatan sesuai perbaikan kegiatan Pengembangan √

Rata-rata butir 6 = F 4,5



7 Kesan umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
7.1 Keefektifan proses perbaikan kegiatan pengembangan √

7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan √

7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian prilaku dan kesalahan berbahasa anak √

7.4 Penampilan guru dalam perbai kankegiatan pengembangan


Rata-rata butir 7 = G 4,8

Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)


Rohmatul Ummah, S. Sos.I 
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

Nama : ROSALINE SEPTIA TRIASTUTI
NIM : 817428817
Program Studi : Pemantapan Kemampuan Profesional
UPBJJ : PANGKALPINANG

A. Refleksi Komponen Kegiatan
1. Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan? Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan.

Hal ini terjadi karena : kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik dan anak dapat melaksanakannya dengan baik juga.

2. Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Saya merasa materi yang telah diberikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini terjadi karena : Materi yang saya sajikan dapat dikerjakan anak dan dimengerti oleh anak.

3. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Media pembelajaran yang saya gunakan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
Hal ini terjadi karena : Media yang digunakan sesuai dengan kemampuan anak dan dimengerti anak.

4. Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan mereka senang dilihat dengan bertambahnya anak yang ingin bercerita ke depan kelas

5. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Saya merasa alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini terjadi karena : Penilaian yang saya gunakan dapat mengukur kemajuan anak dan rata-rata anak sudah dapat terlihat bercerita kedepan dengan senang.

B. Refleksi Proses Kegiatan
1. Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SKH yang saya susun? Saya merasa pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan SKH yang saya susun
Hal ini terjadi karena : Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan indikator yang digunakan sesuai dengan tema.

2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar?
saya merasa kelemahan pada penguasaan materi pembelajaran , mungkin bahasa yang saya gunakan kurang dipahami anak

3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? Penyebab kelemahan saya adalah bahasa yang saya gunakan kurang dimengerti anak.

4. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut? Saya akan memperbaiki kelemahan tersebut dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak

5. Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Saya merasa kekuatan saya dalam merancang kegiatan dan melaksanakannya kegiatan bercerita yang dimengerti anak.

6. Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan? Penyebab kekuatan saya karena saya menyiapkan kegiatan pembelajaran tersebut sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai

7. Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan? Penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan adalah anak dapat mencapai indikator hasil bbelajar yang telah ditentukan dan saya menggunakan media yang tepat

8. Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan yang saya lakukan?
Pada saat kegiatan bercerita berlangsung anak-anak kelihatannya keberatan membawa media buku cerita yang terlalu besar, sehingga anak-anak yang lain jadi tidak tertarik untuk bercerita ke depan kelas..

9. Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah: Ya, karena dalam mengajar saya telah menyiapkan SKH dan materinya sesuai dengan perkembangan anak.

10. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Saya merasa anak senang pada posisi duduk dengan berbaris sejajar melingkar dari pada berbaris berjajar..

11. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat? Saya merasa anak dapat menjawab pertanyaan yang saya sampaikan
Hal ini terjadi karena: ada beberapa anak yang dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.

12. Bagaimanakah reaksi anak terhadap penialaian yang saya berikan? Reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan mereka sangat senang dan gembira

13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan?
Ya
Hal ini terjadi karena: Penilaian yang saya berikan dengan reward bagi anak yang dapat bercerita ke depan kelas..

14. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
Ya ,
Hal ini terjadi karena: ini terlihat dari jumlah anak yang bercerita kedepan kelas .

15. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik?
Ya , saya telah dadpat mengatur waktu kegiatan dengan baik.
Hal ini terjadi karena: saya memilih kegiatan bercerita yang ceritanya memakai waktu yang singkat saja. .

16. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Ya
Hal ini terjadi karena: pada kegiatan penutup biasanya saya selalu memberikan motivasi/penguatan pada anak agar besok harinya adak lebih bersemangat lagi untuk bercerita ke depan.

SKENARIO PERBAIKAN

Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B melalui kegiatan bercerita yang bervariatif di PAUD Griya Bermain Pangkalpinang
Siklus ke : II (dua)
Hari/Tanggal : Rabu (6 Oktober 2010)
Hal yang diperbaiki dan ditingkatkan :
4. Kegiatan Pengembangan :
Pada hari pertama mendengarkan cerita dengan miniatur gambar gedung sekolah (tentang ruangan yang ada di sekolah) terlaksana dengan baik maka pada hari ke-2 ditingkatkan menjadi kegiatan bercerita dengan menggunakan buku besar bergambar (Dea Sahabatku di Sekolah)

5. Langkah-Langkah Perbaikan
5. Guru menyiapkan alat-alat bercerita
6. Guru menjelaskan cerita dan media buku gambar besar
7. Guru memberi contoh cara bercerita dengan buku becar dengan bahasa yang dimengerti anak
Anak bercerita dengan buku besar bergambar tersebut
8. Guru memberi motivasi/reward (pemberian tanda bintang) bagi anak-anak yang dapat bercerita kedepan kelas

6. Pengelolaan kelas
c. Penataan Kelas
Anak-anak duduk pada posisi melingkar guru duduk bersama mereka
d. Pengorganisasian kelas
Anak duduk diatas karpet bersama guru membentuk lingkaran selesai bercerita anak-anak diajak bermain sambil bernyanyi bersama-sama.


SKENARIO PERBAIKAN

Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B melalui kegiatan bercerita yang bervariatif di PAUD Griya Bermain Pangkalpinang
Siklus ke : II (dua)
Hari/Tanggal : Kamis (7 Oktober 2010)
Hal yang diperbaiki dan ditingkatkan :
1. Kegiatan Pengembangan :
Pada hari pertama kegiatan bercerita dengan buku bergambar besar (Dea Sahabatku di Sekolah) terlaksana dengan baik maka hari kedua kegiatan lebih ditingkatkan lagi menjadi kegiatan bercerita dengan ekspresi wajah dan perubahan intonasi suara (Dido Sang Juara Kelas)

2. Langkah-Langkah Perbaikan
1. Guru menyiapkan alat-alat/bahan yang akan digunakan sesuai kebutuhan (guru sendiri)
2. Guru menjelaskan jalan bercerita
3. Guru memberi contoh gambar cerita dengan ekspresi wajah dan perubahan intonasi suara
Anak menirukan cara bercerita seperti yang dicontohkan guru
4. Guru memberi motivasi/apresiasi bagi anak yang belum mau maju ke depan kelas
5. Guru memberi reward/penguatan bagi anak yang bisa bercerita kedepan kelas (pemberian tanda bintangg di depan)
3. Pengelolaan kelas
e. Penataan Kelas
Anak-anak duduk pada posisi melingkar diatas karpet dan guru juga duduk bersama mereka
f. Pengorganisasian kelas
Anak-anak diajak duduk diatas karpet bersama guru membentuk lingkaran, guru memberikan penguatan pada anak yang bisa bercerita ke depan dengan tanda bintang ✶✶✶ didada selesai bercerita anak-anak diajak bermain meniru bunyi suara (orang) kemudian bernyanyi bersama.
aa
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 1
(APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK
Baca dengan cermat SKH/ RK Perbaikan dan Skenario perbaikan Pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
A SKH/ RK Perbaikan
1 Merumuskan/menentukan indikator perbaikan pembelajaran dan menentukan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
1.1 Merumuskan indikator perbaikan
kegiatan pengembangan √

1.2 Menentukan kegiatan perbaikan yang sesuai dengan masalah yang diperbaiki √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Menentukan alat dan bahan yang sesuai dengan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
2.1 Menentukan alat yang akandigunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

2.2 Menentukan bahan yang akan digunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan dengan materi perbaikan √

Rata-rata butir 2 = B 5
B Skenario perbaikan
3 Melakukan tujuan perbaikan, hal-hal yang harus diperbaiki, dan langkah-langkah perbaikan 1 2 3 4 5
3.1 Menentukan tujuan perbaikan


3.2 Menentukan hal-hal yang harus diperbaiki √

3.2 Menuliskan langkah-langkah perbaikan √

Rata-rata butir 3 = C 5

4 Merancang pengelolaan kelas perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
4.1 Menentukan penataan ruang kelas √

4.2 Menetukan cara-cara pengorganisasian anak agar anak dapat berpartisipasi dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 4 = D 5

5 Merencanakan alat dan cara penilaian perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
5.1 Menentukan alat penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

5.2 Menetukan cara penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 5 = E 5

6 Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
5.1 Keindahan, kebersihan dan kerapian √

5.2 Penggunaan bahasa tulis √

Rata-rata butir 6 = F 4


Pangkalpinang, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)

Rohmatul Ummah, S.Sos.I
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2
(APKG-PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK


1. Amatilah dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan mengembangkan serta dampaknya pada diri anak.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian tersebut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan pengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1 Menata ruang dan sumber belajar Serta melaksanakan tugas rutin 1 2 3 4 5
1.1 Menata ruang dan sumber belajar
sesuai perbaikan kegiatan √

1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
sesuai perbaikan kegi atan √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Melaksanakan perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
2.1 Melakukan pembukaan kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan. √

2.2 Melaksanakan kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √


2.3 Menggunakan alat bantu (media) yang sesuai dengantujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √

2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan yang logis √

2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara individual, kelompok atau klasikal √

2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan
secara efisien √

2.7 Melakukan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 2 = B 4,6
3 Mengelola interaksi kelas 1 2 3 4 5
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

3.2 Menangani pertanyaan dan respons anak √

3.3 Menggunakan ekspresi lisan,tulisan, isyarat, dan gerakan badan √

3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan anak √

3.5 Memantapkan kompetensi anak perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 3 = B 4,4

4 Bersikap terbuka dan luwes serta Membantu mengembangkan sikap Positif anak terhadap kegiatan Bermain sambil belajar 1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan Sikap Ramah, Luwes, Terbuka, Penuh Pengertian, Dan Sabar Kepada Anak √

4.2 Menunjukkan kegairahan dalam membimbing



4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi √

4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan kekurangannya √

4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri √

Rata-rata butir 4 = D 4,8

5
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pebaikan kegiatan
pengembangan 1 2 3 4 5
5.1 Menggunakan pendekatan tematik


5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak


5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain √

5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif √

5.5 Mengembangkan kecakapan hidup


Rata-rata butir 5 = E 5


6 Melaksanakan penilaian selama Proses perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses kegiatan pengembangan sesuai dengan perbaikan kegiatan √

6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir Kegiatan sesuai perbaikan kegiatan Pengembangan √

Rata-rata butir 6 = F 4,5



7 Kesan umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
7.1 Keefektifan proses perbaikan kegiatan pengembangan √

7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan √

7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian prilaku dan kesalahan berbahasa anak √

7.4 Penampilan guru dalam perbaikan kegiatan pengembangan


Rata-rata butir 7 = G 4,8

Katis, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)


Rohmatul Ummah, S.Sos.I



SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B melalui kegiatan bercerita yang bervariatif di PAUD GRIYA BERMAIN

Siklus : Kedua
Tanggal : Rabu (6 Oktober 2010)
Hal Yang Diperbaiki/ Ditingkatkan
1. Kegiatan pengembangan : Pada hari pertama kegiatan bercerita dengan miniatur gambar gedung sekolah (tentang ruangan yang ada di sekolah) terlaksana dengan baik maka pada hari ke-2 ditingkatkan menjadi menjadi kegiatan bercerita dengan menggunakan buku besar bergambar (DEA SAHABATKU DI SEKOLAH)

2. Langkah-langkah Perbaikan
- Guru menyiapkan alat-alat untuk bercerita
- Guru menjelaskan cerita dengan media buku gambar besar
- Guru memberi contoh cara bercerita dengan buku gambar besar dengan bahasa yang dimengerti anak.
Anak bercerita dengan buku besar bergambar tersebut
- Guru memberikan motivasi/reward (pemberian tanda bintang) bagi anak yang dapat bercerita ke depan kelas.
3. Langkahlangkah Perbaikan
a. Penataan kelas :
Anak-anak duduk pada posisi melingkar guru duduk bersama mereka
b. Pengorganisasian kelas:
Anak duduk diatas karpet besar guru membentuk lingkaran, selesai bercerita anak-anak bermain sambil bernyanyi bersama-sama.

LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

Nama : ROSALINE SEPTIA TRIASTUTI
NIM : 817428817
Program Studi : Pemantapan Kemampuan Profesional
UPBJJ : PANGKALPINANG

A. Refleksi Komponen Kegiatan
1. Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan? Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan.

Hal ini terjadi karena : kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik

2. Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Materi yang saya sampaikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini terjadi karena : Materi yang saya sajikan dapat dimengerti oleh anak.

3. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Media pembelajaran yang saya gunakan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
Hal ini terjadi karena : Media yang saya gunakan menggunakan benda 3 dimensi yang dapat dilihat dengan jelas

4. Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan mereka senang terlihat saling rebutan untuk memegang benda 3 dimensi yang digunakan.

5. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak..
Hal ini terjadi karena : Penilaian yang saya gunakan melalui observasi langsung, buku penugasan, hasil karya dll.

B. Refleksi Proses Kegiatan
1. Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SKH yang saya susun?
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang saya susun sudah sesuai dengan SKH
Hal ini terjadi karena : Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, indikator yang digunakan sesuai dengan tema.

2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar?
Kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran salah satunya adalah tiddak tepat dalam penggunaan waktu yang telah direncanakan

3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? Penyebab kelemahan saya yakni dalam pelaksanaan kegiatan bercerita terlalu banyak memakai waktu sehingga kegiatan yang lainnya belum terlaksana dengan baik.

4. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut? Cara saya memperbaikinya dengan memilih cerita yang lebih pendek sehingga penggunaan waktunya tidak terlalu lama

5. Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Kekuatan saya dalam merancang kegiatan adalah memberikan kegiatan pembelajaran yang mudah dimengerti anak.

6. Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan? Penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan adalah saya merancangnya dari acuan silabus yang ada

7. Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan? Penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan anak dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan indikator yang ditentukan dan menggunakan media yang tepat


8. Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan yang saya lakukan?
Pada saat kegiatan pembelajaran dilakukan ada anak yang menangis di dorong temannya karena rebutan untuk memegang buku ceritanya.

9. Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah: Ya, karena dalam mengajar saya telah menyiapkan SKH dan materinya pembelajarannya sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

10. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Reaksi anak senang, mereka dapat melaksanakan kegiatan dengan baik, dan komunikasi saya dengan anak-anak aktif anak-anak juga senang akan pujian yang ssaya berrikan kepada mereka.

11. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat? Saya merasa anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan
Hal ini terjadi karena: karena sebagian anak bisa bercerita dan mengerjakan tugasnya dengan tepat pada waktunya

12. Bagaimanakah reaksi anak terhadap penialaian yang saya berikan? Sangat senang sekali

13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan?
Penilaian yang sya berikan sesuai dengan indikator yang ditetapkan
Hal ini terjadi karena: saya memberikan penilaian berdasarkan dari 7 aspek pengembangan yang ada dan hasil kegiatan anak tadi saya tulis di buku observasi, penugasan, hasil karya dll

14. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
Ya , sebagian anak sudah sesuai dengan yang diharapkan
Hal ini terjadi karena: kegiatan yang saya berikan sudah sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

15. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik? Pada kegiatan kali ini saya belum bisa memanfaatkan waktu dengan baik
Hal ini terjadi karena: kegiatan pembelajaran bercerita pada hari ini menggunakan cerita yang terlalu panjang sehingga memakan waktu yang lama .

16. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Ya
Hal ini terjadi karena: Pada kegiatan penutup saya selalu melakukan kegiatan tanya jawab pada anak tentang kegiatan yang telah dilakukan dan memberikan penghargaan berupa reward tanda bintang

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 1
(APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK
Baca dengan cermat SKH/ RK Perbaikan dan Skenario perbaikan Pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
A SKH/ RK Perbaikan
1 Merumuskan/menentukan indikator perbaikan pembelajaran dan menentukan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
1.1 Merumuskan indikator perbaikan
kegiatan pengembangan √

1.2 Menentukan kegiatan perbaikan yang sesuai dengan masalah yang diperbaiki √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Menentukan alat dan bahan yang sesuai dengan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
2.1 Menentukan alat yang akandigunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

2.2 Menentukan bahan yang akan digunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan dengan materi perbaikan √

Rata-rata butir 2 = B 5
B Skenario perbaikan
3 Melakukan tujuan perbaikan, hal-hal yang harus diperbaiki, dan langkah-langkah perbaikan 1 2 3 4 5
3.1 Menentukan tujuan perbaikan


3.2 Menentukan hal-hal yang harus diperbaiki √

3.2 Menuliskan langkah-langkah perbaikan √

Rata-rata butir 3 = C 5

4 Merancang pengelolaan kelas perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
4.1 Menentukan penataan ruang kelas √

4.2 Menetukan cara-cara pengorganisasian anak agar anak dapat berpartisipasi dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 4 = D 5

5 Merencanakan alat dan cara penilaian perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
5.1 Menentukan alat penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

5.2 Menetukan cara penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 5 = E 4,5

6 Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
5.1 Keindahan, kebersihan dan kerapian √

5.2 Penggunaan bahasa tulis √

Rata-rata butir 6 = F 4,5


Pangkalpinang, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)

Rohmatul Ummah, S.Sos.I
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2
(APKG-PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK


1. Amatilah dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan mengembangkan serta dampaknya pada diri anak.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian tersebut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan pengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1 Menata ruang dan sumber belajar Serta melaksanakan tugas rutin 1 2 3 4 5
1.1 Menata ruang dan sumber belajar
sesuai perbaikan kegiatan √

1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
sesuai perbaikan kegi atan √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Melaksanakan perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
2.1 Melakukan pembukaan kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan. √

2.2 Melaksanakan kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √


2.3 Menggunakan alat bantu (media) yang sesuai dengantujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √

2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan yang logis √

2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara individual, kelompok atau klasikal √

2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan
secara efisien √

2.7 Melakukan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 2 = B 4,9
3 Mengelola interaksi kelas 1 2 3 4 5
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

3.2 Menangani pertanyaan dan respons anak √

3.3 Menggunakan ekspresi lisan,tulisan, isyarat, dan gerakan badan √

3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan anak √

3.5 Memantapkan kompetensi anak perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 3 = B 4,8

4 Bersikap terbuka dan luwes serta Membantu mengembangkan sikap Positif anak terhadap kegiatan Bermain sambil belajar 1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan Sikap Ramah, Luwes, Terbuka, Penuh Pengertian, Dan Sabar Kepada Anak √

4.2 Menunjukkan kegairahan dalam membimbing



4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi √

4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan kekurangannya √

4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri √

Rata-rata butir 4 = D 5

5
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pebaikan kegiatan
pengembangan 1 2 3 4 5
5.1 Menggunakan pendekatan tematik


5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak


5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain √

5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif √

5.5 Mengembangkan kecakapan hidup


Rata-rata butir 5 = E 4,8


6 Melaksanakan penilaian selama Proses perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses kegiatan pengembangan sesuai dengan perbaikan kegiatan √

6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir Kegiatan sesuai perbaikan kegiatan Pengembangan √

Rata-rata butir 6 = F 5



7 Kesan umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
7.1 Keefektifan proses perbaikan kegiatan pengembangan √

7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan √

7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian prilaku dan kesalahan berbahasa anak √

7.4 Penampilan guru dalam perbai kankegiatan pengembangan


Rata-rata butir 7 = G 4,8

Katis, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)


Rohmatul Ummah, S.Sos.I

LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN

Nama : ROSALINE SEPTIA TRIASTUTI
NIM : 817428817
Program Studi : Pemantapan Kemampuan Profesional
UPBJJ : PANGKALPINANG

A. Refleksi Komponen Kegiatan
1. Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indikator yang saya tentukan? Saya merasa kegiatan pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan.

Hal ini terjadi karena : kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik dan anak melakukan dengan baik pula

2. Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Materi yang saya sampaikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Hal ini terjadi karena : Materi yang saya sajikan dapat dimengerti oleh anak.

3. Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan? Media pembelajaran yang saya gunakan sederhana sekali yaitu: diri saya sendiri
Hal ini terjadi karena : Media ini (Diri saya sendiri) sangat cocok dengan kegiatan bercerita dengan ekspresi wajah dan perubahan intonasi suara.

4. Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan? Reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan mereka sangat senang, hal ini terlihat banyak anak-anak yang tertawa melihat cara saya bercerita.

5. Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak? Alat penilaian yang saya gunakan sudah sesuai dengan usia anak.
Hal ini terjadi karena : Penilaian yang saya lakukan menggunakan buku format observasi, catatan anekdot, buku hasil karya dll.

B. Refleksi Proses Kegiatan
1. Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SKH yang saya susun?
Pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan SKH yang telah saya buat
Hal ini terjadi karena : Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, indikator yang digunakan sesuai dengan tema.

2. Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar?
Kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran salah satunya adalah komunikasi dan pendekatan terhadap anak.

3. Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut? Penyebab kelemahan saya terrsenut adalah : masih terlihat ada beberapa anak masih malu belum berani untuk bercerita kedepan kelas

4. Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut? Saya akan melakukan pendekatan lebih intensif lagi kepada lagi kepada anak yang pemalu tersebut (dengan pendekatan dua arah) lebih baik lagi juga melakukan komunikasi dengan orang tua.

5. Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Kekuatan saya dalam merancang kegiatan dan melaksanakan kegiatan adalah saya selalu merancang kegiatan tersebut sebelum kegiatan dimulai dan beracuan pada silabus yang ada.

6. Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan? Penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan adalah kegiatan pembelajaran selalu dipilih yang dekat dengan kehidupan anak dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

7. Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan? Penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan tersebut adalah : pembelajaran menggunakan pendekatan tematik, media sesuai dengan indikator dan selalu melakukan perbaikan kegiatan.


8. Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan yang saya lakukan?
Pada saat kegiatan bercerita berlangsung ada beberapa anak yang tertawa terbahak-bahak dan meniru gaya bercerita yang saya lakukan.

9. Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah: Ya, karena dalam menyusun kegiatan saya selalu menyiapkan SKH, media/alat peraga, dan materi pembelajaran sesuai dengan usia anak..

10. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan sangat senang ini terlihat ketika saya bercerita duduk pada posisi membentuk lingkaran komunikasi antara saya dan anak terjalin sangat erat sekali.

11. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat? Ya saya merasa anak melaksanakan tugasnya dengan tepat
Hal ini terjadi karena: sebagian besartugas yang saya berikan dapat dikerjakan anak dengan tepat pada waktunya.

12. Bagaimanakah reaksi anak terhadap penialaian yang saya berikan? Reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan sangat senang

13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan?
Ya
Hal ini terjadi karena: penilaian yang saya berikan sudah sesuai dengan 7 aspek bidang pengembangan yang diajarkan

14. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
Ya
Hal ini terjadi karena: sudah banyak anak berani untuk melakukan kegiatan bercerita kedepan kelas.

15. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu kegiatan dengan baik? Ya
Hal ini terjadi karena: kegiatan bercerita kali ini memilih cerita yang pendek saja dan memanfaatkan waktu seefisien mungkin .

16. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Ya
Hal ini terjadi karena: kegiatan penutup saya selalu memberi motivasi dan penguatan pada anak agar anak lebih percaya diri untuk bercerita esok hari lagi.

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 1
(APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK
Baca dengan cermat SKH/ RK Perbaikan dan Skenario perbaikan Pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ mahasiswa untuk mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
A SKH/ RK Perbaikan
1 Merumuskan/menentukan indikator perbaikan pembelajaran dan menentukan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
1.1 Merumuskan indikator perbaikan
kegiatan pengembangan √

1.2 Menentukan kegiatan perbaikan yang sesuai dengan masalah yang diperbaiki √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Menentukan alat dan bahan yang sesuai dengan kegiatan perbaikan 1 2 3 4 5
2.1 Menentukan alat yang akandigunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

2.2 Menentukan bahan yang akan digunakan dalam perbaikan kegiatan pengembangan dengan materi perbaikan √

Rata-rata butir 2 = B 5
B Skenario perbaikan
3 Melakukan tujuan perbaikan, hal-hal yang harus diperbaiki, dan langkah-langkah perbaikan 1 2 3 4 5
3.1 Menentukan tujuan perbaikan


3.2 Menentukan hal-hal yang harus diperbaiki √

3.2 Menuliskan langkah-langkah perbaikan √

Rata-rata butir 3 = C 5

4 Merancang pengelolaan kelas perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
4.1 Menentukan penataan ruang kelas √

4.2 Menetukan cara-cara pengorganisasian anak agar anak dapat berpartisipasi dalam perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 4 = D 5

5 Merencanakan alat dan cara penilaian perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
5.1 Menentukan alat penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

5.2 Menetukan cara penilaian perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 5 = E 4,5

6 Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
5.1 Keindahan, kebersihan dan kerapian √

5.2 Penggunaan bahasa tulis √

Rata-rata butir 6 = F 4,5


Pangkalpinang, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)

Rohmatul Ummah, S.Sos.I
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2
(APKG-PKP 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PERBAIKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN





PETUNJUK


1. Amatilah dengan cermat kegiatan pengembangan yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Mahasiswa pada kemampuan guru dalam mengelola kegiatan mengembangkan serta dampaknya pada diri anak.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian tersebut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam kegiatan pengembangan, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1 Menata ruang dan sumber belajar Serta melaksanakan tugas rutin 1 2 3 4 5
1.1 Menata ruang dan sumber belajar
sesuai perbaikan kegiatan √

1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
sesuai perbaikan kegi atan √

Rata-rata butir 1 = A 5

2 Melaksanakan perbaikan kegiatan 1 2 3 4 5
2.1 Melakukan pembukaan kegiatan sesuai perbaikan kegiatan pengembangan. √

2.2 Melaksanakan kegiatan pengembangan yang sesuai dengan tujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √


2.3 Menggunakan alat bantu (media) yang sesuai dengantujuan perbaikan, anak, situasi, dan lingkungan √

2.4 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan dalam urutan yang logis √

2.5 Melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara individual, kelompok atau klasikal √

2.6 Mengelola waktu kegiatan perbaikan
secara efisien √

2.7 Melakukan penutupan kegiatan sesuai dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 2 = B 5
3 Mengelola interaksi kelas 1 2 3 4 5
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan perbaikan kegiatan pengembangan √

3.2 Menangani pertanyaan dan respons anak √

3.3 Menggunakan ekspresi lisan,tulisan, isyarat, dan gerakan badan √

3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan anak √

3.5 Memantapkan kompetensi anak perbaikan kegiatan pengembangan √

Rata-rata butir 3 = B 4,6

4 Bersikap terbuka dan luwes serta Membantu mengembangkan sikap Positif anak terhadap kegiatan Bermain sambil belajar 1 2 3 4 5
4.1 Menunjukkan Sikap Ramah, Luwes, Terbuka, Penuh Pengertian, Dan Sabar Kepada Anak √

4.2 Menunjukkan kegairahan dalam membimbing



4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi √

4.4 Membantu anak menyadari kelebihan dan kekurangannya √

4.5 Membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri √

Rata-rata butir 4 = D 5

5
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pebaikan kegiatan
pengembangan 1 2 3 4 5
5.1 Menggunakan pendekatan tematik


5.2 Berorientasi pada kebutuhan anak


5.3 Menggunakan prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain √

5.4 Menciptakan suasana kegiatan yang kreatif dan inovatif √

5.5 Mengembangkan kecakapan hidup


Rata-rata butir 5 = E 5


6 Melaksanakan penilaian selama Proses perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses kegiatan pengembangan sesuai dengan perbaikan kegiatan √

6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir Kegiatan sesuai perbaikan kegiatan Pengembangan √

Rata-rata butir 6 = F 5



7 Kesan umum pelaksanaan perbaikan kegiatan pengembangan
1 2 3 4 5
7.1 Keefektifan proses perbaikan kegiatan pengembangan √

7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan √

7.3 Peka terhadap ketidaksesuaian prilaku dan kesalahan berbahasa anak √

7.4 Penampilan guru dalam perbai kankegiatan pengembangan


Rata-rata butir 7 = G 5

Katis, Oktober 2010
Penilai 1/ Penilai 2 (coret salah satu)


Rohmatul Ummah, S.Sos.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar