Senin, 11 April 2011

SILABUS

SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II

TEMA: KELUARGA

Mata Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Penilaian Sarana
dan sumber
Pelajaran Waktu
1.Bahasa Indonesia








MENDENGARKAN
 Memahami pesan pendek dan dongengyang dilisankan






 Menyampaikan pesan pendek yang di dengarnya kepada orang lain






 Menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri






Pertemuan 1
 Mendengarkan guru membacakan teks cerita "Menjemput kakek dan nenek" dari buku sumber
 Siswa membaca cerita dengan ucapan dan intonasi yang tepat
 Siswa menceritakan cerita dengan bahasa sendiri

Pertemuan 2
 Guru memberikan penjelasan arti kekeluargaan
 Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang keluarga Teks Cerita









16 jam
( 8 pertemuan )




Penilaian tertulis tentang
cerita yang dibacakan



KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan tematik

gambar Struktur keluarga





BERBICARA
 Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita


 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain

 Menceritakan tentang keluarga dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
Pertemuan 3
 Guru menjelaskan kosakata dalam kotak
 Siswa mengerjakan LB1 (mencari kata), LB2. (menyebutkan Silsilah keluarga)
 Membantu kegiatan tersebut
 Memberikan PR LB3 (Silisilah keluargaku)

Pertemuan 4
 Membahas PR kemarin
 Siswa mengerjakan LB 4 (Melengkapi Cerita)
 Membantu kegiatan tersebut Cerita tentang
keluarga Didi













Penilaian lisan



Buku panduan tematik

Gambar keluarga









MEMBACA
 Memahami ragam wacana teks dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati


 Membaca nyaring teks 15-20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
 Membuat kalimat tanya sesuai dengan tujuan pembelajaran


Pertemuan 5
 Membaca bersuara bacaan (hal 6) dengan lancar
 Siswa bermain peran
 Guru bersama siswa membahas kegiatan dengan bergantian mengucapkan kalimat pertanyaan yang dipakai saat bermain
 siswa mengerjakan LB 5 (menyampaikan pesan pendek)
 Guru membimbing kegiatan siswa Cerita
berdialog








Penilaian tertulis




Bermain peran
Ayah
Ibu
Polisi
Ibu RT
Pak Lurah
 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
 Melengkapi kalimat percakapan sesuai dengan pilihan kata yang sesuai


Pertemuan 6
 Guru menjelaskan arti kalimat tanya dengan metode tanya jawab
 Melalui tanya jawab siswa secara aktif memberikan contoh kalimat tanya
 Siswa mengerjakan LB 6 (melengkapi percakapan)
 Siswa bersama guru bermain tebak-tebakan LB 7
 Siswa mengerjakan PR LB 8  Kata tanya
 Kalimat tanya


Penilaian lisan

Buku panduan tematik






MENULIS
 Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda disekitar dan menyalin puisi anak



 Menyalin puisi anakdengan huruf tegak bersambung





 Menyusun kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik secara tepat, rapidan mudah dibaca Pertemuan 7
 Guru memperkenalkan penulisan huruf kapital dalam kalimat
 Guru mendiktekan kalimat yang ditulis pada
 Siswa menulis dikte kalimat yang dibacakan guru LB 11
 Siswa maju kedepan menulis hasil diktenya
 Siswa mengerjakan LB 9
 Siswa diberi tugas PR LB 10


pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 1  Lingkungan Sekitar
 kalimat yang didiktekan








Penilaian tertulis



Buku panduan tematik



2.Matematika




























BILANGAN
 Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka























 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka


















 Membilang perkalian dengan teknik penjumlahan berulang





Pertemuan 1
 Melalui gambar, Guru menjelaskan perkalian

 Menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang

Pertemuan 2
 Guru menjelaskan perkalian melalui media
 Guru menceritakan kegiatan perkalian
 Siswa mengerjakan LM 1 dan LM 2
 Guru membimbing siswa
 Memberikan PR LM3
Urutan perkalian








16 jam
( 8 pertemuan )





Penilaian
proses








KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan

kerikil dan gelas dan ranting kering
 Menghitung perkalian dengan berbagai teknik.





Pertemuan 3
 Menjelaskan penjumlahan yang berkaitan dengan jumlah perkalian
 Siswa maju satu persatu mengerjakan perkalian
 Siswa mengerjakan LM 4
 Guru membimbing siswa
 Memberikan PR LM 5

Pertemuan 4
 Melalui kelompok, siswa mengerjakan LM 6
 Melalui tanya jawab, siswa dapat mengingat jumlah perkalian
 Memberikan PR LM 7
Pengenalan prose perkalian dari penjumlahan berulang





















Penilaian tertulis












KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan

lembar karya perkalian dari penjumlahan berulang
 Menghitung secara tepat perkalian yang hasilnya sampai 100

Pertemuan 5
 Menghitung perkalian secara bersama-sama
 Guru dan siswa menemukan pasangan bilangan perkalian yang hasilnya diketahui
 Siswa mengerjakan LM 8
 Guru membimbing siswa
Mengerjakan operasi hitung perkalian
Penialaian proses
Lembar kerja tematik


 Memecahkan masalahsehari-hari yang berhubungan dengan perkalian





Pertemuan 6
 Menyelesaikan perkalianmelalui teka-teki silang
 Siswa mengerjakan LM 9
 Guru membimbing siswa
Pertemuan 7
 Melalui permainan siswa berkelompok
 Siswa mengerjakan LM 10
 Guru membimbing siswa
Mengerjakan operasi hitung perkalian













Penilaian tertulis








Lembar kerja tematik






Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 1
3. IPA
Energi dan Perubahannya
3 Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya 3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber
energi ( panas, listrik,
cahaya, dan bunyi)
yang ada dilingkung
an sekitar  Menyebutkan sumber energi panas yang ada disekitar

 Menyebutkan sumber energi bunyi yang ada disekitar

Pertemuan 1.
 Guru mencontohkan benda benda yang menghasilkan panas, bunyi dan cahayayang ada dilingkungan sekitar.

 Siswa menyebutkan bendayang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya yang adadilingkungan sekitar.

 Siswa mengerjakan LPA 1dan LPA 2

 Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa Contoh
lingkungan
sekitar





12 jam pelajaran
(6pertemuan)
2 jam








> Proses
> Tertulis






- KTSP
Buku panduan tematik
Benda-benda yang ada di kelas dan sekitar





 Menyebutkan sumberenergi cahaya yang ada disekitar Pertemuan 2
 Siswa diberikan contoh yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
 Siswa meneliti perbedaan yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
 Guru menjelaskan ciri-ciri perbedaan yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
 Siswa mengerjakan LPA 3
 Guru bersama siswa membahas pengerjaan LPA 3
Benda padat
dan benda cair







Tertulis






Buku panduan tematik
HP, Lampu, Kelas, matahari





 Mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar dan energi yang digunakan



Pertemuan 3.
 Siswa menyebutkan benda yang ada dilingkungansekitar
 Siswa menyebutkan energi yang digunakan
 Siswa mengerjakan LPA 4
 Siswa diberi menuliskan alat-alat yang dirumah dan energi yang dihasilkan Benda dilingkungan sekitar dan dirumah




2 jam





Tertulis





Buku panduan tematik
Benda disekitar kelas
(motor, kipas, kompor, senter, matahari, HP, dll)


 Mendeteksi alat-alat rumah tangga yang menghasilkan panas,bunyi, dan cahaya



Pertemuan 4
 Guru menjelaskan kegunaan benda yang ada dilingkungan sekitar
 Siswa diminta kembali menceritakan kegunaan benda dan energi yang digunakan disekitar dan dirumah
 Siswa mengerjakan LPA 5
 Guru bersama siswa membahasa hasil pengerjaan siswa
Benda dan energi yg digunakan





2 jam







Tertulis






Buku panduan tematik
Benda disekitar






Pertemuan 5.
 Siswa secara bersama-sama menunjukkan sumber energi
 Guru menjelaskan sumber-sumber energi
 Guru memberikan contohalat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
 Siswa secara aktif menyebutkan contoh alat rumah tanggayang menggunakan energi listrik
 Siswa mengerjakan LPA 6 Lingkungan
sekitar


2 jam



Tertulis



Buku Panduan tematik
HP, Lampu kelas, terangnya siang hari

Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN


4. Pengetahuan Sosial





































 Memahami kedudukan dari peran angggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga























 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
























 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga


Pertemuan 1
 Guru bercerita tentangkeluarga Didi dan Uun, wacanahal. 20
 Guru bertanya tentang wacana
 Siswa mengerjakan LPS 1 dan LPS 2
 Guru membimbing siswa

Pertemuan 2.
 Guru menunjukkan contoh foto keluarga inti
 Siswa menyebutkan perananggota keluarga
 Siswa memperhatikan penjelasan guru
 Siswa mengerjakan LPS 3 dan LPS 4 Teks cerita









12 jam
( 6 pertemuan )



Penilaian
proses






KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan


foto keluarga inti




 Menyebutkan hak danperan anggota keluarga

















Pertemuan 3
 Guru memberikan contohgambar tentang peran anggotakeluarga
 Siswa bertanya jawab mengenai materi
 Siswa mengerjakan LPS 5 dan LPS 6
 Guru membimbing siswa
Peran anggota keluarga






Lisan tertulis






















Materi halaman 43 panduan tematik

Siswa bermain peran

Peran anggota keluarga dalam musyawarah keluarga “rencana pergi tamasya”




Pertemuan 4
 Guru bercerita tentang kegiatan di keluarga Didi
 Siswa memperhatikan cerita
 Guru bertanya tentang wacana
 Siswa mengerjakan LPS 7dan LPS 8
Pertemuan 5
 Siswa dibagi dalam kelompokSiswa bermain peran tentang akibat dari tidak saling menya yangi anggota keluarga
 Guru membimbing siswa
 Guru menjelaskan perananggota keluarga
 Siswa dapat memahami artiperan anggota keluarga
 Siswa mengerjakan LPS 9
 Guru membimbing siswa
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN 1

5. Seni Budaya









SENI RUPA
 Mengapresiasikan karya seni rupa








 Mengidentifikasi unsur seni pada karyaseni rupa






 Menggambar & Mewarnai gambar







Pertemuan 1.
 Siswa dan guru bersama-sama menyanyikan lagu " Aku sayang"pada hal 22
 Anak menyanyi dengan dua cara berdehem dan dg lagu
 Anak menyanyi secara kelompok beranggotakan 3 anak secara bergantian Menyanyi berdasar not

8 jam
4 kali
pertemuan Penilaian proses

KTSP, Pan duan kurikulum,
buku panduan tematik

Pertemuan 2.
 Menyanyi “aku sayang”
 Siswa mengerjakan LK 1
 Guru memperhatikan aktivitas siswa membantu jika ada kesulitan
 Memberikan PR LK 2
 Siswa membawa bahan peralatan yang dibutuhkan

Peralatan sederhana











Penilaian proses






LK 1














SENI MUSIK
 Mengenal unsur musikmengekspresikan diri

 melalui karya seni musik







 Mengenal nada Memainkan alat musik sederhana

 Menyanyikan laguanak





Memainkan alat musik sesuai sesua motasi

Mempraktekan menyanyikan lagu anak








Pertemuan 3.
 Guru dan siswa membahas PR
 Siswa diperkenalkan alat musik sederhana
 Siswa mempraktekkannya dengan bimbingan guru LK 3
Alat musik sederhana





Penilaian proses


Lonceng kentongan bambu

Pertemuan 4
 Terintegrasi pembelajaran SBK pertemuan 3 melalui LK 4 siswa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan
 Guru ikut membimbing kegiatan siswa serta membantu siswayang mengalami kesulitan
Membuat boneka kertas











Penilaian proses





Kertas karton dan kertas warna



1.PPKN




3. Menampilkan sikap demokratis 3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah  Menyebutkan bermacam kegiatan musyawarah









 Mendemonstrasikan kegiatan musyawarah
 Memutuskan pendapat hasil musyawarah




Pertemuan 1
 Membaca teks "Biasa bermusyawarah, belajar berdemokrasi” (halaman 49-57)
 Siswa menyebutkan kegiatan yg dilakukan dalam bacaan
 Siswa mengajukan pendapat sesuai dengan bacaan
 Siswa siswa membuat rangkuman dari bacaan secara sederhana
 Guru membimbing siswa dalam membuat rangkuman sederhana
 Guru memberikan PR (halaman 58)

Pertemuan 2
 Guru memeriksa hasil pengerjaan PR pertemuan sebelumnya
 Siswa membaca bacaan (halaman 51-57)
 Siswa melakukan permainan bermain peran
 Guru mengarahkan proses musyawarah yg dilakukan siswa
 Ketua membacakan hasil musyawarah
 Siswa mengajukan pendapat dari hasil musyawarah
 Siswa menulis hasil musyawarah dan menempelkan di papan pajangan
 Guru memberikan Pr (halaman 58) Musyawarah
demokrasi










12 jam
( 6 perte-
muan )





Penilaian hasil tugas
Penilaian proses
KTSP, Panduan kurikulum, PKn SD/MI kelas II

Siswa “Bermain peran sesuai bacaan”

Siswa “bermaian peran kedua kegiatan musyawarah kelas”














Pertemuan 3
 Guru membahas PR siswa
 Siswa musyawarah penyusunan jadwal piket siswa
 Pengurus kelas baru melaksanakan tugas sesuai tugasnya
 Menuliskan hasil musyawarah dan menempelkan hasil
 Membaca bacaan
 Siswa menjawab pertanyaan
 Guru memberikan tugas PR membuat ringkasan sederhana




Musyawarah
demokrasi

Penilaian proses
Siswa “bermaian peran kedua kegiatan musyawarah kelas, menyusun jadwal piket dan atruan kelas”



Pertemuan 4
 Guru membahas PR siswa
 Siswa membaca dan memperhatikan pembacaan dari kawan yang lain 60
 Guru mengajukan pertanyaan seputar bacaan
 Siswa mejawab pertanyaan kuis seputar bacaan
 Membahas jawaban siswa
 Memberikan PR
Musyawarah
demokrasi

Penilaian tertulis
PKn SD/MI kelas II
 Memberi pertimbangan atas hasil musyawarah
Pertemuan 5
 Guru membahas PR siswa
 Membahas proses pemilihan kelas yang pernah dilaksanakan
 Mencari peranan masing masing jabatan
 Menyebebutkan tugas tiap jabatan
 Menceritakan proses pemilihan ketua kelas
Musyawarah
demokrasi

2 jam pelajaran
( 1 pertemuan )

PKn SD/MI kelas II
Pertemuan 6
Ulangan harian










Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas




Rofi Badari
NIP. 197804062005011010

SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II

TEMA: KEGEMARAN

Mata Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Pokok Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Waktu dan sumber
1. Bahasa
Indonesia



















Mendengarkan
Memahami pesan
pendek dan dongeng
yang dilisankan


















Menceritakan kembali isi dongeng yang
didengarnya.


















Menyebutkan kosa-kata baru yang belum dikenal dari cerita sederhana yang didengar anak
















Pertemuan 1
 Guru menempelkan gambaryang berisi tentang keadaan ditoko buku
 Secara seksama siswa memperhatikan cerita yang dibacakan guru
 Siswa dan guru tanya jawabmengenai cerita
 Siswa menjawab pertanyaan hal 28 buku panduan tematik
 Guru membimbing siswa
 Menyimpulkan bersama-sama
 Guru memberikan PR LB 1
Teks Cerita











16 jam
( 8 perte-
muan )
2 jam








Proses
Tertulis








KTSP, Buku Panduan Tematik

Gambar keadaan toko buku





Pertemuan 2
 Guru memeriksa pengerjaan PR LB 1
 Guru memotivasi siswa saling tanya jawab mengenaimateri
 Guru menjelaskan kosakatayang terdapat pada cerita “ibu gemar memasak, kegemaran didi” (hal.44 -45)
 Siswa menyebutkan kosakata baru.
 Guru membimbing siswa
 Siswa dan guru sama-samamembahas tentang cerita yang dipelajari
Teks Cerita









2 jam









Tertulis









Buku Panduan Tematik





















Menceritakan kembali
cerita anak yang didengarkan dengan
menggunakan kata- kata sendiri


Menjawab pertanyaan
sesuai isi cerita
yang didengarkan




Pertemuan 3.
 Guru memotivasi siswa untukmempunyai kegemaran
 Siswa memilih kegemaran yangada dalam materi hal 29
 Siswa satu-persatu maju kedepan untuk menceritakan kegemarannya.
 Guru memperhatikan kegiatan
Gambar macam-macam
kegemaran





2 jam







Proses







Gambar kegiatan hoby
















Berbicara Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan
bercerita




Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan
mengggunakan kata
kata sendiri




Menceritakan kembali
dengan menggunakan
kata-kata sendiri






Pertemuan 4.
 Guru menunjukan gambaryang bemacam hewan yang berjalan dan berenang
 Siswa mengerjakan LB 3
 satu-persatu menceritakan ciri hewan dengan bahasa sendiri
 Guru memberikan tugas LB 4
 Guru membimbing siswa
 Guru memberikan tugas PR LB 5
Menceritakan ciri-ciri hewan








2 jam








Tertulis









Gambar hewan















Membaca
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati



Membaca nyaring
teks (15-20 kalimat)
dengan memperhatikan
lafal dan intonasi yang
tepat


Membaca teks cerita
dengan lafal dan intonasi
yang tepat




Pertemuan 5.
 Guru menceritakan ” kegemaran didi”
 Siswa diminta menceritakankembali cerita yang dibacakanguru
 Siswa satu-persatu di tes membaca cerita dengan lafaldan intonasi yang tepat
 Guru bersama siswa bermain tebak-tebakan pada LB 6
 Guru memberikan PR LB 7
Cerita kegemaran





2 jam






Proses
Tertulis
Lisan




Lembar cerita dari buku












Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan benda disekitar
dan menyalin puisi
anak

Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak
bersambung



Menyebutkan ekspresi
emosional yang diketahui




Pertemuan 6.
 Siswa secara rapi membuatkelompok
 Siswa diminta menunjukan ekspresi emosiona sesuai gambar (hal 30-31)
 Guru membimbing siswa
Gambar ekspresi




2 jam





Tertulis
Proses (aktifitas siswa)


Siswa sendiri



































Membedakan ekspresi
emosional tertentu (marah,
senang, sedih, terharu,
dan lain-lain)






Pertemuan 7.
 Guru memotifasi siswa untukmenyebutkan kegemarannya
 Siswa saling tanya jawab mengenai kegemaran
 Siswa menceritakan gambar (hal 32)
 Siswa satu-persatu menceritakan hasil ceritanya denganekspresi
 Secara bersama-sama membahas materi
 Guru memberkan PR LB 8.

Cerita










2 jam









Proses
Tertulis









Gambar kegiatan hoby





Pertemuan 8.
ULANGAN HARIAN II 2 jam Tertulis
2.Matematika



























































Bilangan
Melakukan perkalian
dan pembagian sampai
dua angka

























































Melakukan pembagian bilangan dua angka

























































Menghitung pembagian bilangan duaangka

























Pertemuan 1.
 Guru menceritakan cerita"Didi yang menyukai rambutan"
 Guru memperlihatkan buahrambutan yang banyaknya 21buah
 Siswa diminta membagikanke 3 orang
 Guru membimbing siswa
Cerita







16 jam
( 8 perte-
muan )





Proses







Buku Panduan Tematik

Kartu gambar rambutan



Pertemuan 2,
 Guru dan siswa melakukantanya jawab tentang pembagian
 Guru menjelaskan cara pembagian
 Siswa satu persatu diminta mengerjakan soal yang ada dipapan tulis
 Siswa mengerjakan LM 1 danLM 2
 Guru membimbing siswa pembagian








2 jam








Proses
Tertulis







Kartu gambar rambutan

Kerikil







Pertemuan 3.
 Guru menceritakan "Ibu yanggemar membuat kue"
 Guru memberikan penjelasanarti pembagian
 Siswa mengerjakan LM 3,LM 4, LM 5
 Sama-sama membahas evaluasi
 Siswa diberi PR LM 6
Cerita








2 jam








Tertulis








Gambar kue








Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk
pembagian dan sebaliknya
















Pertemuan 4.
 Guru menceritakan "Didiyang gemar mengamati hewandan tumbuhan"
 Guru mengingatkan kembalipada materi perkalian yang sudahdipelajari sebelumnya
 Siswa diminta mengalikanbeberapa angka
 Siswa membagiakan perkalian tersebut
 Guru menjelaskan perkalianmenjadi pembagian dan sebaliknya
 Siswa mengerjakan LM 7
 Siswa diberi tugas LM 8
Perkalian
hal.38-39












2 jam














Proses
Tertulis













Kartu gambar rambutan

Kerikil







Pertemuan 5.
 Siswa membahas PR LM 8
 Siswa diminta mengerjakansatu-persatu pembagian secaraindividu
 Guru menjelaskan pembagian Pembagian



2 jam



Proses



Kartu gambar rambutan

Kerikil

Melakukanoperasi hitung pembagian
Bilangan dua angka










Pertemuan 6.
 guru menempelkan pembagian dari 1 sampai 10
 Siswa menuliskan pembagian
 Siswa satu persatu di tespembagian Pembagian



2 jam



Lisan




Kartu pembagian



Pertemuan 7.
 Guru menjelaskan pembagian bilangan
 Siswa mengerjakan pembagian
 Guru membimbing siswa
 Sama-sama membahas pembagian

Pembagian


2 jam





Tertulis


Lembar operasi pembagian





Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN II 2 jam
3. IPA
Energi dan Perubahannya

3 Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya 3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber
energi ( panas, listrik,
cahaya, dan bunyi)
yang ada dilingkung
an sekitar  Menunjukkan sumberpanas yang ada disekitar



Pertemuan 1.
 Guru mencontohkan bendabenda yang dapat menghasilkan cahayayang adadilingkungan sekitar.
 Siswa menyebutkan bendamenghasilkan cahayayang adadilingkungan sekitar.
 Siswa mengerjakan LPA 1
 Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa

Energi cahaya di lingkungan
sekitar






12 jam pelajaran
(6 pertemuan)
2 jam



> Proses
> Tertulis






KTSP
Buku panduan tematik
Benda yang menghasilkan cahaya yang ada di kelas dan sekitar

Pertemuan 2
 Siswa diberikan contoh benda menghasilkan cahaya
 Siswa meneliti benda yang menghasilkan cahaya
 Guru menjelaskan manfaat benda yang menghasilkan cahaya
 Siswa menyebutkan kegunaan benda yang menghasilkan cahaya
 Siswa mengerjakan LPA 2
 Siswa diberi tugas mencari gambar dan energi yang dihasilkan
Benda yang menghasilkan cahaya













Tertulis







Buku panduan tematik
Kelas saat belajar










 Mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar dan energi yang digunakan



Pertemuan 3.
 Siswa menyebutkan benda yang menghasilkan cahaya dan sumbernya dilingkungansekitar
 Siswa mengerjakan LPA 3
 Siswa dan guru sama-sama membahas pengerjaan LPA 3
 Guru menjelaskan kegunaan benda yang ada dilingkungan sekitar
 Siswa diminta kembali menceritakan kegunaan benda-benda
Benda dilingkungan sekitar




2 jam





Tertulis





Buku panduan tematik
Benda disekitar kelas







 Menunjukkan sumber bunyi yang ada disekitar




Pertemuan 4
 Guru memotivasi siswa menyebutkan contoh alat yangmenghasilkan bunyi
 Siswa menuliskan dipapan tulis alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi
 Siswa mengerjakan LPA 4
 Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa
 Guru memberikan tugas PR LPA 5 Cara menghasilkan bunyi



2 jam




Tertulis




Buku panduan tematik
HP, bel sekolah

Pertemuan 5
 Guru membagi kelas dalam 3 kelompok tiap kelompok menuliskan benda penghasil energi (panas, cahaya, bunyi)
 Tiap kelompok menunjuk satu wakil untuk membaca hasil
 Siswa secara individu mengerjakan LPA 6
 Guru memberikan PR LPA 7 Energi panas , cahaya dan bunyi


2 jam




Proses
Tertulis



Buku Panduan tematik
HP, Lampu kelas, terangnya siang hari


Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN




4. IPS







































Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan
tetangga



























Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran
anggota keluarga



























Menceritakan pengalaman melaksanakan peran anggota keluarga








Menyebutkan contoh peran anggota keluarga





























Pertemuan 1
 Guru menceritakan "KeluargaDidi" yang mempunyai peran sendiri
 Guru dan siswa tanya jawabmengenai wacana
 Siswa diminta menceritakan pengalaman dirumah sebagai
anggota keluarga
 Guru membimbing siswa Cerita







16 jam
( 8 perte
muan )


2 jam


Tertulis
Lisan






KTSP
Buku
Panduan
Tematik

Gambar anggota keluarga



Pertemuan 2.
 Siswa dimotivasi untuk aktifmemberikan contoh perannyadi keluarga
 Guru menjelaskan peran kitasebagai anggota keluarga
 Siswa mengerjakan LPS 1
 Guru membimbing siswa
 Sama-sama membahas
 Diberikan PR LPS 2 Contoh peran







2 jam







Tertulis







KTSP
Buku
Panduan
Tematik

Gambar anggota keluarga
Pertemuan 3.
 Guru dan siswa sama-samamembahas PR LPS 2
 Guru menjelaskan sikap dankewajiban kita sebagai anggotakeluarga
 Siswa mengerjakan LPS 3
 Siswa diberi tugas PR LPS 4 Kewajiban sebagai anggota keluarga



2 jam





Tertulis





Buku Tematik
hal. 43

Draf kewajiban anak

Gambar anggota keluarga
Pertemuan 4.
 Siswa satu-persatu majukedepan untuk menceritakanpengalamannya di keluarga
 Guru bertanya kepada muridtentang peran anggota keluarganya
 Siswa mengerjakan LPS 5
Peran anggota keluarga





2 jam





Lisan
perbuatan





Buku Tematik
hal. 43

Gambar anggota keluarga














































Melaksanakan peran
anggota keluarga kegiatan belajar






Pertemuan 5.
 Guru menempelkan gambaryang menceritakan kegiatandalam keluarga
 Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok untuk memainkan peran
 Guru membantu kegiatantersebut
 Siswa dan guru sama-sama membahas
Cerita anggota keluarga




2 jam








Proses








Buku panduan tematik

Bermain peran keluarga (kegiatan bersih bersih rumah)









Pertemuan 6.
 Guru menjelaskan pentingnya peran anggota keluarga
 Siswa menuliskan peran ayah,ibu, kakak, dan adik
 Guru membimbing kegiatantersebut
 Siswa dan guru sama-sama membahas peran anggota keluarga
Peran anggota keluarga






2 jam









Perbuatan






Buku panduan tematik

Draf kewajiban anak








Pertemuan 7.
 Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
 Siswa tiap satu baris menuliskan peran anggota keluarga ( ayah, baris kedua Ibu, barisketiga kakak, baris keempat adik)
Peran anggota keluarga



2 jam




Hasil karya


Buku panduan tematik

Draf kewajiban anak

ULANGAN HARIAN II 2 jam

tertulis

1.PPKN




3. Menampilkan sikap demokratis 3.2 menghargai suara terbanyak (mayoritas)
 Menunjukkan sikap menerima kekalahan
Pertemuan 1
 Siswa membaca bacaan secara bergantian (halaman 63)
 Siswa mendengarkan pembacaan
 Guru mengajukanpertanyaan peran tokoh dari bacaaan
 Siswa megerjakan PR (halaman 67)
musyawarah 10 jam
( 5 perte
muan )

Penilaian Proses
Penilaian tertulis Pkn Kelas II
Teks cerita
Pertemuan 2
 Siswa membuat resume bacaan terkait peran
 Bermain peran siswa musyawarah penyusunan tugas pengurus kelas
 Guru mengarahkan proses penyusunan tugas pengurus kelas
 Pengurus baru membacakan susunantugaspengurus kelas
Musyawarah
2 jam Penilaian proses Pkn Kelas II
Siswa dalam satu kelas
Lembar susunan tugas pengurus kelas
 Membiasakan menghargai suara terbanyak
Pertemuan 3
 Pengurus baru menyampaikan program kerja secara lisan di depan anggota kelas
 Siswa lain mencatat program kerja tiap seksi
 Guru menanyakan pada anggota tentang tugas beberapa seksi pengurus kelas baru
Pembentukan pengurus kelas baru 2 jam Penilaian proses Pkn Kelas II
Lembar pengumuman

Pertemuan 4
 Siswa membaca bacaan halaman 69
 Siswa lain mendengarkan
 Guru membagi kelompok dengan anggota 4 anak (lagu kalau kau suka hati)

 Kelompok menulis indah dengan kertas cara menghargai kelompok .
 Siswa menilai hasil kerja kelompok dan menempilkan di papan pajangan kelas.
Menghargai suara terbanyak (votting) 2 jam Penilaian perbuatan Pkn Kelas II
Lembar votting pemungutan suara

Pertemuan 5
Ulangan harian
2 jam
Penilaian tertulis











Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas




Rofi Badari
NIP. 197804062005011010

SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA: LINGKUNGAN

Mata Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Pokok Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Waktu dan sumber
1. Bahasa
Indonesia Mendengarkan
Memahami pesan
pendek dan dongeng
yang dilisankan






Menceritakan kembali isi dongeng yangdidengarnya






Menceritakan kembali
cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri



Pertemuan 1.
 Guru memberikan contoh-Contoh gambar tentang lingkungan yang terdiri dari lingkunganbuatan dan lingkungan alam
 Siswa dan guru tanya jawab mengenai lingkungan
 Guru menjelaskan macam-macam lingkungan
 Siswa mengerjakan LB 3
 Guru memberikan PR LB 1 dan 2 > Gambar ling-
Kungan alam dan buatan






16 jam
( 8 pertemuan)


2 jam



> Tertulis
> Proses







> KTSP
> Buku panduan
tematik
> Gambar lingkungan alam dan buatan
>Buku tematik
hal 53

Pertemuan 2,
 Siswa dan guru sama-samamembahas PR LB 1 dan 2
 Siswa secara aktif menyebutkan contoh lingkungan alam danlingkungan buatan
 Siswa menuliskan cerita tentanglingkungan alam sekitar rumah
 Siswa menceritakan kembalisecara satu persatu didepan kelas Lingkungan
sekitar







2 jam








> Tertulis
> Proses







> Buku panduan
tematik
> Gambar lingkungan alam dan buatan


Berbicara
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan
menggunakan kata-
kata sendiri
Menyebutkan peristiwa
yang dialami dilingkungan



Pertemuan 3.
 Guru memberikan contohgambar tentang berbagai macam peristiwa terjadi di lingkungansekolah
 Siswa dan guru tanya jawab mengenai peristiwa yang adapada gambar
 Siswa dapat menyebutkan peristiwa apa yang terjadi padagambar
 Siswa mengerjakan LB 4
 Guru memberikan PR LB 5
Peristiwa alam sekitar










2 jam












> Tertulis
> Proses











- Buku Panduan tematik
- Gambar peristiwa alam (bencana alam, banjir dll)
- Buku tematikhal 54




Pertemuan 4
 Siswa dan guru sama-samamembahas PR LB 5
 Siswa diperlihatkan contohperistiwa yang berseri
 Guru menjelaskan mengenaimateri
 Siswa menyanyi dan mengerjakan LB 6
Peristiwa disekitar
2 jam







Tes tertulis







- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa alam


Membaca
Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca nyaring dan
membaca dalam hati

Pertemuan 5,
Membaca nyaring
teks ( 15-20 kalimat)
tepat


Menjelaskan secara
urut peristiwa yang -
diala mi, (waktu
tempat,dan kejadian)
dengan bahasa
yang mudah dipahami Siswa diberikan teks ceritayang berdasarkan peristiwa
 Siswa secara satu persatumembaca cerita dengan bimbingan guru
 Guru menjelaskan tentang peristiwa
 Siswa mengerjakan LB 7
 Guru membimbing siswa
 Siswa dan guru sama-samamembahas Teks cerita tentang peristiwa






2 jam







> Proses
> Tertulis







- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa alam



Pertemuan 6
 Guru memberikan gambaryang sudah diacak
 Siswa menyusun kembaligambar peristiwa
 Siswa mengerjakan menuliscerita berdasarkan gambar dariguru
 Siswa menyusun peristiwa (hal 54) Peristiwa




2 jam






> Proses
> Tertulis





- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa alam


Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan
benda disekitar dan
menyalin puisi





Menuliskan mahluk
hidup disekitar secara sederhana dengan
bahasa tulisan




Menyebutkan orang yang
terlibat dalam peristiwa
yang dialami




Pertemuan 7.
 Siswa bergantian membaca dengan senang ( Kerja Bakti) (hal 55)
 Siswa menyebutkan apa dan siapa saja yang terlibat padacontoh peristiwa.
 Siswa menjawab pertanyaan halaman 56
 Guru dan siswa sama-sama membahas hasil pengerjaan siswa Rangkaian gambar peristiwa






2 jam







Proses
Tertulis






- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa













ULANGAN HARIAN 3
Matematika
Bilangan
Melakukan perkalian
dan pembagian sampai
dua angka Melakukan pembagian bilangan dua
angka Menghitung fakta pembagian sampai 50 denganberbagai cara Pertemuan 1.
 Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
 Guru membagikan pada siswa 4 gelas plastik dan 16 buahkancing
 Siswa diberi tugas melakukanpembagian dengan melihat soal
 Siswa tanpa dijelaskan pembagian melakukan pembagian sendiri ( baik dikurang atau dengan langsung dibagi)
 Siswa mengerjakan LM 1
 Siswa diberi tugas PR LM 2 Menyelesaikan pembagian melalui cerita berkaitan pembagian









16 jam
( 8 pertemuan)

2 jam







> Tertulis
> Proses










- KTSP
- Buku panduan tematik
- Gelas
- Kancing (dapat diganti dengan kerikil)
- siswa




Pertemuan 2.
 Siswa secara bersama-sama membahas PR
 Siswa memperhatikan penjelasan dari guru mengenai pembagian
 Siswa satu persatu kedepan untuk melakukan pembagian
 Siswa mengerjakan LM 3
 Siswa diberi tugas PR LM 4 Pembagian







2 jam







Proses
Pembagian






- Buku panduan tematik
- Gelas
- Kancing (dapat diganti dengan kerikil)

Pertemuan 3.
 Siswa dan guru secara bersama-sama membahas PR
 Siswa dan guru secara bersama-sama menghitung pembagian dari 1 - 25
 kemudian siswa satu persatumaju kedepan untuk menghitungpembagian dari 25-50 Pembagian






2 jam






Proses






- Buku panduan tematik
- Kerikil , potongan ranting
- Gambar pembagian
Pertemuan 4
 Guru membagi siswa berkelompok
 Guru memberikan pemaha man mengenai pembagian
 Guru memberikan evaluasisoal pembagian pada siswa Konsep Pembagian praktis




2 jam




Tertulis




- Buku panduan tematik
- Siswa sekelas

Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian oleh bilangan 2
sampai 50



Pertemuan 5
 Siswa diberi media untuk menghitung perkalian secaracepat
 Siswa secara aktif menyebutkan hasil perkalian
 Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
 Siswa mengerjakan LM 5
 Siswa diberi tugas PR LM 6
Perkalian






2 jam






Proses
Tertulis





- Buku panduan tematik
- Jari jemari















Pertemuan 6
 Siswa secara bersama - sama membahas PR LM 6
 Guru menjelaskan cara menghitung perkalian dan pembagiansecara cepat
 Siswa mengerjakan LM 7 dan LM 8
 Siswa diberi PR LM 9 Pembagian dan Perkalian





2 jam






Tertulis






- Buku panduan tematik
- Jari jemari














Pertemuan 7.
 Siswa secara bersama-samamembahas PR
 Guru membimbing siswa menghitung perkalian dan pembagiansecara cepat
 Siswa mengerjakan LM 10dan LM 11
 Siswa diberikan tugas LM 12dan LM 13 Pembagian dan Perkalian






2 jam







Tertulis







- Buku panduan tematik
- Jari jemari
















ULANGAN HARIAN 3 2 jam

3. IPA Energi dan Perubahannya

3. Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya 3.2. mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
 Menyebutkan beragamjenis benda dan energi yang digunakan dirumah
Pertemuan 1.
 Guru mencontohkan bendadan energi yang digunakan (energi listrik)
 Siswa menyebutkan bendayang menggunakan energi listrik yang digunakandirumah
 Siswa mengerjakan LPA 1
 Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa

Energi listrik






12 jam pelajaran
(6 pertemuan)
2 jam



> Proses
> Tertulis







KTSP
Buku panduan tematik
Gambar Benda yang ada disekolah dan dirumah kliping siswa






Pertemuan 2
 Siswa diberikan contoh benda menggunakan energi listrik
 Siswa meneliti benda yang menggunakan energi listrik dan energi yang dikeluarkan
 Guru menjelaskan manfaat benda dan kegunaan.
 Siswa mengerjakan LPA 2
 Guru memberikan tugas pada siswa uk membawa mainan senter yang menggunakan energi listrik


Benda yang menghasilkan panas













Proses
Tertulis







Buku panduan tematik
HP, Solder







 Mengidentifikasi benda dan energi yang digunakan




Pertemuan 3.
 Siswa dan guru membahas tugas pertemuan sebelumnya
 Siswa mengidentifikasi benda-benda dan energi yang digunakan
 Siswa mengerjakan LPA 3
 Guru memberikan PR LPA 4

Benda dan energi yang digunakan





2 jam






Tertulis






Buku panduan tematik
Benda disekolah

Mainan dan senter



 Mengidentifikasi caramenghemat energi Pertemuan 4
 Siswa dan guru sama-sama membahas PR LPA 4
 Guru menjelaskan kegunaan energi bagi kehidupan dan cara untuk menghematnya
 Siswa diminta kembali menceritakan kegunaan benda benda dan cara menghematnya
 Siswa mengerjakan LPA 5
 Memberikan PR LPA 6
Benda dan kegunaan






2 jam








Tertulis







Buku panduan tematik
Benda disekitar












Pertemuan 5
 Guru membahas PR LPA 6
 Guru memotivasi siswa menyebutkan contoh alat yangmenggunakan energi listrik dan menyebutkan cara menghematnya
 Siswa mengerjakan LPA 7 Contoh energi
panas



2 jam




Tertulis




Buku panduan tematik
Komputer HP kipas angin senter mobil dll






Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN 3
2. IPS 2 Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
2.1 Memberi contoh
bentuk-bentuk kerja
sama dilingkungan
tetangga
- Menyebutkan lingkungan sebagai tempat keberadaan anggota keluarga
Pertemuan 1
 Siswa diberikan contohgambar lingkungan buatan danlingkungan alam
 Guru menceritakan "keluargaDidi"
 Siswa tanya jawab tentang wacana
 Siswa mengerjakan LPS 1 Lingkungan alam dan lingkungan buatan





16 jam
( 8 perte-
muan )

2 jam


Proses




Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan




Pertemuan 2.
 Siswa diberikan contoh gambar lingkungan buatan
 Guru menjelaskan terjadinyalingkungan buatan
 Guru menjelaskan keadaanlingkungan tersebut
 Siswa mengerjakan LPS 2
 Guru dan siswa membahas
 Siswa diberi tugas LPS 3 Gambar lingkungan





2 jam






Tertulis






Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan




- Menceritakan keadaanlingkungan alam dan buatan disekitar rumah Pertemuan 3
 Guru menceritakan keadaanlingkungan alam dan lingku ngan buatan disekitar tempat tinggal keluarga
 Guru memberikan contoh lingkungan buatan
 Siswa menyebutkan contoh lingkungan buatan di lingkungan sekitar keluarga
 Siswa mengerjakan LPS 4 Lingkungan
sekitar



2 jam




Tertulis




Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan

Pertemuan 4
 Siswa diberikan contoh gambar lingkungan alam
 Guru menjelaskan terjadinyalingkungan alam
 Guru menjelaskan keadaanlingkungan alam
 Siswa mengerjakan LPS 5 Gambar alam





2 jam





Tertulis





Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan


Pertemuan5
 Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
 Siswa dibawa observasi kelingkungan setempat
 Siswa menuliskan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan
 Guru menjelaskan materi
 Siswa mengerjakan LPS 6 Lingkungan
sekitar






2 jam







perbuatan







Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan sekitar kelas




Menyebutkan lingkungan tetangga tempat keluarga berada Pertemuan 8.
 Guru bercerita tentang "Keluarga Didi yang bertetangga"
 Siswa dan guru tanya jawab mengenai cerita
 Guru menjelaskan arti bertetangga
 Siswa mengerjakan LPS 7 Tetangga sebagai keluarga dekat kita






2 jam






Tertulis






Buku panduan tematik
Gambar rumah dan tetangga








Pertemuan 7
 Guru melakukan tanya jawab mengenai materi
 Siswa diberi penjelasn mengenai susunan aparat di rukuntetangga
 Siswa menuliskan secaraberurut aparat di dingkungannya
Struktur organisasi RT






2 jam






tertulis





Buku panduan tematik
Gambar struktur organisasi RT
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 3

1.PPKN




3. Menampilkan sikap demokratis 3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan  Membiasakan diri menerima pengurus kelas baru

 Menyadari kesalahan dan bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukan Pertemuan 1
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan memusyawarahkan siapa yang memimpin doa anak menunjuk dan memilih (Langkah 1)
 Siswa menyebutkan tugas sesuai dengan pengurus kelas
 Guru menanyakan tugas piket sesuai jadwal. (Langkah 2)
 Guru meminta siswa melaporkan secara lisan pelaksanaan tugas pengurus kelas(Langkah 3)
Bersikap lapang dada 8 jam pelajaran
(4 pertemuan)
2 jam Proses PKN II
Lembar susunan pengurus kelas
Pertemuan 2
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Menyampaikan secara lisan pendapat terhadap pelaksanaan tugas kelas Bersikap lapang dada 2 jam Lisan PKN II
Lembar susunan pengurus kelas
Pertemuan 3
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Menyampaikan secara lisan pendapat terhadap pelaksanaan tugas kelas
 Tugas membaca bacaan bersikap lapang dada (hal 70)
 Mengerjakan PR (halaman 71) Bersikap lapang dada 2 jam Lisan PKN II
Lembar susunan pengurus kelas
Pertemuan 4
 Ulangan harian 3
(soal halaman 72-74) 2 jam Tertulis








Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas




Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II

TEMA : KESEHATAN

Mata Standar Kompetensi Indikator Pengalaman Belajar Materi Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Kompetensi Dasar Pokok Waktu & Sumber
B.Indonesia Mendengarkan Pertemuan 1
 Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan  Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya  Menyebutkan watak/ sifat tokoh dari wacana
 Guru menunjukan gambar berseri tentang "aku anak sehat"
 Siswa menceritakan gambar seri tersebut
 Guru bersama siswa menyanyikan lagu "aku anak sehat"
o Guru menjelaskan kosakata yangada pada lagu "aku anak sehat"
o Siswa mengerjakan LB1 Gambar berseri
Teks nyanyian





16 jam
8 kali
pertemuan

2 jam



*Tertulis
*Keaktifan
(proses)






*gambar
berseri
*Teks nyanyian
Aku anak sehat
(Buku panduan tematik hal. 80)


Pertemuan 2
 Menceritakan isi dongeng yang didengarnya  Memerankan tokoh dalam percakapan se suai dengan ekspresi yang tepat o Guru memberikan contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat
o Guru menugaskan siswa untuk membaca cerita tentang "Piko dan Piki" (Buku panduan tematik Hal 81-82)
o Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang watak tokoh pada cerita
o Guru menjelaskan pengertian watak dengan ciri-cirinya
o Siswa mengerjakan LB 2
o Guru memberikan PR LB 3 *Watak tokoh
cerita







2 jam






*tertulis








*Buku panduan tematik
*gambar
berseri















Berbicara Pertemuan 3
Mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan mengunakan kata-kata sendiri
Menjelaskan pengal
aman yang dialaminya sendiri


 Guru menugaskan siswa membacacerita tentang "Didi sakit"
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai cerita tersebut
o Siswa mengerjakan LB 4
 Beberapa siswa maju kedepan untukmenceritakan pengalamannya ketikasakit Menceritakan pengalaman






2 jam






*Tertulis
*Keaktifan





* Buku panduan Tematik
*Gambar anak sakit











Pertemuan 4
 Siswa diminta memberikan contoh kalimat
 Guru menuliskan kalimat tersebut dengan huruf tegak bersambung
 Siswa mengerjakan LB 5
Huruf tegak
bersambung




2 jam





Tertulis





Buku panduan tematik
Contoh huruf tegak bersambung

Membaca Pertemuan 5
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca nyaring dalam hati Membaca naring te ks (15-20) kalimat
dengan memperhati kan lafal dan intonasi yang tepat Membaca teks percakapan dengan benar


 Siswa bersama temanna melakukan tanya jawab tentang kesehatan
 Guru menjelaskan macam-macam penyakit
 Siswa mengerjakan LB 6 Teks perakapan



2 jam




Tertulis
Keaktifan
(proses)



gambar tempat kesehatan
Buku panduan temtik





Pertemuan 6
 Guru menjelaskan tentang pertanyaanpertanyaan tentang kesehatan
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kalimat tanya
 Siswa mengerjakan LB 7
 Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan LB 7
 Guru memberikan PR LB 8
Kesehatan





2 jam





Tertulis





TTS












Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan benda disekitar dan menyalin puisi anak Pertemuan 7
Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak
bersambung
Menulis puisi dengan huruf tegak
bersambung

 Guru membahas hasil pengerjaan LB 8
 Guru menjelaskan tentang keadaan lingkungan sekitar (bersih/tidak)
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang lingkungan sekitar
 Guru menugaskan siswa membuat puisi dengan huruf tegak bersambungtentang kesehatan
 Guru membimbing siswa Membuat puisi







2 jam







Tertulis







Puisi dari buku panduan tematik
gambar tempat kesehatan









Pertemuan 8 2 jam
ULANGAN HARIAN 4


Matematika Bilangan
melakukan perkalian
dan pembagian bilangan sampai dua
angka
Melakukan pengura
ngan bilangan


Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlah
an dan pengurangan
perkalian dan
pembag ian Pertemuan 1
 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan penjumlahan
 Guru menjelaskan cara menyelesaikan penjumlahan melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan LM 1
 Memberikan tugas LM 2 Penjumlahan






16 jam
8 kali pertemuan


2 jam


Tertulis







Buku panduan
Tematik
Soal cerita






Pertemuan 2
Pengurangan dalam soal cerita








2 jam








Tertulis









Buku panduan
Tematik
Soal cerita





 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pengurangan
 Guru menjelaskan cara menyelesaikanpengurangan melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan LM 3
 Memberikan tugas LM 4



Pertemuan 3
Penjumlahan
Pengura
ngan





2 jam








Tertulis








Buku panduan
Tematik
Soalcerita







 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan penjumlahan&Pengurangan
 Guru menjelaskan cara menyelesaikanpenjumlahan&pengurangan melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan LM 5
 Memberikan tugas LM 10

Pertemuan 4
Melakukan perkalian
bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka Menghitung perkalian dengan hasil dua angka






 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan perkalian
 Guru menjelaskan cara menyelesaikanperkalian melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan LM 6
 Memberikan tugas LM 7 Perkalian






2 jam






Tertulis






Buku panduan
Tematik
Soal cerita














Pertemuan 5
 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pembagian
 Guru menjelaskan cara menyelesaikanpembagian melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan LM 8
 Memberikan tugas LM 9 Pembagian






2 jam






Tertulis






Buku panduan
Tematik
Soal















Pertemuan 6 Pembagian
perkalian







2 jam








Tertulis








Buku panduan
Tematik
Soal









 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pembagian&perkalian
 Guru menjelaskan cara menyelesaikanperkalian&pembagian melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentang
 materi yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan soal yang ditulis oleh guru tentang perkalian&pembagiam










Melakukan operasi
hitung

Menyelesaikan operasi hitung dengan benar








Pertemuan 7
 Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pembagian&perkalian
 penjumlahan dan pengurangan
 Guru menjelaskan cara menyelesaikanperkalian&pembagian,penjumlahan danpengurangan melalui cerita
 Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
 Siswa mengerjakan LM 11 Operasi hitung camp
uran







2 jam








Tertulis








Buku panduan
Tematik
Soal


















Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 4






IPA
Bumi dan alam semesta Pertemuan 1
4. Memahami peristiwa
alam dan pengaruh mata
hari dalam kehidupan
sehari-hari 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari Mengurutkan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari

Menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari

 Guru menceritakan cerita "berjemur" Siswa menceritakan kegiatan yang dilakukan dipagi hari
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegunaan panas dan cahaya matahari
 Siswa meceritakan berdasarkan gambar LPA 1
 Siswa mewarnai LPA 1 Kegunaan panas dan cahaya matahari



2 jam






Tertulis
Keaktifan





Cerita
berjemur
Gambar ibu menjemur pakaian




Pertemuan 2
 Siswa menyebutkan macam-macam olahraga yang dilakukan dipagi hari dilapangan
 Siswa menceritakan pengalamannyaberolahraga
 Siswa mengerjakan LPA 2
 Guru bersama siswa membahas pengerjaan LPA 2 Macam-macam olah raga pagi hari




2 jam





Tertulis





Gambar Macam
macam
olah raga







Pertemuan3
Memperagakan cara
yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari  Guru menjelaskan dampak buruk dari cahaya dan panas matahari yang berlebihan
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara melindungi tubuh dari panas dan cahaya matahari
 Siswa menyebutkan cara melindungi tubuh dari panas dan cahaya matahari
 Siswa mengerjakan LPA 3 Dampak buruk cahaya dan panas matahari




2 jam




Perbuatan
Lisan Gambar topi, payung atap, pohon rindang
Pohon dan tempat teduh di sekolah

Pertemuan4
 Guru menjelaskan dampak buruk dari cahaya dan panas matahari yang berlebihan
 Siswa menyebutkan perlengkapan yg dapat digunakan untuk melindungi diri dari cahaya matahari
 Siswa mengerjakan LPA 4 Alat pelindung cahaya matahari




2 jam




Tulis Gambar topi, payung atap, pohon rindang
Pohon dan tempat teduh di sekolah

Pertemuan 5
 Siswa mejelaskan dampak buruk dari cahaya matahari yg berlebihan
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara melindungi tubuh dari panas dan cahaya matahari
 Siswa mengerjakan LPA 5 Dampak buruk cahaya matahari




2 jam





Lisan Gambar topi, payung atap, pohon rindang
Pohon dan tempat teduh di sekolah
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN 4 2 jam
Pertemuan 1


IPS 2 Memahami kedudukan
dari peran anggota dalamkeluarga dan lingkungantetangga



2.3 Memberi contoh bentuk
kerjasam dilingkungan
tetangga




Memberikan contoh
cara memelihara dan
menjaga linkungan
alam sekitar rumah



 Guru menceritakan lingkungan "Sungai yang bersih"
 Siswa menceritakan keadaan sungai yangada dilingkungan mereka
 Guru melakukan tanya jawab mengenaicara memeliihara kebersihan sungai
 Siswa mengerjakan LPS 1 Cerita sungai
yang bersih





8 jam
4 kali
pertemuan




Tertulis






Lingkungan
sekitar
gambar sungai kotor dan bersih
bandar disekolah


Pertemuan 2
Menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan sekitar
rumah



 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan untuk memelihara lingkungan rumah
 Siswa menyebutkan kegiatanyang pernah dilakukan dalam menjaga kebersihan lingkungan
 Siswa mengerjakan LPS 2
 Mengerjakan tugas LPS 3 Kebersihan
lingkungan





2 jam






Tertulis






Lingkungan
sekitar







Pertemuan 3
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja samadilingkungan tetangga




 Guru menceritakan cerita yang berjudul"Kerja bakti"
 Guru dan siswa melakukan tana jawab tentang macam-macam cara menjaga dan memelihara lingkungan
 Siswa menceritakan pengalamanna menjaga kebersihan lingkungan sekitar
 Siswa mengerjakan LPS 4 dan LPS 5
 Mengerjakan tugas LPS 6 Kerja bakti









2 jam


Tertulis


Pengalaman siswa
Gambar kegiatan gortong royong


Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 4
(soal halaman 72-74) 2 jam


PKn











4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 4.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
 Menyebutkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras




Pertemuan 1
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Guru guru menjelaskan tentang sikap jujur, disiplin dan kerja keras
 Siswa menyebutkan contoh sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Jujur, disiplin, kerja keras



12 jam pelajaran 6 kali pertemuan





Penilaian proses



Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Laporan pengurus kelas (denda)




Pertemuan 2
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Siswa membaca bacaan “Jujur Mengakui Kesalahan secara bergantian siswa lain mendengarkan” (halaman 77-78)
 Guru menanyakan inti cerita pada siswa
 Siswa menceritakan sesuai giliran dan kesempatan yang diberikan guru
 Siswa menjawab pertanyaan Jujur mengakui kesalahan 2 jam Penilaian sikap
peniaian tertulis Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Laporan pengurus kelas (denda)

Pertemuan 3
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Berdasarkan bacaan (halaman 79-81) siswa membuat tulisan indah tentang sikap jujur.
 Secara individual siswa menulis indah sikap jujur
Contoh sikap jujur 2 jam Penilaian hasil karya Pkn II
Jadwal piket
Laporan pengurus kelas (denda)
Contoh tulisan indah

Pertemuan 4
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Guru menanyakan sikap jujur yang dapat dilakukan siswa dalam kegiatan sehari-hari
 Secara bergiliran siswa menyebutkan perbuatan jujur yang pernah dilakukan

Sikap jujur 2 jam Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Laporan pengurus kelas (denda)

Pertemuan 5
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Siswa membaca bacaan tentang contoh-contoh sikap jujur
 Siswa menyebutkan sikap-sikap jujur
 Siswa memberi penilaian terhadap sikap tokoh dari cerita guru

Menilai sikap jujur 2 jam Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Gambar contoh perbuatan

Pertemuan 6
Ulangan harian (menjawab pertanyaan halaman 82) 2 jam










Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas




Rofi Badari
NIP. 197804062005011010


SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA : TEMPAT UMUM

Mata Standar Kompetensi Indikator Pengalaman Belajar Materi Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Kompetensi Dasar Pokok Waktu & Sumber
Bahasa Indonesia








Membaca
Memehami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati





Menyebutkan isi teks (20-25) kalimat yang dibaca didalam hati






Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang

Pertemuan 1
 Guru menugasakan siswa membaca ceritadengan lafal dan intonasi yang tepat (BPT Hal. 106-107)
 Siswa menjawab paertanyaan tentang cerita" Tempat Umum "
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang macamtempat umum dan kegunaannya yang beradadilingkungan sekitar
 Siswa mengerjakan LB 1 Cerita "Tempat Umum"






16 jam
8 kali
pertemuan

2 jam



Tertulis







Cerita pada
buku tematik
buku panduan tematik



Pertemuan 2
Mengajukan
pertanyaan berdasar isi teks




 Guru menunjukan gambar macam-macam tempat umum beserta fungsinya
 Siswa menceritakan keadaan dan kejadiaanyang sering terjadi disekitar tempat umum
 Siswa mengerjakan LB 2
 Guru menugaskan membawa 2 contoh gambar tempat umum yang ditempelkan pada LB 3
 Siswa diberi tugas untuk membawa karton gunting, dan pewarna.
Cerita "Tempat umum"




2 jam





tertulis





Gambar
tempat umum
Buku panduan tematik






Berbicara Pertemuan 3
Mengungkapkan secara
lisan beberapa informasi
dengan mendeskripsikan
benda dan cerita Menceritakan kembali cerita anak yang didengark
an dengan menggunakan
katakata sendiri Menceritakan isi teks
yang yang dibaca denganmenggunakan kata-kata
sendiri  Guru meminta siswa menceritakan kembalicerita tempat umum
 Siswa menggambar dan mewarnai rambu-rambu lalu lintas
 Guru menunjukan gambar macam-macamrambu-rambu lalu-lintas dan menjelaskanfungsinya
 Guru dan siswa tanya jawab tentang rambu-rambu lalulintas
 Siswa mengerjakan LB 3 dan LB 4 Contoh rambu-rambu lalulintas



2 jam






Tertulis






Buku panduan tematik
Gambar rambu
rambu lalu-lintas


Pertemuan 4
 Guru menunjukan gambar percakapan yang belum lengkap
 Siswa bersama-sama mencari jawaban untuk teks yang kosong
 Siswa memperagakan percakapan sesuaidengan gambar
 Siswa ,mengerjakan LB 5
Melengkapi
percakapan





2 jam






Tertulis
Keaktifan


Buku panduan tematik

Gambar per
cakapan


Mendengarkan Pertemuan 5
Memahami teks pendek
dan puisi anak yang dilisankan
Menyampaikan pesanpendek yang didengarnya
pada orang lain
Membaca puisi dengan ekspresi gerak dan mimik muka yang tepat

 Guru memberikan contoh membaca puisiyang tepat
 Siswa mengikuti membaca puisi sesui yangdicontohkan guru
 Siswa mengerjakan LB 6 Mengekpresikan Puisi


2 jam



Keaktifan
(penilaian proses)

Buku panduan tematik
Contoh puisi

Pertemuan 6
 Guru menjelaskan cara mengekprsikan kalimat-kalimat puisi
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara mengekpresikan puisi
 Siswa menjelaskan puisi dengan kata-katasendiri
 Guru membimbing siswa Mengekpresikan Puisi
“Buku panduan tematik hal 109)






2 jam






Lisan






Buku panduan tematik
Puisi berjudul "Dipasar "





Menulis Pertemuan 7
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapicerita dan dikte







Menuliskan kalimat sederhana yang didektakan
guru dengan mengunakan
huruf tegak bersambung
dan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
*Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan
guru secara tepat rapidan mudah dibaca





 Guru menceritakan pengalaman ditempatumum sesuai dengan gambar
 Guru menjelaskan penggunaan huruf kapital
 Guru memberikan contoh penggunaan titikpada kalimat
 Siswa menuliskan kalimat yang didiktekanguru
 Siswa menceritakan pengalaman ditempatumum
 Siswa mengerjakan LB 7 Pengalaman
ditempat umum








2 jam









Tertulis









Buku panduan tematik
“ contoh kalimat benar dan salah”





Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 5

Matematika Geometri dan pengukuran
Mengenal unsur-unsur
bangun datar sederhana
Mengelompokan bangun datar
Mengelompokan bangun-bangun datar menurutbentuknya






Pertemuan 1
 Guru menceritakan Didi dan keluarganya ditempat umum
 Guru menempelkan foto keluarga Didi ditempat umum
 Guru menjelaskan macam-macam bentuk bangun datar
 Siswa menyebutkan bangun datar yang adapada foto keluarga Didi
 Siswa mengerjakan LM 1 dan LM 2
Bangun datar








16 Jam
8 kali pertemuan







Tertulis









Buku panduan tematik
Contoh bangun datar
Permainan tangram







Pertemuan 2
 Guru menunjukan contoh bangun dataryang berwarna
 Siswa menyebutkan nama-nama bangun datar
 Siswa menghitung banyak bangun datar yang dibawa oleh guru
 Siswa mengerjakan LM 3 dan LM 4
 Guru menugaskan LM 5 Bangun datar






2 jam Tertulis


Gambar bentuk bangun datar





Pertemuan 3
Mengurutkan bangun
bangun datar menurut
ukurannya








 Guru mengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok
 Guru membagikan bangun datar secaraacak
 Siswa mengurutkan bangun datar dari yang terkecil ke yang terbesar dan dari terbesar keterkecil
 Guru dan siswa membahas tentang urutan bangun datar
 Siswa mengerjakan LM 6 dan LM 7
 Memberikan tugas LM 8 dan LM 9 Bangun datar





















Tertulis










Contoh bangun datar
Penggaris



Pertemuan 4
 Siswa mengurutkan bangun datar yang dicontohkan guru
 Siswa mengerjakan LM 10
 Menugaskan LM Urutan bangundatar


Tertulis


Macam-macam bangun
datar

Menentukan pola dari
serangkaian atau baris
anbangun datar





Pertemuan 5
 Guru membawa beberapa macam pola dariserangkaian bangun datar
 Siswa menyebutkan nama-nama pola
 tersebut
 Siswa dan guru melakukan tanya jawab
 mengenai pola bentuk bangun datar
 Siswa mengerjakan LM 12
 Menugaskan tugas LM 13
Pola bangun
datar







Tertulis








Macam-macam pola bangun datar







Pertemuan 6
 Dengan berbagai macam pola guru menjelaskan ukuran bangun datar
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai ukuran pola bangun datar
 Guru menjelaskan perbedaan ukuran pola bangun datar
 Siswa mengerjakan LM 14
 Siswa ditugaskan untuk membawa kertas
 berwarna Bangun datar

















Tertulis








Macam-ma
cam perbeda
an ukuran
pola







Pertemuan 7
 Guru menugaskan siswa untuk mengukur bangun datar sesuai dengan yang ditentukanoleh guru
 Siswa mengerjakan LM 15
 Siswa mengerjakan LM 16
Bangun datar



Tertulis

Penggaris
Bangun datar


Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 5


IPA Energi dan perubahannya Pertemuan 1
3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya 3.2 Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
 Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dilingkungan sekitar


 Guru menceritakan berdasar gambar yang ditampilkan tentang kejadian di persimpangan
 Siswa menceritakan pengalaman berdasarkan gambar LPA 1
 Siswa mewarnai LPA 1
 Guru memberikan PR LPA 2 Bermacam energi dilingkungan sekitar Tertulis Gambar persimpangan
Pertemuan 2
 Guru membahas hasil pengerjan PR LPA 2
 Guru menceritakan kejadian di pom bensin dengan antrian yang begitu panjang
 Siswa menceritakan pengalaman tentang antrian di POM
 Siswa mewarnai LPA 3 Sumber energi Tertulis Foto kejadian di POM bnesin
Pertemuan 3
 Mengelompokkan benda berdasarkan energi yg digunakan



 Menunjukan bermacam gambar tentang benda dan energi yang digunakan
 Siswa mengelompokan gambar berdasarkan energi yang digunakan
 Siswa mengerjakan LPA 4
 Memberikan tugas PR LPA 5 Sumber energi










Tertulis







Lingkungan
sekitar







Pertemuan 4
 Menyebutkan cara menghemat energi
 Guru membahas pengerjaan LPA 5
 Menunjukan bermacam gambar tentang benda hemat energi
 Siswa mengelompokan benda hemat energi
 Siswa mengerjakan LPA 6
 Guru dan siswa membahas kendaraan hemat energi
Benda hemat energi










Tertulis







Benda hemat energi








Bumi dan alam semesta Pertemuan 5
4. Memahami peristiwa
alam dan pengaruh mata
hari dalam kehidupan
sehari-hari 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari Menentukan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari



 Guru menceritakan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari
 Siswa menyebutkan kenampakan matahari pagi siang
 Siswa mengelompokan kartu gambar kegiatan pagi siang dan sore hari
 Siswa mengerjakan LPA 7
 Memberikan tugas PR LPA 8 Kedudukan matahari









Tertulis







Lingkungan
sekitar

Kartu gambar kegiatan sehari hari





Pertemuan 6
Menentukan kenampakan bayangan benda pagi siang dan sore hari
 Guru membahas pengerjaan LPA 8
 Guru mengajak siswa keluar untuk melihat bayangan benda di halaman sekolah
 Guru menanyakan arah bayangan suatu benda dan mengukurnya
 Guru menanyakan arah bayangan pada pagi hari dan sore hari
 Siswa mengerjakan LPA 9
 Memberikan tugas PR LPA 10

Pertemuan 7 Sumber energi










Tertulis







Lingkungan
sekitar

penggaris

pensil





 Guru membahas pengerjaan LPA 10
 Melakukan pengukuran bayangan kembali pada saat masuk kelas, saat istirahat untuk mengisi LPA 11
 Siswa mengerjakan LPA 11 pada jam 7.00 – jam 11.00
 Memberikan tugas PR LPA 11 untuk mengisi hasil pengukuran bayangan jam 13.00-17.00
Sumber energi










Tertulis







Lingkungan
sekitar

penggaris

pensil



Petemuan 8
ULANGAN HARIAN


Pertemuan 1
IPS 2. Memahami kedudukan dari peran dan anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga




2.3 Memberi contoh bentuk-bentuk kerja sama dilinkungan tetangga

 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga



 Guru membacakan cerita yang berjudul"Pindah Rumah"
 Guru dan siswa tanya jawab tentang ceritayang berjudul "pindah rumah"
 Guru menjelaskan betapa pentingnya bentukkerja sama dilingkungan tetangga
 Siswa menyebutkan bentuk kerjasama yang terlihat pada gambar
 Siswa mengerjakan LPS 1
 Memberikan tugas PR LPS 2 Cerita “pindah
rumah"






8 jam
4 kali pert
emuan





Tertulis







Gambar
kerjasama




Pertemuan 2
 Siswa bersama-sama membaca cerita yangberjudul tempat umum (panduan tematik hal. 106-107)
 Guru menjelaskan fungsi tempat umum sebagai tempat buatan atau lingkungan alamyang terjadi dengan sendirinya
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai tempat umum
 Siswa mengerjakan LPS 3


Tempat umum







Tertulis Gambaar tempat tempat umum








Pertemuan 3
 Guru meminta siswa menyebutkan cara menjaga kebersihan tempat umum dilingkungan yang merupakan tetangga
 Guru menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan dan kerja sama dilingkungan tetangga
 Games tindakan menjaga kebersihan (4 kelompok)
 Siswa mengerjakan LPS 4 Kebersihan



Tertulis

Lingkungan
bersih

game


Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 5

PKn











4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 4.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
 Menyebutkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras


Pertemuan 1
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Guru menjelaskan tentang sikap, disiplin dan kerja keras
 Siswa menyebutkan contoh sikap, disiplin dan kerja keras
Disiplin dan kerja keras 12 jam pelajaran 6 kali pertemuan





Penilaian proses



PKn kelas II
Jadwal piket





Pertemuan 2
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Siswa membaca bacaan “disiplin menjalankan perintah agama” (halaman 83-84)
 Guru menanyakan inti cerita pada siswa
 Siswa menceritakan sesuai giliran dan kesempatan yang diberikan guru
 Siswa menjawab pertanyaan (halaman 85)
Sikap disiplin peniaian tertulis PKn kelas II
Jadwal piket

Pertemuan 3
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Berdasarkan bacaan (halaman 85-89) siswa membuat tulisan indah tentang sikap disiplin.
Contoh sikap disiplin Penilaian hasil karya PKn kelas II
Jadwal piket

 mengelompokkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Pertemuan 4
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Guru menanyakan sikap disiplin yang dapat dilakukan siswa dalam kegiatan sehari-hari
 Secara bergiliran siswa menyebutkan perbuatan jujur yang pernah dilakukan Sikap jujur Penilaian lisan PKn kelas II
Jadwal piket

Pertemuan 5
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Siswa membaca bacaan tentang contoh-contoh sikap disiplin
 Guru memberikan tugasa PR halaman 89-90

Sikap disiplin Penilaian lisan PKn kelas II
Jadwal piket

Pertemuan 6
Ulangan harian (menjawab pertanyaan halaman 89)










Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas




Rofi Badari
NIP. 197804062005011010

SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II

TEMA : MAKANAN

Mata Standar Kompetensi Indikator Pengalaman Belajar
Materi
Pokok Alokasi
Waktu Penilaian Sarana
& Sumber
Pelajaran Kompetensi Dasar
B.Indonesia Berbicara Pertemuan 1
 Mengungkapkan secaralisan beberapa informasidengan Mendeskripsikan benda dan cerita







 Menceritakan kembalicerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri







 Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimatatau kata-kata sendiri

 Menyebutkan kata-kata untuk bertanya





 Guru menugaskan siswa untuk membaca cerita yang berjudul "Makanan"
 Siswa diminta untuk menceritakan kembalicerita tersebut dengan kalimat atau kata-kata sendiri
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cerita tersebut
 Guru menjelaskan kata-kata yang digunakan untuk bertanya
 Siswa mengerjakan LB 1
 Memberikan tugas LB 2 Cerita










16 jam
8 kali pert
emuan








Lisan
Tertulis









KTSP
Buku panduan tematik
Cerita ber
judul "makan-
an"



Pertemuan 2
 Menggunakan kalimattanya untuk menanyakansesuatu kepada orang lain



 Guru menunjukan gambar percakapan yangbelum selesai
 Siswa diminta untuk melengkapi percakapan tersebut
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab menggunakan kalimat tanya
 Siswa mengerjakan LB 3 Melengkapi Percakapan













Tertulis






Gambar seri







Mendengarkan Pertemuan 3
 Memahami pesan pendekdan dongeng yang dilisankan


 Menceritakan kembali isidongeng yang didengarnya



 Menyebutkan peristiwayang dialami dilingkungan



 Guru membacakan percakapan berjudul "Dirumah makan"'
 Siswa diminta untuk menceritakan tentang makanan yang disukai
 Siswa mengerjakan LB 4 Percakapan









Tertulis
Lisan


gambar
macam-macam makanan









Pertemuan 4
 Menyebutkan orang yang terlibat dengan peristiwa tertentu



 Guru menceritakan gambar berseri pengalaman Didi dan Uun ketika berlibur sekolah
 Siswa mencerikan kembali didepan kelas
 Siswa menceritakan pengalamannya ketikaberlibur sekolah
 Siswa mengerjakan LB 5 cerita











Lisan
Tertulis




gambar
berseri






Menulis Pertemuan 5
 Menulis permulaan dengan mendeskripikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yag rapi
 Menulis kalimat yang di dektekanguru dengan memperhati kapital dan titik dengan rapi
 Guru menunjukan gambar seri yang tersusun secara acak
 Siswa diminta untuk menyusun gambar tersebut dan menceritakan isinya
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang tokoh, waktu, tempat yang ada pada cerita tersebut
 Siswa mengerjakan LB 6 cerita















Lisan
Tertulis






gambar
berseri








Petemuan 6
 Guru menunjukan beberapa kalimat yabg tersusun secara acak
 Siswa diminta untuk menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah cerita
 Guru dan siswa tanya jawab dalam menyusun atau menulis cerita
 Siswa mengerjakan LB 7
 Guru menugaskan siswa untuk menulis cerita tentang pengalamannya
cerita

















Tertulis








gambar
berseri












Membaca Pertemuan 7


 Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati



 Membaca nyaring teks (15-20) kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat



 Menjelaskan secara runtut peristiwa yang dialalami / waktu, tempat, dankejadian dengan bahasayang mudah dipahami


 Siswa diminta untuk membaca cerita tentang pengalamannya
 Guru dan siswa tanya jawab tentang tokoh,waktu, tempat yang ada dalam cerita

 Latihan ulangan semester II Cerita







Lisan




Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 6

Matematika Geometri dan pengukuran Pertemuan 1

 Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana






*Mengenal sudut-sudut
bangun datar





• Menentukan unsur-unsur bangun datar yaitu sisidan sudut




 Guru menjelaskan macam-macam bangundatar melalui cerita bergambar
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang macam-macam bangun datar
 Guru menjelaskan unsur-unsur bangun datar
 Siswa mengerjakn LM 1 dan LM 2
 Memberikan tugas LM 3 Bangun datar






16 jam
8 kali per
temuan




*Tertulis






*Cerita gam
bar
*Macam-ma
cam bangun
datar



Pertemuan 2
• Menunjukan jumlah sudut suatu bangun datar  Guru menunjukan gambar bangun datar yangterdiri dari garis-garis putus dan titik-titik
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara menggambar bangun datar yangterdiri dari garis-garis putus dan titik-titik
 Siswa menghitung jumlah sudut bangun datar yang digambar
 Siswa mengerjakan LM 4
 Siswa mengerjakan tugas LM 5 Bangun datar













*Tertulis






*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
Papan berpaku





Pertemuan 3
 Guru menjelaskan cara menggunakan bangun datar pada kertas berpetak
 Guru dan siswa melakukan tanya jawabtentang cara menggambar bangun datar padakertas berpetak
 Siswa mengerjakan LM 6 dan LM 7
 Memberikan tugas LM 8 Bangun datar













*Tertulis






*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Buku petak



Pertemuan 4
• Membuat bangun segitiga, segiempat, persegi dan persegi panjang dengan ukuran tertentu




 Guru menunjukan langkah-langkah menggambar dan membuat segitiga denagan ukurantertentu
 Guru menugaskan beberapa orang siswa untuk menggambar segitiga dengan ukuran tertentu dipapan tulis
 Siswa mengerjakan LM 9
 Guru menugaskan siswa membawa stik es crem
Bangun datar

















*Tertulis








*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Lidi






Pertemuan 5
 Guru menunjukan langkah-langkah menggambar dan membuat persegi denagan ukurantertentu
 Guru menugaskan beberapa orang siswa untuk menggambar segitiga dengan ukuran tertentu dipapan tulis
 Siswa mengerjakan LM 10
 Guru menugaskan siswa membawa sedotan Bangun datar













*Tertulis






*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Stik es






Pertemuan 6
 Guru menunjukan langkah-langkah menggambar dan membuat persegi panjang dengan ukuran tertentu
 Guru menjelaskan mana yang disebut panjang dan lebar
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara menggambar dan membuat persegi panjang
 Siswa mengerjakn LM 11
Bangun datar



















*Tertulis









*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Sedotan



Pertemuan 7
 Bermain tangram siswa dibagi kedalam 4 kelompok masing- masing kelompok harus menyusun tangram menjadi beberapa bentuk bangun yang berbeda
 Guru menugaskan beberapa orang siswa untuk melipat kertas dengan cara yang berbeda
 Siswa mengerjakan LM 10 dan LM 11
Bangun datar







*Tertulis



*Macam-ma
cam bangun
datar
*sapu tangan
*tangram

Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 6

IPA Bumi dan alam semesta Pertemuan 1
4 Memahami peristiwa
alam dan pengaruh matah
ari dalam kehidupan seha
ri-hari




4.1 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari




Menceritakan kegunaan
panas cahaya matahari
dalam kehidupan sehari
hari




 Guru menunjukan gambar beberapa kegiatan manusia yang memanfaatkan panasmatahari
 Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan manusia yang memanfaatkanpanas matahari
 Siswa mengerjakan LPA 1
 Memberikan tugas LPA 2
 Guru menugaskan siswa membawa pensilwarna kardus penggaris pensil warna untuk pertamuan akan datang Bumi dan alam
semesta "kegunaan panas dan
cahaya matahari"



8 jam
4 kali pertemuan





*Tertulis
*Keaktifan




*Gambar
pemanfaatan
matahari






Pertemuan 2
Mendeskripsikan pengaruh panas dan cahaya
matahari terhadap
manusia




 Siswa menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi manusia
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang akibat yang terjadi jika panas dan cahayamatahari tidak ada
 Siswa mengerjakan LPA 3 Bumi dan alamsemesta "kegunaan panas dan
cahaya matahari"
(membuat jam matahari)








*Tertulis
*Keaktifan






*Gambar
Pemanfaatan cahaya
matahari
lidi atau batang bambu
Kardus penggaris pensil warna
Pertemuan 3
 Guru menjelaskan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang perbedaan pertumbuhan yang cukup dankurang cahaya matahari
 Siswa mengerjakan LPA 4
 Latihan ulangan semester II Bumi dan alam
semesta "kegunaan panas dan
cahaya matahari"


*Tertulis
*Keaktifan




*Gambar
pemanpaatan
matahari





Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 6

Pertemuan 1
IPS




2 Memahami kedudukan
dari peran anggota dalam
keluarga


2.3 Memberi contoh bentukkerjasama dilingkungan
tetangga


 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja sama dilingkungan tetangga


 Guru menceritkan peristiwa ulang tahun
 Guru menunjukan beberapa gambar paristiwa atau kegiatan yang termasuk kerja samadilingkungan tetangga
 Siswa diminta untuk menceritakan peristiwaulang tahun yang pernah dialami
 Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegiatan manusia yang termasuk kerja sama dilingkungan tetangga
 Siswa mengerjakan LPS 1 Kerjasama




8 jam
4 kali pert
emuan


*Tertulis
*Keaktifan








*Gambar peri
stiwa ulang
tahun








Peretemuan 2
 Guru menunjukan gambar bentuk kerja samadilingkungan tetangga untuk meningkatkan gizi
 Siswa diminta untuk menceritakan gambartersebut Guru dan siswa tanya jawab tentang bentuk
 kerja sama dilingkungan tetangga untuk meningkatkan gizi
 Siswa mengerjakan LPS 2 dan LPS 3
Kerjasama







*Tertulis
*Keaktifan


*Gambar ke
giatan dipos
yandu/puske
smas

 Menyebutkan tindakan yang dilkukan tetangga disaat ada acara di keluarga
Pertemuan 3
 Guru menunjukan 4 cotoh makanan sehat dan bergizi
 siswa diminta untuk menyebutkan makanankesukaannya
 Guru dan siswa melakukan tanya jawabtentang makanan sehat dan bergizi
 Siswa mengerjakan LPS 4 Makanan yang
sehat


*Tertulis
*Keaktifan
*Contoh mak
anan sehat
dan bergizi
Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 6

PKn 4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 4.2 Melaksanakan perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-¬hari

 Membedakan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja
 Menerapkan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari




Pertemuan 1
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Guru menanyakan pengerjaan PR hari sebelumnya
 Guru menanyakan kegiatan siswa dirumah sesudah pulang sekolah
 Guru menanyakan kepada kawan yang lain tentang kegiatan salah satu anak untuk membandingkan kebenaran yang diceritakan anak Kejujuran kedisiplinan 8 jam pelajaran
4 pertemuan





Penilaian proses







PKn kelas II





Pertemuan 2
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
 Siswa membaca bacaan “membantu orang tua di hari libur”
 Siswa menceritakan secara ringkas sesuai judul bacaan
 Siswa lain mendengarkan dan mengoreksi cerita anak.
 Memberikan PR halaman 91 Kejujuran kedisiplinan Penilaian tertulis PKn kelas II

Pertemuan 3
 Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan 3)
 Guru menanyakan PR hari sebelumnya
 Siswa membuat “tulisan indah Manfaat jujur disiplin dan senang bekerja”
 Guru memberikan soal dengan cara kuis (halaman 94-96)
Kejujuran kedisiplinan PKn kelas II

Pertemuan 4
Latihan ulangan semester II  PKn kelas II











Mengetahui
Kepala Sekolah




Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas




Rofi Badari
NIP. 19780406200520011010


5. Seni Budaya






 Mengekspresikanmelalui Seni rupa





 Mengekspresikan diri melalui gambar





 Membuat gambar ekspresi dengan tema imajinatif dengan unsur-unsurrupa dan perpaduannya



Pertemuan 1.
 guru melakukan tanya jawabtentang kegemaran
 Siswa satu persatu menjawabtentang kegemarannya
 Siswa mengerjakan LK 1 sesuai dengan kegemarannya
 Siswa diberi tugas LK 2 dengantema kegemarannya
kegemaran





8 jam
(4 kali per
temuan)





tertulis







KTSP
Buku PanduanTematik
hal 46
Kertas gambar pewarna
























 Membedakan kuat danlemahnya bunyi dengangerakan dan tepukan





Pertemuan2
 Guru mencontohkan sumberbunyi melalui tepukan kedua tangan
 Siswa mengikuti dengan tepuksekuat tenaga, perlahan darikeras lalu melemah
 Siswa secara aktif mencontohkan lagu sumber bunyi
 Siswa mengerjakan LK 5
Bermain dengan bunyi









Proses






Buku Tematik
Hal 49

Anggota tubuh tangan










































 Membedakan menguatdan melemahnya bunyi dengan peragaan gerakandan tepukan


Pertemuan 3
 Siswa mempraktekkan gerakan-gerakan yang menghasilkan suara
 Satu persatu anak mencobamemperagakannya (gerakan kepak kaki, decak lidah bersiul)
 Guru membimbing kegiatan tersebut dengan permainan nada ( 2 kaki, 3 siul, 1 dacak lidah)
Contoh gera
kan











Proses






Buku panduan tematik

Anggota tubuh

 Menyanyikan lagu anakanak dengan iringan alatmusik ritmis




Pertemuan 4
 Guru memotivasi siswa menyebutkan kegemarannya sesuai kegemaran yang anakajukan siswa menyanyikan lagudengan nada dan irama yangbenar
 Siswa menyanyikan lagu padaLK 6 Lagu anak










Proses
Lisan




Buku panduan tematik

Syair lagu anak-anak



5. SBK



 Mengapresiasi karyaSeni Rupa


 Mengidentifikasiunsur seni pada karya seni rupa

 Mengelompokkan berbagai jenis dan sifat bidang tekstur, dan bentukritme keseimbangan dankesatuan Pertemuan 1
 ( Pada pelajaran IPA pertemuan 1 dan 2)



Benda-benda
dilingkungan
sekitar


8 jam
(4 kali per
temuan)


Proses




KTSP
Buku pan
duan














 Membuat gambar ekspresi berbagai objektif imajinatif melalui unsurrupa dan perpaduannyadari alam sekitar

Pertemuan 2.
 Siswa diberikan contoh gambar
 Siswa diminta menggambarkan sesuai tema pada gambar

gambar








tertulis




Alam sekitar






 Menyanyikan lagusesuai tanda dinamik

Pertemuan 3
 ( Pada pelajaran IPS pertemuan 2)
Lagu


Proses

Terpadu ips







 Membedakan gerakanangin sepoi-sepoi dengangerakan angin ribut


Pertemuan 4
 Siswa secara aktif mencontohkan gerakan-gerakan
Gerak alam



Proses

Anak sendiri










SBK Musik Pertemuan 1









 Mengekspresikan dirimelalui seni musik





 Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana



 Melakukan gerak tari dengan iringan atau tepukan







 Guru memberikan contoh nyanyian yang berjudul "Keranjang Sampah"
 Siswa bernanyi sesui dengan yang dicontohkan guru
 Guru dan siswa bernanyi dengan gerakan badan
 Siswa menyebutkan alat-alat kebersihan Siswa mengerjakan LK 1
 Siswa ditugaskan membawa alat-alat untuk membuat kartu ucapan
Bernyanyi gerak lagu








8 jam
4 kali
Pertemuan






Keaktifan









Musik







Pertemuan 2




























 Guru menugaskan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat kartu ucapan
 Guru membimbing siswa membuat kartu ucapan
 Siswa mengerjakan tugas LK 2
 Siswa ditugaskan membawa alat-alat untuk membuat mozaik
Keterampilan













Hasil karya






Pewarna
karton
dll





Pertemuan 3












 Guru menugaskan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat mozaik
 Guru membimbing siswa membuat mozaik
 Siswa mengerjakan tugas LK 3 Keterampilan



Hasil karya



Kertas berwarna
lem,karton
dan gunting
Pertemuan 4
 Mengelompokan dan mengidentifikasi geraktari sesuai keseimbangan pola lantai

 Guru memberikan contoh gerakan-gerakan tubuh
 Siswa mengikuti gerakan tersebut
 Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
 Siswa mengerjakan LK 4, LK 5 dan LK 6 Menari Keaktifan Musik

SBK Musik Pertemuan 1







 Mengekspresikan diri melalui seni musik





 Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringansederhana




 Membedakan kuat danlemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan




 Guru dan siswa bersama-sama menyanyikanlagu yang berjudul "Di Stasiun"
 Guru menjelaskan kosakata yang ada padanyanyian
 Guru dan siswa melakukan tanya jawabtentang bunyi yang ada di stasiun
 Siswa mengerjakan LK 1 Menyanyikan
lagu di stasiun





8 Jam
4 kali perte
muan




Keaktifan






Lagu di
stasiun






Pertemuan 2
 Guru memberikan contoh bunyi
 Siswa mengamati contoh kuat lemahnyabunyi
 Siswa mengerjakan LK 2 Bunyi Tertulis Benda bunyi
Pertemuan 3
 Mengidentifikasi keseimbangan pola lantai  Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
 Siswa membentuk pola lantai yang sudah disediakan oleh guru (contoh polalingkaran)
 Siswa mengerjakan LK 3 Gerak tubuh Keaktifan Tarian
Pertemuan 4
TES PERAKTEK




SBK Seni Rupa Pertemuan 1
*Mengekpresikan diri melalui seni rupa *Mengerjakan diri melaluigambar dan ekspresi *mengelompokan berbagai jenis dan sifat bidangtekstur dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan










 Guru menunjukan berbagai macam jenismakanan
 Guru dan siswa menyanyikn lagu yang berjudul "empat sehat lima sempurna"
 Siswa diminta untuk menyebutkan tekstur makanan seperti cair, kental, kenyal, halus, kasar dsb
 Siswa mengerjakan LK 1 dan LK 2
 Guru menunjukan gambar kloase
 Guru menjelaskan langkah pembuatan kolase
 Siswa mengerjakan LK 3
 Guru membimbing siswa membuat kloase
 Siswa ditugaskan untuk membawa alat danbahan membuat anyaman
*Bentuk benda
*Kolase 8 jam
4 kali
pertemuan *tertulis
*Keaktifan
*Contoh macam-macam
makanan
*Alat dan bahan membuat kolase

Pertemuan 2
*Menganyam berbagai
bentuk dua dimensi  Guru menunjukan contoh anyaman
 Siswa mengerjakan LK 4
 Guru membimbing siswa mengerjakan LK 4
 Siswa ditugaskan membawa alat dan bahan pembuatan cat warna
Anyaman
*tertulis
*Keaktifan *Alat dan bah
an membuat
anyaman

Keterampilan Pertemuan 3
*Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan *Menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan yang aman
*Menyiapkan bahan makananan yang aman untuk
pembuatan cat
*membuat cat pewarnadari bahan buatan yang
aman *Memilih bahan buatan
yang dapat dibuat cat
warna
*Menunjukan langkah
langkah pembuatan cat
warna dari bahan buatan
*Mengatur komposisi
bahan dan alat pembuatan
cat warna dari bahan
buatan

*Mendemonstrasikan
cara pembuatan cat war
na dari bahan buatan

*Membuat gambar eksp
resi dengan berbagai
motif
 Guru menjelaskan bahwa warna dapat dicampurkan sehingga menghasilkan warna baru

 Siswa mengerjakan LK 5 (Kelompok 1 didepan kelas )
 Siswa dengan bimbungan guru mengerjakanLK 6 (Kel 2 dan 3 didepan kelas)
 Siswa mengerjakan LK 7 didepan kelas dengan bimbingan guru



Membuat warna
dan cap dari cat
air *Tertulis
*Keaktipn
Alat dan ba
han membuat
warna dan
cap
Pertemuan 4
*Menggerakan tubuh secara spontan mengikuti
bunyi perangsang gerak *Melakukan tarian pend
ek secara perorangan
atau kelompok  guru dan siswa menyanyikan lagu berjudul "Buah apa namanya" dengan tariannya
 Siswa mengerjakan LK 8 Tarian *Keaktifan *Iringan lagu
Pertemuan 2
*Menggerakan tubuh secara spontan mengikuti
bunyi perangsang gerak


*Melakukan tarian pend
ek secara perorangan
atau kelompok
tekstur dan bentuk
ritme keseimbangan dan
kesatuan  guru dan siswa menyanyikan lagu berjudul "Buah apa namanya" dengan tariannya
 Siswa mengerjakan LK 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar