SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA: KELUARGA
Mata Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Alokasi Penilaian Sarana
dan sumber
Pelajaran Waktu
1.Bahasa Indonesia
MENDENGARKAN
Memahami pesan pendek dan dongengyang dilisankan
Menyampaikan pesan pendek yang di dengarnya kepada orang lain
Menceritakan kembali isi cerita dengan kalimat sendiri
Pertemuan 1
Mendengarkan guru membacakan teks cerita "Menjemput kakek dan nenek" dari buku sumber
Siswa membaca cerita dengan ucapan dan intonasi yang tepat
Siswa menceritakan cerita dengan bahasa sendiri
Pertemuan 2
Guru memberikan penjelasan arti kekeluargaan
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang keluarga Teks Cerita
16 jam
( 8 pertemuan )
Penilaian tertulis tentang
cerita yang dibacakan
KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan tematik
gambar Struktur keluarga
BERBICARA
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
Menceritakan tentang keluarga dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
Pertemuan 3
Guru menjelaskan kosakata dalam kotak
Siswa mengerjakan LB1 (mencari kata), LB2. (menyebutkan Silsilah keluarga)
Membantu kegiatan tersebut
Memberikan PR LB3 (Silisilah keluargaku)
Pertemuan 4
Membahas PR kemarin
Siswa mengerjakan LB 4 (Melengkapi Cerita)
Membantu kegiatan tersebut Cerita tentang
keluarga Didi
Penilaian lisan
Buku panduan tematik
Gambar keluarga
MEMBACA
Memahami ragam wacana teks dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
Membaca nyaring teks 15-20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
Membuat kalimat tanya sesuai dengan tujuan pembelajaran
Pertemuan 5
Membaca bersuara bacaan (hal 6) dengan lancar
Siswa bermain peran
Guru bersama siswa membahas kegiatan dengan bergantian mengucapkan kalimat pertanyaan yang dipakai saat bermain
siswa mengerjakan LB 5 (menyampaikan pesan pendek)
Guru membimbing kegiatan siswa Cerita
berdialog
Penilaian tertulis
Bermain peran
Ayah
Ibu
Polisi
Ibu RT
Pak Lurah
Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
Melengkapi kalimat percakapan sesuai dengan pilihan kata yang sesuai
Pertemuan 6
Guru menjelaskan arti kalimat tanya dengan metode tanya jawab
Melalui tanya jawab siswa secara aktif memberikan contoh kalimat tanya
Siswa mengerjakan LB 6 (melengkapi percakapan)
Siswa bersama guru bermain tebak-tebakan LB 7
Siswa mengerjakan PR LB 8 Kata tanya
Kalimat tanya
Penilaian lisan
Buku panduan tematik
MENULIS
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda disekitar dan menyalin puisi anak
Menyalin puisi anakdengan huruf tegak bersambung
Menyusun kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik secara tepat, rapidan mudah dibaca Pertemuan 7
Guru memperkenalkan penulisan huruf kapital dalam kalimat
Guru mendiktekan kalimat yang ditulis pada
Siswa menulis dikte kalimat yang dibacakan guru LB 11
Siswa maju kedepan menulis hasil diktenya
Siswa mengerjakan LB 9
Siswa diberi tugas PR LB 10
pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 1 Lingkungan Sekitar
kalimat yang didiktekan
Penilaian tertulis
Buku panduan tematik
2.Matematika
BILANGAN
Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Membilang perkalian dengan teknik penjumlahan berulang
Pertemuan 1
Melalui gambar, Guru menjelaskan perkalian
Menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang
Pertemuan 2
Guru menjelaskan perkalian melalui media
Guru menceritakan kegiatan perkalian
Siswa mengerjakan LM 1 dan LM 2
Guru membimbing siswa
Memberikan PR LM3
Urutan perkalian
16 jam
( 8 pertemuan )
Penilaian
proses
KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan
kerikil dan gelas dan ranting kering
Menghitung perkalian dengan berbagai teknik.
Pertemuan 3
Menjelaskan penjumlahan yang berkaitan dengan jumlah perkalian
Siswa maju satu persatu mengerjakan perkalian
Siswa mengerjakan LM 4
Guru membimbing siswa
Memberikan PR LM 5
Pertemuan 4
Melalui kelompok, siswa mengerjakan LM 6
Melalui tanya jawab, siswa dapat mengingat jumlah perkalian
Memberikan PR LM 7
Pengenalan prose perkalian dari penjumlahan berulang
Penilaian tertulis
KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan
lembar karya perkalian dari penjumlahan berulang
Menghitung secara tepat perkalian yang hasilnya sampai 100
Pertemuan 5
Menghitung perkalian secara bersama-sama
Guru dan siswa menemukan pasangan bilangan perkalian yang hasilnya diketahui
Siswa mengerjakan LM 8
Guru membimbing siswa
Mengerjakan operasi hitung perkalian
Penialaian proses
Lembar kerja tematik
Memecahkan masalahsehari-hari yang berhubungan dengan perkalian
Pertemuan 6
Menyelesaikan perkalianmelalui teka-teki silang
Siswa mengerjakan LM 9
Guru membimbing siswa
Pertemuan 7
Melalui permainan siswa berkelompok
Siswa mengerjakan LM 10
Guru membimbing siswa
Mengerjakan operasi hitung perkalian
Penilaian tertulis
Lembar kerja tematik
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 1
3. IPA
Energi dan Perubahannya
3 Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya 3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber
energi ( panas, listrik,
cahaya, dan bunyi)
yang ada dilingkung
an sekitar Menyebutkan sumber energi panas yang ada disekitar
Menyebutkan sumber energi bunyi yang ada disekitar
Pertemuan 1.
Guru mencontohkan benda benda yang menghasilkan panas, bunyi dan cahayayang ada dilingkungan sekitar.
Siswa menyebutkan bendayang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya yang adadilingkungan sekitar.
Siswa mengerjakan LPA 1dan LPA 2
Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa Contoh
lingkungan
sekitar
12 jam pelajaran
(6pertemuan)
2 jam
> Proses
> Tertulis
- KTSP
Buku panduan tematik
Benda-benda yang ada di kelas dan sekitar
Menyebutkan sumberenergi cahaya yang ada disekitar Pertemuan 2
Siswa diberikan contoh yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
Siswa meneliti perbedaan yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
Guru menjelaskan ciri-ciri perbedaan yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya
Siswa mengerjakan LPA 3
Guru bersama siswa membahas pengerjaan LPA 3
Benda padat
dan benda cair
Tertulis
Buku panduan tematik
HP, Lampu, Kelas, matahari
Mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar dan energi yang digunakan
Pertemuan 3.
Siswa menyebutkan benda yang ada dilingkungansekitar
Siswa menyebutkan energi yang digunakan
Siswa mengerjakan LPA 4
Siswa diberi menuliskan alat-alat yang dirumah dan energi yang dihasilkan Benda dilingkungan sekitar dan dirumah
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Benda disekitar kelas
(motor, kipas, kompor, senter, matahari, HP, dll)
Mendeteksi alat-alat rumah tangga yang menghasilkan panas,bunyi, dan cahaya
Pertemuan 4
Guru menjelaskan kegunaan benda yang ada dilingkungan sekitar
Siswa diminta kembali menceritakan kegunaan benda dan energi yang digunakan disekitar dan dirumah
Siswa mengerjakan LPA 5
Guru bersama siswa membahasa hasil pengerjaan siswa
Benda dan energi yg digunakan
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Benda disekitar
Pertemuan 5.
Siswa secara bersama-sama menunjukkan sumber energi
Guru menjelaskan sumber-sumber energi
Guru memberikan contohalat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
Siswa secara aktif menyebutkan contoh alat rumah tanggayang menggunakan energi listrik
Siswa mengerjakan LPA 6 Lingkungan
sekitar
2 jam
Tertulis
Buku Panduan tematik
HP, Lampu kelas, terangnya siang hari
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN
4. Pengetahuan Sosial
Memahami kedudukan dari peran angggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
Pertemuan 1
Guru bercerita tentangkeluarga Didi dan Uun, wacanahal. 20
Guru bertanya tentang wacana
Siswa mengerjakan LPS 1 dan LPS 2
Guru membimbing siswa
Pertemuan 2.
Guru menunjukkan contoh foto keluarga inti
Siswa menyebutkan perananggota keluarga
Siswa memperhatikan penjelasan guru
Siswa mengerjakan LPS 3 dan LPS 4 Teks cerita
12 jam
( 6 pertemuan )
Penilaian
proses
KTSP, Panduan kurikulum, Cerita
buku panduan
foto keluarga inti
Menyebutkan hak danperan anggota keluarga
Pertemuan 3
Guru memberikan contohgambar tentang peran anggotakeluarga
Siswa bertanya jawab mengenai materi
Siswa mengerjakan LPS 5 dan LPS 6
Guru membimbing siswa
Peran anggota keluarga
Lisan tertulis
Materi halaman 43 panduan tematik
Siswa bermain peran
Peran anggota keluarga dalam musyawarah keluarga “rencana pergi tamasya”
Pertemuan 4
Guru bercerita tentang kegiatan di keluarga Didi
Siswa memperhatikan cerita
Guru bertanya tentang wacana
Siswa mengerjakan LPS 7dan LPS 8
Pertemuan 5
Siswa dibagi dalam kelompokSiswa bermain peran tentang akibat dari tidak saling menya yangi anggota keluarga
Guru membimbing siswa
Guru menjelaskan perananggota keluarga
Siswa dapat memahami artiperan anggota keluarga
Siswa mengerjakan LPS 9
Guru membimbing siswa
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN 1
5. Seni Budaya
SENI RUPA
Mengapresiasikan karya seni rupa
Mengidentifikasi unsur seni pada karyaseni rupa
Menggambar & Mewarnai gambar
Pertemuan 1.
Siswa dan guru bersama-sama menyanyikan lagu " Aku sayang"pada hal 22
Anak menyanyi dengan dua cara berdehem dan dg lagu
Anak menyanyi secara kelompok beranggotakan 3 anak secara bergantian Menyanyi berdasar not
8 jam
4 kali
pertemuan Penilaian proses
KTSP, Pan duan kurikulum,
buku panduan tematik
Pertemuan 2.
Menyanyi “aku sayang”
Siswa mengerjakan LK 1
Guru memperhatikan aktivitas siswa membantu jika ada kesulitan
Memberikan PR LK 2
Siswa membawa bahan peralatan yang dibutuhkan
Peralatan sederhana
Penilaian proses
LK 1
SENI MUSIK
Mengenal unsur musikmengekspresikan diri
melalui karya seni musik
Mengenal nada Memainkan alat musik sederhana
Menyanyikan laguanak
Memainkan alat musik sesuai sesua motasi
Mempraktekan menyanyikan lagu anak
Pertemuan 3.
Guru dan siswa membahas PR
Siswa diperkenalkan alat musik sederhana
Siswa mempraktekkannya dengan bimbingan guru LK 3
Alat musik sederhana
Penilaian proses
Lonceng kentongan bambu
Pertemuan 4
Terintegrasi pembelajaran SBK pertemuan 3 melalui LK 4 siswa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan
Guru ikut membimbing kegiatan siswa serta membantu siswayang mengalami kesulitan
Membuat boneka kertas
Penilaian proses
Kertas karton dan kertas warna
1.PPKN
3. Menampilkan sikap demokratis 3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah Menyebutkan bermacam kegiatan musyawarah
Mendemonstrasikan kegiatan musyawarah
Memutuskan pendapat hasil musyawarah
Pertemuan 1
Membaca teks "Biasa bermusyawarah, belajar berdemokrasi” (halaman 49-57)
Siswa menyebutkan kegiatan yg dilakukan dalam bacaan
Siswa mengajukan pendapat sesuai dengan bacaan
Siswa siswa membuat rangkuman dari bacaan secara sederhana
Guru membimbing siswa dalam membuat rangkuman sederhana
Guru memberikan PR (halaman 58)
Pertemuan 2
Guru memeriksa hasil pengerjaan PR pertemuan sebelumnya
Siswa membaca bacaan (halaman 51-57)
Siswa melakukan permainan bermain peran
Guru mengarahkan proses musyawarah yg dilakukan siswa
Ketua membacakan hasil musyawarah
Siswa mengajukan pendapat dari hasil musyawarah
Siswa menulis hasil musyawarah dan menempelkan di papan pajangan
Guru memberikan Pr (halaman 58) Musyawarah
demokrasi
12 jam
( 6 perte-
muan )
Penilaian hasil tugas
Penilaian proses
KTSP, Panduan kurikulum, PKn SD/MI kelas II
Siswa “Bermain peran sesuai bacaan”
Siswa “bermaian peran kedua kegiatan musyawarah kelas”
Pertemuan 3
Guru membahas PR siswa
Siswa musyawarah penyusunan jadwal piket siswa
Pengurus kelas baru melaksanakan tugas sesuai tugasnya
Menuliskan hasil musyawarah dan menempelkan hasil
Membaca bacaan
Siswa menjawab pertanyaan
Guru memberikan tugas PR membuat ringkasan sederhana
Musyawarah
demokrasi
Penilaian proses
Siswa “bermaian peran kedua kegiatan musyawarah kelas, menyusun jadwal piket dan atruan kelas”
Pertemuan 4
Guru membahas PR siswa
Siswa membaca dan memperhatikan pembacaan dari kawan yang lain 60
Guru mengajukan pertanyaan seputar bacaan
Siswa mejawab pertanyaan kuis seputar bacaan
Membahas jawaban siswa
Memberikan PR
Musyawarah
demokrasi
Penilaian tertulis
PKn SD/MI kelas II
Memberi pertimbangan atas hasil musyawarah
Pertemuan 5
Guru membahas PR siswa
Membahas proses pemilihan kelas yang pernah dilaksanakan
Mencari peranan masing masing jabatan
Menyebebutkan tugas tiap jabatan
Menceritakan proses pemilihan ketua kelas
Musyawarah
demokrasi
2 jam pelajaran
( 1 pertemuan )
PKn SD/MI kelas II
Pertemuan 6
Ulangan harian
Mengetahui
Kepala Sekolah
Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas
Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA: KEGEMARAN
Mata Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Pokok Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Waktu dan sumber
1. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
Memahami pesan
pendek dan dongeng
yang dilisankan
Menceritakan kembali isi dongeng yang
didengarnya.
Menyebutkan kosa-kata baru yang belum dikenal dari cerita sederhana yang didengar anak
Pertemuan 1
Guru menempelkan gambaryang berisi tentang keadaan ditoko buku
Secara seksama siswa memperhatikan cerita yang dibacakan guru
Siswa dan guru tanya jawabmengenai cerita
Siswa menjawab pertanyaan hal 28 buku panduan tematik
Guru membimbing siswa
Menyimpulkan bersama-sama
Guru memberikan PR LB 1
Teks Cerita
16 jam
( 8 perte-
muan )
2 jam
Proses
Tertulis
KTSP, Buku Panduan Tematik
Gambar keadaan toko buku
Pertemuan 2
Guru memeriksa pengerjaan PR LB 1
Guru memotivasi siswa saling tanya jawab mengenaimateri
Guru menjelaskan kosakatayang terdapat pada cerita “ibu gemar memasak, kegemaran didi” (hal.44 -45)
Siswa menyebutkan kosakata baru.
Guru membimbing siswa
Siswa dan guru sama-samamembahas tentang cerita yang dipelajari
Teks Cerita
2 jam
Tertulis
Buku Panduan Tematik
Menceritakan kembali
cerita anak yang didengarkan dengan
menggunakan kata- kata sendiri
Menjawab pertanyaan
sesuai isi cerita
yang didengarkan
Pertemuan 3.
Guru memotivasi siswa untukmempunyai kegemaran
Siswa memilih kegemaran yangada dalam materi hal 29
Siswa satu-persatu maju kedepan untuk menceritakan kegemarannya.
Guru memperhatikan kegiatan
Gambar macam-macam
kegemaran
2 jam
Proses
Gambar kegiatan hoby
Berbicara Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan
bercerita
Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan
mengggunakan kata
kata sendiri
Menceritakan kembali
dengan menggunakan
kata-kata sendiri
Pertemuan 4.
Guru menunjukan gambaryang bemacam hewan yang berjalan dan berenang
Siswa mengerjakan LB 3
satu-persatu menceritakan ciri hewan dengan bahasa sendiri
Guru memberikan tugas LB 4
Guru membimbing siswa
Guru memberikan tugas PR LB 5
Menceritakan ciri-ciri hewan
2 jam
Tertulis
Gambar hewan
Membaca
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
Membaca nyaring
teks (15-20 kalimat)
dengan memperhatikan
lafal dan intonasi yang
tepat
Membaca teks cerita
dengan lafal dan intonasi
yang tepat
Pertemuan 5.
Guru menceritakan ” kegemaran didi”
Siswa diminta menceritakankembali cerita yang dibacakanguru
Siswa satu-persatu di tes membaca cerita dengan lafaldan intonasi yang tepat
Guru bersama siswa bermain tebak-tebakan pada LB 6
Guru memberikan PR LB 7
Cerita kegemaran
2 jam
Proses
Tertulis
Lisan
Lembar cerita dari buku
Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan benda disekitar
dan menyalin puisi
anak
Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak
bersambung
Menyebutkan ekspresi
emosional yang diketahui
Pertemuan 6.
Siswa secara rapi membuatkelompok
Siswa diminta menunjukan ekspresi emosiona sesuai gambar (hal 30-31)
Guru membimbing siswa
Gambar ekspresi
2 jam
Tertulis
Proses (aktifitas siswa)
Siswa sendiri
Membedakan ekspresi
emosional tertentu (marah,
senang, sedih, terharu,
dan lain-lain)
Pertemuan 7.
Guru memotifasi siswa untukmenyebutkan kegemarannya
Siswa saling tanya jawab mengenai kegemaran
Siswa menceritakan gambar (hal 32)
Siswa satu-persatu menceritakan hasil ceritanya denganekspresi
Secara bersama-sama membahas materi
Guru memberkan PR LB 8.
Cerita
2 jam
Proses
Tertulis
Gambar kegiatan hoby
Pertemuan 8.
ULANGAN HARIAN II 2 jam Tertulis
2.Matematika
Bilangan
Melakukan perkalian
dan pembagian sampai
dua angka
Melakukan pembagian bilangan dua angka
Menghitung pembagian bilangan duaangka
Pertemuan 1.
Guru menceritakan cerita"Didi yang menyukai rambutan"
Guru memperlihatkan buahrambutan yang banyaknya 21buah
Siswa diminta membagikanke 3 orang
Guru membimbing siswa
Cerita
16 jam
( 8 perte-
muan )
Proses
Buku Panduan Tematik
Kartu gambar rambutan
Pertemuan 2,
Guru dan siswa melakukantanya jawab tentang pembagian
Guru menjelaskan cara pembagian
Siswa satu persatu diminta mengerjakan soal yang ada dipapan tulis
Siswa mengerjakan LM 1 danLM 2
Guru membimbing siswa pembagian
2 jam
Proses
Tertulis
Kartu gambar rambutan
Kerikil
Pertemuan 3.
Guru menceritakan "Ibu yanggemar membuat kue"
Guru memberikan penjelasanarti pembagian
Siswa mengerjakan LM 3,LM 4, LM 5
Sama-sama membahas evaluasi
Siswa diberi PR LM 6
Cerita
2 jam
Tertulis
Gambar kue
Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk
pembagian dan sebaliknya
Pertemuan 4.
Guru menceritakan "Didiyang gemar mengamati hewandan tumbuhan"
Guru mengingatkan kembalipada materi perkalian yang sudahdipelajari sebelumnya
Siswa diminta mengalikanbeberapa angka
Siswa membagiakan perkalian tersebut
Guru menjelaskan perkalianmenjadi pembagian dan sebaliknya
Siswa mengerjakan LM 7
Siswa diberi tugas LM 8
Perkalian
hal.38-39
2 jam
Proses
Tertulis
Kartu gambar rambutan
Kerikil
Pertemuan 5.
Siswa membahas PR LM 8
Siswa diminta mengerjakansatu-persatu pembagian secaraindividu
Guru menjelaskan pembagian Pembagian
2 jam
Proses
Kartu gambar rambutan
Kerikil
Melakukanoperasi hitung pembagian
Bilangan dua angka
Pertemuan 6.
guru menempelkan pembagian dari 1 sampai 10
Siswa menuliskan pembagian
Siswa satu persatu di tespembagian Pembagian
2 jam
Lisan
Kartu pembagian
Pertemuan 7.
Guru menjelaskan pembagian bilangan
Siswa mengerjakan pembagian
Guru membimbing siswa
Sama-sama membahas pembagian
Pembagian
2 jam
Tertulis
Lembar operasi pembagian
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN II 2 jam
3. IPA
Energi dan Perubahannya
3 Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya 3.1 Mengidentifikasi
sumber-sumber
energi ( panas, listrik,
cahaya, dan bunyi)
yang ada dilingkung
an sekitar Menunjukkan sumberpanas yang ada disekitar
Pertemuan 1.
Guru mencontohkan bendabenda yang dapat menghasilkan cahayayang adadilingkungan sekitar.
Siswa menyebutkan bendamenghasilkan cahayayang adadilingkungan sekitar.
Siswa mengerjakan LPA 1
Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa
Energi cahaya di lingkungan
sekitar
12 jam pelajaran
(6 pertemuan)
2 jam
> Proses
> Tertulis
KTSP
Buku panduan tematik
Benda yang menghasilkan cahaya yang ada di kelas dan sekitar
Pertemuan 2
Siswa diberikan contoh benda menghasilkan cahaya
Siswa meneliti benda yang menghasilkan cahaya
Guru menjelaskan manfaat benda yang menghasilkan cahaya
Siswa menyebutkan kegunaan benda yang menghasilkan cahaya
Siswa mengerjakan LPA 2
Siswa diberi tugas mencari gambar dan energi yang dihasilkan
Benda yang menghasilkan cahaya
Tertulis
Buku panduan tematik
Kelas saat belajar
Mengidentifikasi benda-benda yang ada disekitar dan energi yang digunakan
Pertemuan 3.
Siswa menyebutkan benda yang menghasilkan cahaya dan sumbernya dilingkungansekitar
Siswa mengerjakan LPA 3
Siswa dan guru sama-sama membahas pengerjaan LPA 3
Guru menjelaskan kegunaan benda yang ada dilingkungan sekitar
Siswa diminta kembali menceritakan kegunaan benda-benda
Benda dilingkungan sekitar
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Benda disekitar kelas
Menunjukkan sumber bunyi yang ada disekitar
Pertemuan 4
Guru memotivasi siswa menyebutkan contoh alat yangmenghasilkan bunyi
Siswa menuliskan dipapan tulis alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi
Siswa mengerjakan LPA 4
Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa
Guru memberikan tugas PR LPA 5 Cara menghasilkan bunyi
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
HP, bel sekolah
Pertemuan 5
Guru membagi kelas dalam 3 kelompok tiap kelompok menuliskan benda penghasil energi (panas, cahaya, bunyi)
Tiap kelompok menunjuk satu wakil untuk membaca hasil
Siswa secara individu mengerjakan LPA 6
Guru memberikan PR LPA 7 Energi panas , cahaya dan bunyi
2 jam
Proses
Tertulis
Buku Panduan tematik
HP, Lampu kelas, terangnya siang hari
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN
4. IPS
Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan
tetangga
Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran
anggota keluarga
Menceritakan pengalaman melaksanakan peran anggota keluarga
Menyebutkan contoh peran anggota keluarga
Pertemuan 1
Guru menceritakan "KeluargaDidi" yang mempunyai peran sendiri
Guru dan siswa tanya jawabmengenai wacana
Siswa diminta menceritakan pengalaman dirumah sebagai
anggota keluarga
Guru membimbing siswa Cerita
16 jam
( 8 perte
muan )
2 jam
Tertulis
Lisan
KTSP
Buku
Panduan
Tematik
Gambar anggota keluarga
Pertemuan 2.
Siswa dimotivasi untuk aktifmemberikan contoh perannyadi keluarga
Guru menjelaskan peran kitasebagai anggota keluarga
Siswa mengerjakan LPS 1
Guru membimbing siswa
Sama-sama membahas
Diberikan PR LPS 2 Contoh peran
2 jam
Tertulis
KTSP
Buku
Panduan
Tematik
Gambar anggota keluarga
Pertemuan 3.
Guru dan siswa sama-samamembahas PR LPS 2
Guru menjelaskan sikap dankewajiban kita sebagai anggotakeluarga
Siswa mengerjakan LPS 3
Siswa diberi tugas PR LPS 4 Kewajiban sebagai anggota keluarga
2 jam
Tertulis
Buku Tematik
hal. 43
Draf kewajiban anak
Gambar anggota keluarga
Pertemuan 4.
Siswa satu-persatu majukedepan untuk menceritakanpengalamannya di keluarga
Guru bertanya kepada muridtentang peran anggota keluarganya
Siswa mengerjakan LPS 5
Peran anggota keluarga
2 jam
Lisan
perbuatan
Buku Tematik
hal. 43
Gambar anggota keluarga
Melaksanakan peran
anggota keluarga kegiatan belajar
Pertemuan 5.
Guru menempelkan gambaryang menceritakan kegiatandalam keluarga
Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok untuk memainkan peran
Guru membantu kegiatantersebut
Siswa dan guru sama-sama membahas
Cerita anggota keluarga
2 jam
Proses
Buku panduan tematik
Bermain peran keluarga (kegiatan bersih bersih rumah)
Pertemuan 6.
Guru menjelaskan pentingnya peran anggota keluarga
Siswa menuliskan peran ayah,ibu, kakak, dan adik
Guru membimbing kegiatantersebut
Siswa dan guru sama-sama membahas peran anggota keluarga
Peran anggota keluarga
2 jam
Perbuatan
Buku panduan tematik
Draf kewajiban anak
Pertemuan 7.
Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
Siswa tiap satu baris menuliskan peran anggota keluarga ( ayah, baris kedua Ibu, barisketiga kakak, baris keempat adik)
Peran anggota keluarga
2 jam
Hasil karya
Buku panduan tematik
Draf kewajiban anak
ULANGAN HARIAN II 2 jam
tertulis
1.PPKN
3. Menampilkan sikap demokratis 3.2 menghargai suara terbanyak (mayoritas)
Menunjukkan sikap menerima kekalahan
Pertemuan 1
Siswa membaca bacaan secara bergantian (halaman 63)
Siswa mendengarkan pembacaan
Guru mengajukanpertanyaan peran tokoh dari bacaaan
Siswa megerjakan PR (halaman 67)
musyawarah 10 jam
( 5 perte
muan )
Penilaian Proses
Penilaian tertulis Pkn Kelas II
Teks cerita
Pertemuan 2
Siswa membuat resume bacaan terkait peran
Bermain peran siswa musyawarah penyusunan tugas pengurus kelas
Guru mengarahkan proses penyusunan tugas pengurus kelas
Pengurus baru membacakan susunantugaspengurus kelas
Musyawarah
2 jam Penilaian proses Pkn Kelas II
Siswa dalam satu kelas
Lembar susunan tugas pengurus kelas
Membiasakan menghargai suara terbanyak
Pertemuan 3
Pengurus baru menyampaikan program kerja secara lisan di depan anggota kelas
Siswa lain mencatat program kerja tiap seksi
Guru menanyakan pada anggota tentang tugas beberapa seksi pengurus kelas baru
Pembentukan pengurus kelas baru 2 jam Penilaian proses Pkn Kelas II
Lembar pengumuman
Pertemuan 4
Siswa membaca bacaan halaman 69
Siswa lain mendengarkan
Guru membagi kelompok dengan anggota 4 anak (lagu kalau kau suka hati)
Kelompok menulis indah dengan kertas cara menghargai kelompok .
Siswa menilai hasil kerja kelompok dan menempilkan di papan pajangan kelas.
Menghargai suara terbanyak (votting) 2 jam Penilaian perbuatan Pkn Kelas II
Lembar votting pemungutan suara
Pertemuan 5
Ulangan harian
2 jam
Penilaian tertulis
Mengetahui
Kepala Sekolah
Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas
Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA: LINGKUNGAN
Mata Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Pokok Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Waktu dan sumber
1. Bahasa
Indonesia Mendengarkan
Memahami pesan
pendek dan dongeng
yang dilisankan
Menceritakan kembali isi dongeng yangdidengarnya
Menceritakan kembali
cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri
Pertemuan 1.
Guru memberikan contoh-Contoh gambar tentang lingkungan yang terdiri dari lingkunganbuatan dan lingkungan alam
Siswa dan guru tanya jawab mengenai lingkungan
Guru menjelaskan macam-macam lingkungan
Siswa mengerjakan LB 3
Guru memberikan PR LB 1 dan 2 > Gambar ling-
Kungan alam dan buatan
16 jam
( 8 pertemuan)
2 jam
> Tertulis
> Proses
> KTSP
> Buku panduan
tematik
> Gambar lingkungan alam dan buatan
>Buku tematik
hal 53
Pertemuan 2,
Siswa dan guru sama-samamembahas PR LB 1 dan 2
Siswa secara aktif menyebutkan contoh lingkungan alam danlingkungan buatan
Siswa menuliskan cerita tentanglingkungan alam sekitar rumah
Siswa menceritakan kembalisecara satu persatu didepan kelas Lingkungan
sekitar
2 jam
> Tertulis
> Proses
> Buku panduan
tematik
> Gambar lingkungan alam dan buatan
Berbicara
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan
menggunakan kata-
kata sendiri
Menyebutkan peristiwa
yang dialami dilingkungan
Pertemuan 3.
Guru memberikan contohgambar tentang berbagai macam peristiwa terjadi di lingkungansekolah
Siswa dan guru tanya jawab mengenai peristiwa yang adapada gambar
Siswa dapat menyebutkan peristiwa apa yang terjadi padagambar
Siswa mengerjakan LB 4
Guru memberikan PR LB 5
Peristiwa alam sekitar
2 jam
> Tertulis
> Proses
- Buku Panduan tematik
- Gambar peristiwa alam (bencana alam, banjir dll)
- Buku tematikhal 54
Pertemuan 4
Siswa dan guru sama-samamembahas PR LB 5
Siswa diperlihatkan contohperistiwa yang berseri
Guru menjelaskan mengenaimateri
Siswa menyanyi dan mengerjakan LB 6
Peristiwa disekitar
2 jam
Tes tertulis
- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa alam
Membaca
Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca nyaring dan
membaca dalam hati
Pertemuan 5,
Membaca nyaring
teks ( 15-20 kalimat)
tepat
Menjelaskan secara
urut peristiwa yang -
diala mi, (waktu
tempat,dan kejadian)
dengan bahasa
yang mudah dipahami Siswa diberikan teks ceritayang berdasarkan peristiwa
Siswa secara satu persatumembaca cerita dengan bimbingan guru
Guru menjelaskan tentang peristiwa
Siswa mengerjakan LB 7
Guru membimbing siswa
Siswa dan guru sama-samamembahas Teks cerita tentang peristiwa
2 jam
> Proses
> Tertulis
- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa alam
Pertemuan 6
Guru memberikan gambaryang sudah diacak
Siswa menyusun kembaligambar peristiwa
Siswa mengerjakan menuliscerita berdasarkan gambar dariguru
Siswa menyusun peristiwa (hal 54) Peristiwa
2 jam
> Proses
> Tertulis
- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa alam
Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan
benda disekitar dan
menyalin puisi
Menuliskan mahluk
hidup disekitar secara sederhana dengan
bahasa tulisan
Menyebutkan orang yang
terlibat dalam peristiwa
yang dialami
Pertemuan 7.
Siswa bergantian membaca dengan senang ( Kerja Bakti) (hal 55)
Siswa menyebutkan apa dan siapa saja yang terlibat padacontoh peristiwa.
Siswa menjawab pertanyaan halaman 56
Guru dan siswa sama-sama membahas hasil pengerjaan siswa Rangkaian gambar peristiwa
2 jam
Proses
Tertulis
- Buku Panduan tematik
- Gambar seri peristiwa
ULANGAN HARIAN 3
Matematika
Bilangan
Melakukan perkalian
dan pembagian sampai
dua angka Melakukan pembagian bilangan dua
angka Menghitung fakta pembagian sampai 50 denganberbagai cara Pertemuan 1.
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
Guru membagikan pada siswa 4 gelas plastik dan 16 buahkancing
Siswa diberi tugas melakukanpembagian dengan melihat soal
Siswa tanpa dijelaskan pembagian melakukan pembagian sendiri ( baik dikurang atau dengan langsung dibagi)
Siswa mengerjakan LM 1
Siswa diberi tugas PR LM 2 Menyelesaikan pembagian melalui cerita berkaitan pembagian
16 jam
( 8 pertemuan)
2 jam
> Tertulis
> Proses
- KTSP
- Buku panduan tematik
- Gelas
- Kancing (dapat diganti dengan kerikil)
- siswa
Pertemuan 2.
Siswa secara bersama-sama membahas PR
Siswa memperhatikan penjelasan dari guru mengenai pembagian
Siswa satu persatu kedepan untuk melakukan pembagian
Siswa mengerjakan LM 3
Siswa diberi tugas PR LM 4 Pembagian
2 jam
Proses
Pembagian
- Buku panduan tematik
- Gelas
- Kancing (dapat diganti dengan kerikil)
Pertemuan 3.
Siswa dan guru secara bersama-sama membahas PR
Siswa dan guru secara bersama-sama menghitung pembagian dari 1 - 25
kemudian siswa satu persatumaju kedepan untuk menghitungpembagian dari 25-50 Pembagian
2 jam
Proses
- Buku panduan tematik
- Kerikil , potongan ranting
- Gambar pembagian
Pertemuan 4
Guru membagi siswa berkelompok
Guru memberikan pemaha man mengenai pembagian
Guru memberikan evaluasisoal pembagian pada siswa Konsep Pembagian praktis
2 jam
Tertulis
- Buku panduan tematik
- Siswa sekelas
Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian oleh bilangan 2
sampai 50
Pertemuan 5
Siswa diberi media untuk menghitung perkalian secaracepat
Siswa secara aktif menyebutkan hasil perkalian
Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
Siswa mengerjakan LM 5
Siswa diberi tugas PR LM 6
Perkalian
2 jam
Proses
Tertulis
- Buku panduan tematik
- Jari jemari
Pertemuan 6
Siswa secara bersama - sama membahas PR LM 6
Guru menjelaskan cara menghitung perkalian dan pembagiansecara cepat
Siswa mengerjakan LM 7 dan LM 8
Siswa diberi PR LM 9 Pembagian dan Perkalian
2 jam
Tertulis
- Buku panduan tematik
- Jari jemari
Pertemuan 7.
Siswa secara bersama-samamembahas PR
Guru membimbing siswa menghitung perkalian dan pembagiansecara cepat
Siswa mengerjakan LM 10dan LM 11
Siswa diberikan tugas LM 12dan LM 13 Pembagian dan Perkalian
2 jam
Tertulis
- Buku panduan tematik
- Jari jemari
ULANGAN HARIAN 3 2 jam
3. IPA Energi dan Perubahannya
3. Mengenal berbagai
sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya 3.2. mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
Menyebutkan beragamjenis benda dan energi yang digunakan dirumah
Pertemuan 1.
Guru mencontohkan bendadan energi yang digunakan (energi listrik)
Siswa menyebutkan bendayang menggunakan energi listrik yang digunakandirumah
Siswa mengerjakan LPA 1
Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan siswa
Energi listrik
12 jam pelajaran
(6 pertemuan)
2 jam
> Proses
> Tertulis
KTSP
Buku panduan tematik
Gambar Benda yang ada disekolah dan dirumah kliping siswa
Pertemuan 2
Siswa diberikan contoh benda menggunakan energi listrik
Siswa meneliti benda yang menggunakan energi listrik dan energi yang dikeluarkan
Guru menjelaskan manfaat benda dan kegunaan.
Siswa mengerjakan LPA 2
Guru memberikan tugas pada siswa uk membawa mainan senter yang menggunakan energi listrik
Benda yang menghasilkan panas
Proses
Tertulis
Buku panduan tematik
HP, Solder
Mengidentifikasi benda dan energi yang digunakan
Pertemuan 3.
Siswa dan guru membahas tugas pertemuan sebelumnya
Siswa mengidentifikasi benda-benda dan energi yang digunakan
Siswa mengerjakan LPA 3
Guru memberikan PR LPA 4
Benda dan energi yang digunakan
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Benda disekolah
Mainan dan senter
Mengidentifikasi caramenghemat energi Pertemuan 4
Siswa dan guru sama-sama membahas PR LPA 4
Guru menjelaskan kegunaan energi bagi kehidupan dan cara untuk menghematnya
Siswa diminta kembali menceritakan kegunaan benda benda dan cara menghematnya
Siswa mengerjakan LPA 5
Memberikan PR LPA 6
Benda dan kegunaan
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Benda disekitar
Pertemuan 5
Guru membahas PR LPA 6
Guru memotivasi siswa menyebutkan contoh alat yangmenggunakan energi listrik dan menyebutkan cara menghematnya
Siswa mengerjakan LPA 7 Contoh energi
panas
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Komputer HP kipas angin senter mobil dll
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN 3
2. IPS 2 Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
2.1 Memberi contoh
bentuk-bentuk kerja
sama dilingkungan
tetangga
- Menyebutkan lingkungan sebagai tempat keberadaan anggota keluarga
Pertemuan 1
Siswa diberikan contohgambar lingkungan buatan danlingkungan alam
Guru menceritakan "keluargaDidi"
Siswa tanya jawab tentang wacana
Siswa mengerjakan LPS 1 Lingkungan alam dan lingkungan buatan
16 jam
( 8 perte-
muan )
2 jam
Proses
Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan
Pertemuan 2.
Siswa diberikan contoh gambar lingkungan buatan
Guru menjelaskan terjadinyalingkungan buatan
Guru menjelaskan keadaanlingkungan tersebut
Siswa mengerjakan LPS 2
Guru dan siswa membahas
Siswa diberi tugas LPS 3 Gambar lingkungan
2 jam
Tertulis
Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan
- Menceritakan keadaanlingkungan alam dan buatan disekitar rumah Pertemuan 3
Guru menceritakan keadaanlingkungan alam dan lingku ngan buatan disekitar tempat tinggal keluarga
Guru memberikan contoh lingkungan buatan
Siswa menyebutkan contoh lingkungan buatan di lingkungan sekitar keluarga
Siswa mengerjakan LPS 4 Lingkungan
sekitar
2 jam
Tertulis
Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan
Pertemuan 4
Siswa diberikan contoh gambar lingkungan alam
Guru menjelaskan terjadinyalingkungan alam
Guru menjelaskan keadaanlingkungan alam
Siswa mengerjakan LPS 5 Gambar alam
2 jam
Tertulis
Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan
Pertemuan5
Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
Siswa dibawa observasi kelingkungan setempat
Siswa menuliskan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan
Guru menjelaskan materi
Siswa mengerjakan LPS 6 Lingkungan
sekitar
2 jam
perbuatan
Buku Panduan tematik
Gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan sekitar kelas
Menyebutkan lingkungan tetangga tempat keluarga berada Pertemuan 8.
Guru bercerita tentang "Keluarga Didi yang bertetangga"
Siswa dan guru tanya jawab mengenai cerita
Guru menjelaskan arti bertetangga
Siswa mengerjakan LPS 7 Tetangga sebagai keluarga dekat kita
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Gambar rumah dan tetangga
Pertemuan 7
Guru melakukan tanya jawab mengenai materi
Siswa diberi penjelasn mengenai susunan aparat di rukuntetangga
Siswa menuliskan secaraberurut aparat di dingkungannya
Struktur organisasi RT
2 jam
tertulis
Buku panduan tematik
Gambar struktur organisasi RT
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 3
1.PPKN
3. Menampilkan sikap demokratis 3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan Membiasakan diri menerima pengurus kelas baru
Menyadari kesalahan dan bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukan Pertemuan 1
Guru mengawali kegiatan belajar dengan memusyawarahkan siapa yang memimpin doa anak menunjuk dan memilih (Langkah 1)
Siswa menyebutkan tugas sesuai dengan pengurus kelas
Guru menanyakan tugas piket sesuai jadwal. (Langkah 2)
Guru meminta siswa melaporkan secara lisan pelaksanaan tugas pengurus kelas(Langkah 3)
Bersikap lapang dada 8 jam pelajaran
(4 pertemuan)
2 jam Proses PKN II
Lembar susunan pengurus kelas
Pertemuan 2
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Menyampaikan secara lisan pendapat terhadap pelaksanaan tugas kelas Bersikap lapang dada 2 jam Lisan PKN II
Lembar susunan pengurus kelas
Pertemuan 3
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Menyampaikan secara lisan pendapat terhadap pelaksanaan tugas kelas
Tugas membaca bacaan bersikap lapang dada (hal 70)
Mengerjakan PR (halaman 71) Bersikap lapang dada 2 jam Lisan PKN II
Lembar susunan pengurus kelas
Pertemuan 4
Ulangan harian 3
(soal halaman 72-74) 2 jam Tertulis
Mengetahui
Kepala Sekolah
Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas
Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA : KESEHATAN
Mata Standar Kompetensi Indikator Pengalaman Belajar Materi Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Kompetensi Dasar Pokok Waktu & Sumber
B.Indonesia Mendengarkan Pertemuan 1
Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya Menyebutkan watak/ sifat tokoh dari wacana
Guru menunjukan gambar berseri tentang "aku anak sehat"
Siswa menceritakan gambar seri tersebut
Guru bersama siswa menyanyikan lagu "aku anak sehat"
o Guru menjelaskan kosakata yangada pada lagu "aku anak sehat"
o Siswa mengerjakan LB1 Gambar berseri
Teks nyanyian
16 jam
8 kali
pertemuan
2 jam
*Tertulis
*Keaktifan
(proses)
*gambar
berseri
*Teks nyanyian
Aku anak sehat
(Buku panduan tematik hal. 80)
Pertemuan 2
Menceritakan isi dongeng yang didengarnya Memerankan tokoh dalam percakapan se suai dengan ekspresi yang tepat o Guru memberikan contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat
o Guru menugaskan siswa untuk membaca cerita tentang "Piko dan Piki" (Buku panduan tematik Hal 81-82)
o Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang watak tokoh pada cerita
o Guru menjelaskan pengertian watak dengan ciri-cirinya
o Siswa mengerjakan LB 2
o Guru memberikan PR LB 3 *Watak tokoh
cerita
2 jam
*tertulis
*Buku panduan tematik
*gambar
berseri
Berbicara Pertemuan 3
Mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan mengunakan kata-kata sendiri
Menjelaskan pengal
aman yang dialaminya sendiri
Guru menugaskan siswa membacacerita tentang "Didi sakit"
Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai cerita tersebut
o Siswa mengerjakan LB 4
Beberapa siswa maju kedepan untukmenceritakan pengalamannya ketikasakit Menceritakan pengalaman
2 jam
*Tertulis
*Keaktifan
* Buku panduan Tematik
*Gambar anak sakit
Pertemuan 4
Siswa diminta memberikan contoh kalimat
Guru menuliskan kalimat tersebut dengan huruf tegak bersambung
Siswa mengerjakan LB 5
Huruf tegak
bersambung
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Contoh huruf tegak bersambung
Membaca Pertemuan 5
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca nyaring dalam hati Membaca naring te ks (15-20) kalimat
dengan memperhati kan lafal dan intonasi yang tepat Membaca teks percakapan dengan benar
Siswa bersama temanna melakukan tanya jawab tentang kesehatan
Guru menjelaskan macam-macam penyakit
Siswa mengerjakan LB 6 Teks perakapan
2 jam
Tertulis
Keaktifan
(proses)
gambar tempat kesehatan
Buku panduan temtik
Pertemuan 6
Guru menjelaskan tentang pertanyaanpertanyaan tentang kesehatan
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kalimat tanya
Siswa mengerjakan LB 7
Guru bersama siswa membahas hasil pengerjaan LB 7
Guru memberikan PR LB 8
Kesehatan
2 jam
Tertulis
TTS
Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan benda disekitar dan menyalin puisi anak Pertemuan 7
Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak
bersambung
Menulis puisi dengan huruf tegak
bersambung
Guru membahas hasil pengerjaan LB 8
Guru menjelaskan tentang keadaan lingkungan sekitar (bersih/tidak)
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang lingkungan sekitar
Guru menugaskan siswa membuat puisi dengan huruf tegak bersambungtentang kesehatan
Guru membimbing siswa Membuat puisi
2 jam
Tertulis
Puisi dari buku panduan tematik
gambar tempat kesehatan
Pertemuan 8 2 jam
ULANGAN HARIAN 4
Matematika Bilangan
melakukan perkalian
dan pembagian bilangan sampai dua
angka
Melakukan pengura
ngan bilangan
Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan penjumlah
an dan pengurangan
perkalian dan
pembag ian Pertemuan 1
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan penjumlahan
Guru menjelaskan cara menyelesaikan penjumlahan melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan LM 1
Memberikan tugas LM 2 Penjumlahan
16 jam
8 kali pertemuan
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soal cerita
Pertemuan 2
Pengurangan dalam soal cerita
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soal cerita
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pengurangan
Guru menjelaskan cara menyelesaikanpengurangan melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan LM 3
Memberikan tugas LM 4
Pertemuan 3
Penjumlahan
Pengura
ngan
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soalcerita
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan penjumlahan&Pengurangan
Guru menjelaskan cara menyelesaikanpenjumlahan&pengurangan melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan LM 5
Memberikan tugas LM 10
Pertemuan 4
Melakukan perkalian
bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka Menghitung perkalian dengan hasil dua angka
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan perkalian
Guru menjelaskan cara menyelesaikanperkalian melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan LM 6
Memberikan tugas LM 7 Perkalian
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soal cerita
Pertemuan 5
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pembagian
Guru menjelaskan cara menyelesaikanpembagian melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan LM 8
Memberikan tugas LM 9 Pembagian
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soal
Pertemuan 6 Pembagian
perkalian
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soal
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pembagian&perkalian
Guru menjelaskan cara menyelesaikanperkalian&pembagian melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentang
materi yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan soal yang ditulis oleh guru tentang perkalian&pembagiam
Melakukan operasi
hitung
Menyelesaikan operasi hitung dengan benar
Pertemuan 7
Guru membacakan cerita yang berhubungan dengan pembagian&perkalian
penjumlahan dan pengurangan
Guru menjelaskan cara menyelesaikanperkalian&pembagian,penjumlahan danpengurangan melalui cerita
Siswa melakukan tanya jawab tentangmateri yang belum dimengerti
Siswa mengerjakan LM 11 Operasi hitung camp
uran
2 jam
Tertulis
Buku panduan
Tematik
Soal
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 4
IPA
Bumi dan alam semesta Pertemuan 1
4. Memahami peristiwa
alam dan pengaruh mata
hari dalam kehidupan
sehari-hari 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari Mengurutkan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari
Menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari
Guru menceritakan cerita "berjemur" Siswa menceritakan kegiatan yang dilakukan dipagi hari
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegunaan panas dan cahaya matahari
Siswa meceritakan berdasarkan gambar LPA 1
Siswa mewarnai LPA 1 Kegunaan panas dan cahaya matahari
2 jam
Tertulis
Keaktifan
Cerita
berjemur
Gambar ibu menjemur pakaian
Pertemuan 2
Siswa menyebutkan macam-macam olahraga yang dilakukan dipagi hari dilapangan
Siswa menceritakan pengalamannyaberolahraga
Siswa mengerjakan LPA 2
Guru bersama siswa membahas pengerjaan LPA 2 Macam-macam olah raga pagi hari
2 jam
Tertulis
Gambar Macam
macam
olah raga
Pertemuan3
Memperagakan cara
yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari Guru menjelaskan dampak buruk dari cahaya dan panas matahari yang berlebihan
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara melindungi tubuh dari panas dan cahaya matahari
Siswa menyebutkan cara melindungi tubuh dari panas dan cahaya matahari
Siswa mengerjakan LPA 3 Dampak buruk cahaya dan panas matahari
2 jam
Perbuatan
Lisan Gambar topi, payung atap, pohon rindang
Pohon dan tempat teduh di sekolah
Pertemuan4
Guru menjelaskan dampak buruk dari cahaya dan panas matahari yang berlebihan
Siswa menyebutkan perlengkapan yg dapat digunakan untuk melindungi diri dari cahaya matahari
Siswa mengerjakan LPA 4 Alat pelindung cahaya matahari
2 jam
Tulis Gambar topi, payung atap, pohon rindang
Pohon dan tempat teduh di sekolah
Pertemuan 5
Siswa mejelaskan dampak buruk dari cahaya matahari yg berlebihan
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara melindungi tubuh dari panas dan cahaya matahari
Siswa mengerjakan LPA 5 Dampak buruk cahaya matahari
2 jam
Lisan Gambar topi, payung atap, pohon rindang
Pohon dan tempat teduh di sekolah
Pertemuan 6
ULANGAN HARIAN 4 2 jam
Pertemuan 1
IPS 2 Memahami kedudukan
dari peran anggota dalamkeluarga dan lingkungantetangga
2.3 Memberi contoh bentuk
kerjasam dilingkungan
tetangga
Memberikan contoh
cara memelihara dan
menjaga linkungan
alam sekitar rumah
Guru menceritakan lingkungan "Sungai yang bersih"
Siswa menceritakan keadaan sungai yangada dilingkungan mereka
Guru melakukan tanya jawab mengenaicara memeliihara kebersihan sungai
Siswa mengerjakan LPS 1 Cerita sungai
yang bersih
8 jam
4 kali
pertemuan
Tertulis
Lingkungan
sekitar
gambar sungai kotor dan bersih
bandar disekolah
Pertemuan 2
Menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan sekitar
rumah
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan untuk memelihara lingkungan rumah
Siswa menyebutkan kegiatanyang pernah dilakukan dalam menjaga kebersihan lingkungan
Siswa mengerjakan LPS 2
Mengerjakan tugas LPS 3 Kebersihan
lingkungan
2 jam
Tertulis
Lingkungan
sekitar
Pertemuan 3
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja samadilingkungan tetangga
Guru menceritakan cerita yang berjudul"Kerja bakti"
Guru dan siswa melakukan tana jawab tentang macam-macam cara menjaga dan memelihara lingkungan
Siswa menceritakan pengalamanna menjaga kebersihan lingkungan sekitar
Siswa mengerjakan LPS 4 dan LPS 5
Mengerjakan tugas LPS 6 Kerja bakti
2 jam
Tertulis
Pengalaman siswa
Gambar kegiatan gortong royong
Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 4
(soal halaman 72-74) 2 jam
PKn
4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 4.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Pertemuan 1
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Guru guru menjelaskan tentang sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Siswa menyebutkan contoh sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Jujur, disiplin, kerja keras
12 jam pelajaran 6 kali pertemuan
Penilaian proses
Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Laporan pengurus kelas (denda)
Pertemuan 2
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Siswa membaca bacaan “Jujur Mengakui Kesalahan secara bergantian siswa lain mendengarkan” (halaman 77-78)
Guru menanyakan inti cerita pada siswa
Siswa menceritakan sesuai giliran dan kesempatan yang diberikan guru
Siswa menjawab pertanyaan Jujur mengakui kesalahan 2 jam Penilaian sikap
peniaian tertulis Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Laporan pengurus kelas (denda)
Pertemuan 3
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Berdasarkan bacaan (halaman 79-81) siswa membuat tulisan indah tentang sikap jujur.
Secara individual siswa menulis indah sikap jujur
Contoh sikap jujur 2 jam Penilaian hasil karya Pkn II
Jadwal piket
Laporan pengurus kelas (denda)
Contoh tulisan indah
Pertemuan 4
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Guru menanyakan sikap jujur yang dapat dilakukan siswa dalam kegiatan sehari-hari
Secara bergiliran siswa menyebutkan perbuatan jujur yang pernah dilakukan
Sikap jujur 2 jam Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Laporan pengurus kelas (denda)
Pertemuan 5
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Siswa membaca bacaan tentang contoh-contoh sikap jujur
Siswa menyebutkan sikap-sikap jujur
Siswa memberi penilaian terhadap sikap tokoh dari cerita guru
Menilai sikap jujur 2 jam Pkn II
Jadwal piket
Daftar pengurus kelas
Gambar contoh perbuatan
Pertemuan 6
Ulangan harian (menjawab pertanyaan halaman 82) 2 jam
Mengetahui
Kepala Sekolah
Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas
Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA : TEMPAT UMUM
Mata Standar Kompetensi Indikator Pengalaman Belajar Materi Alokasi Penilaian Sarana
Pelajaran Kompetensi Dasar Pokok Waktu & Sumber
Bahasa Indonesia
Membaca
Memehami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati
Menyebutkan isi teks (20-25) kalimat yang dibaca didalam hati
Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang
Pertemuan 1
Guru menugasakan siswa membaca ceritadengan lafal dan intonasi yang tepat (BPT Hal. 106-107)
Siswa menjawab paertanyaan tentang cerita" Tempat Umum "
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang macamtempat umum dan kegunaannya yang beradadilingkungan sekitar
Siswa mengerjakan LB 1 Cerita "Tempat Umum"
16 jam
8 kali
pertemuan
2 jam
Tertulis
Cerita pada
buku tematik
buku panduan tematik
Pertemuan 2
Mengajukan
pertanyaan berdasar isi teks
Guru menunjukan gambar macam-macam tempat umum beserta fungsinya
Siswa menceritakan keadaan dan kejadiaanyang sering terjadi disekitar tempat umum
Siswa mengerjakan LB 2
Guru menugaskan membawa 2 contoh gambar tempat umum yang ditempelkan pada LB 3
Siswa diberi tugas untuk membawa karton gunting, dan pewarna.
Cerita "Tempat umum"
2 jam
tertulis
Gambar
tempat umum
Buku panduan tematik
Berbicara Pertemuan 3
Mengungkapkan secara
lisan beberapa informasi
dengan mendeskripsikan
benda dan cerita Menceritakan kembali cerita anak yang didengark
an dengan menggunakan
katakata sendiri Menceritakan isi teks
yang yang dibaca denganmenggunakan kata-kata
sendiri Guru meminta siswa menceritakan kembalicerita tempat umum
Siswa menggambar dan mewarnai rambu-rambu lalu lintas
Guru menunjukan gambar macam-macamrambu-rambu lalu-lintas dan menjelaskanfungsinya
Guru dan siswa tanya jawab tentang rambu-rambu lalulintas
Siswa mengerjakan LB 3 dan LB 4 Contoh rambu-rambu lalulintas
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
Gambar rambu
rambu lalu-lintas
Pertemuan 4
Guru menunjukan gambar percakapan yang belum lengkap
Siswa bersama-sama mencari jawaban untuk teks yang kosong
Siswa memperagakan percakapan sesuaidengan gambar
Siswa ,mengerjakan LB 5
Melengkapi
percakapan
2 jam
Tertulis
Keaktifan
Buku panduan tematik
Gambar per
cakapan
Mendengarkan Pertemuan 5
Memahami teks pendek
dan puisi anak yang dilisankan
Menyampaikan pesanpendek yang didengarnya
pada orang lain
Membaca puisi dengan ekspresi gerak dan mimik muka yang tepat
Guru memberikan contoh membaca puisiyang tepat
Siswa mengikuti membaca puisi sesui yangdicontohkan guru
Siswa mengerjakan LB 6 Mengekpresikan Puisi
2 jam
Keaktifan
(penilaian proses)
Buku panduan tematik
Contoh puisi
Pertemuan 6
Guru menjelaskan cara mengekprsikan kalimat-kalimat puisi
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara mengekpresikan puisi
Siswa menjelaskan puisi dengan kata-katasendiri
Guru membimbing siswa Mengekpresikan Puisi
“Buku panduan tematik hal 109)
2 jam
Lisan
Buku panduan tematik
Puisi berjudul "Dipasar "
Menulis Pertemuan 7
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapicerita dan dikte
Menuliskan kalimat sederhana yang didektakan
guru dengan mengunakan
huruf tegak bersambung
dan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
*Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan
guru secara tepat rapidan mudah dibaca
Guru menceritakan pengalaman ditempatumum sesuai dengan gambar
Guru menjelaskan penggunaan huruf kapital
Guru memberikan contoh penggunaan titikpada kalimat
Siswa menuliskan kalimat yang didiktekanguru
Siswa menceritakan pengalaman ditempatumum
Siswa mengerjakan LB 7 Pengalaman
ditempat umum
2 jam
Tertulis
Buku panduan tematik
“ contoh kalimat benar dan salah”
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 5
Matematika Geometri dan pengukuran
Mengenal unsur-unsur
bangun datar sederhana
Mengelompokan bangun datar
Mengelompokan bangun-bangun datar menurutbentuknya
Pertemuan 1
Guru menceritakan Didi dan keluarganya ditempat umum
Guru menempelkan foto keluarga Didi ditempat umum
Guru menjelaskan macam-macam bentuk bangun datar
Siswa menyebutkan bangun datar yang adapada foto keluarga Didi
Siswa mengerjakan LM 1 dan LM 2
Bangun datar
16 Jam
8 kali pertemuan
Tertulis
Buku panduan tematik
Contoh bangun datar
Permainan tangram
Pertemuan 2
Guru menunjukan contoh bangun dataryang berwarna
Siswa menyebutkan nama-nama bangun datar
Siswa menghitung banyak bangun datar yang dibawa oleh guru
Siswa mengerjakan LM 3 dan LM 4
Guru menugaskan LM 5 Bangun datar
2 jam Tertulis
Gambar bentuk bangun datar
Pertemuan 3
Mengurutkan bangun
bangun datar menurut
ukurannya
Guru mengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok
Guru membagikan bangun datar secaraacak
Siswa mengurutkan bangun datar dari yang terkecil ke yang terbesar dan dari terbesar keterkecil
Guru dan siswa membahas tentang urutan bangun datar
Siswa mengerjakan LM 6 dan LM 7
Memberikan tugas LM 8 dan LM 9 Bangun datar
Tertulis
Contoh bangun datar
Penggaris
Pertemuan 4
Siswa mengurutkan bangun datar yang dicontohkan guru
Siswa mengerjakan LM 10
Menugaskan LM Urutan bangundatar
Tertulis
Macam-macam bangun
datar
Menentukan pola dari
serangkaian atau baris
anbangun datar
Pertemuan 5
Guru membawa beberapa macam pola dariserangkaian bangun datar
Siswa menyebutkan nama-nama pola
tersebut
Siswa dan guru melakukan tanya jawab
mengenai pola bentuk bangun datar
Siswa mengerjakan LM 12
Menugaskan tugas LM 13
Pola bangun
datar
Tertulis
Macam-macam pola bangun datar
Pertemuan 6
Dengan berbagai macam pola guru menjelaskan ukuran bangun datar
Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai ukuran pola bangun datar
Guru menjelaskan perbedaan ukuran pola bangun datar
Siswa mengerjakan LM 14
Siswa ditugaskan untuk membawa kertas
berwarna Bangun datar
Tertulis
Macam-ma
cam perbeda
an ukuran
pola
Pertemuan 7
Guru menugaskan siswa untuk mengukur bangun datar sesuai dengan yang ditentukanoleh guru
Siswa mengerjakan LM 15
Siswa mengerjakan LM 16
Bangun datar
Tertulis
Penggaris
Bangun datar
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 5
IPA Energi dan perubahannya Pertemuan 1
3. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya 3.2 Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dilingkungan sekitar
Guru menceritakan berdasar gambar yang ditampilkan tentang kejadian di persimpangan
Siswa menceritakan pengalaman berdasarkan gambar LPA 1
Siswa mewarnai LPA 1
Guru memberikan PR LPA 2 Bermacam energi dilingkungan sekitar Tertulis Gambar persimpangan
Pertemuan 2
Guru membahas hasil pengerjan PR LPA 2
Guru menceritakan kejadian di pom bensin dengan antrian yang begitu panjang
Siswa menceritakan pengalaman tentang antrian di POM
Siswa mewarnai LPA 3 Sumber energi Tertulis Foto kejadian di POM bnesin
Pertemuan 3
Mengelompokkan benda berdasarkan energi yg digunakan
Menunjukan bermacam gambar tentang benda dan energi yang digunakan
Siswa mengelompokan gambar berdasarkan energi yang digunakan
Siswa mengerjakan LPA 4
Memberikan tugas PR LPA 5 Sumber energi
Tertulis
Lingkungan
sekitar
Pertemuan 4
Menyebutkan cara menghemat energi
Guru membahas pengerjaan LPA 5
Menunjukan bermacam gambar tentang benda hemat energi
Siswa mengelompokan benda hemat energi
Siswa mengerjakan LPA 6
Guru dan siswa membahas kendaraan hemat energi
Benda hemat energi
Tertulis
Benda hemat energi
Bumi dan alam semesta Pertemuan 5
4. Memahami peristiwa
alam dan pengaruh mata
hari dalam kehidupan
sehari-hari 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari Menentukan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari
Guru menceritakan kenampakan matahari pagi siang dan sore hari
Siswa menyebutkan kenampakan matahari pagi siang
Siswa mengelompokan kartu gambar kegiatan pagi siang dan sore hari
Siswa mengerjakan LPA 7
Memberikan tugas PR LPA 8 Kedudukan matahari
Tertulis
Lingkungan
sekitar
Kartu gambar kegiatan sehari hari
Pertemuan 6
Menentukan kenampakan bayangan benda pagi siang dan sore hari
Guru membahas pengerjaan LPA 8
Guru mengajak siswa keluar untuk melihat bayangan benda di halaman sekolah
Guru menanyakan arah bayangan suatu benda dan mengukurnya
Guru menanyakan arah bayangan pada pagi hari dan sore hari
Siswa mengerjakan LPA 9
Memberikan tugas PR LPA 10
Pertemuan 7 Sumber energi
Tertulis
Lingkungan
sekitar
penggaris
pensil
Guru membahas pengerjaan LPA 10
Melakukan pengukuran bayangan kembali pada saat masuk kelas, saat istirahat untuk mengisi LPA 11
Siswa mengerjakan LPA 11 pada jam 7.00 – jam 11.00
Memberikan tugas PR LPA 11 untuk mengisi hasil pengukuran bayangan jam 13.00-17.00
Sumber energi
Tertulis
Lingkungan
sekitar
penggaris
pensil
Petemuan 8
ULANGAN HARIAN
Pertemuan 1
IPS 2. Memahami kedudukan dari peran dan anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
2.3 Memberi contoh bentuk-bentuk kerja sama dilinkungan tetangga
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dilingkungan tetangga
Guru membacakan cerita yang berjudul"Pindah Rumah"
Guru dan siswa tanya jawab tentang ceritayang berjudul "pindah rumah"
Guru menjelaskan betapa pentingnya bentukkerja sama dilingkungan tetangga
Siswa menyebutkan bentuk kerjasama yang terlihat pada gambar
Siswa mengerjakan LPS 1
Memberikan tugas PR LPS 2 Cerita “pindah
rumah"
8 jam
4 kali pert
emuan
Tertulis
Gambar
kerjasama
Pertemuan 2
Siswa bersama-sama membaca cerita yangberjudul tempat umum (panduan tematik hal. 106-107)
Guru menjelaskan fungsi tempat umum sebagai tempat buatan atau lingkungan alamyang terjadi dengan sendirinya
Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai tempat umum
Siswa mengerjakan LPS 3
Tempat umum
Tertulis Gambaar tempat tempat umum
Pertemuan 3
Guru meminta siswa menyebutkan cara menjaga kebersihan tempat umum dilingkungan yang merupakan tetangga
Guru menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan dan kerja sama dilingkungan tetangga
Games tindakan menjaga kebersihan (4 kelompok)
Siswa mengerjakan LPS 4 Kebersihan
Tertulis
Lingkungan
bersih
game
Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 5
PKn
4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 4.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Pertemuan 1
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Guru menjelaskan tentang sikap, disiplin dan kerja keras
Siswa menyebutkan contoh sikap, disiplin dan kerja keras
Disiplin dan kerja keras 12 jam pelajaran 6 kali pertemuan
Penilaian proses
PKn kelas II
Jadwal piket
Pertemuan 2
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Siswa membaca bacaan “disiplin menjalankan perintah agama” (halaman 83-84)
Guru menanyakan inti cerita pada siswa
Siswa menceritakan sesuai giliran dan kesempatan yang diberikan guru
Siswa menjawab pertanyaan (halaman 85)
Sikap disiplin peniaian tertulis PKn kelas II
Jadwal piket
Pertemuan 3
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Berdasarkan bacaan (halaman 85-89) siswa membuat tulisan indah tentang sikap disiplin.
Contoh sikap disiplin Penilaian hasil karya PKn kelas II
Jadwal piket
mengelompokkan sikap jujur, disiplin dan kerja keras
Pertemuan 4
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Guru menanyakan sikap disiplin yang dapat dilakukan siswa dalam kegiatan sehari-hari
Secara bergiliran siswa menyebutkan perbuatan jujur yang pernah dilakukan Sikap jujur Penilaian lisan PKn kelas II
Jadwal piket
Pertemuan 5
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Siswa membaca bacaan tentang contoh-contoh sikap disiplin
Guru memberikan tugasa PR halaman 89-90
Sikap disiplin Penilaian lisan PKn kelas II
Jadwal piket
Pertemuan 6
Ulangan harian (menjawab pertanyaan halaman 89)
Mengetahui
Kepala Sekolah
Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas
Rofi Badari
NIP. 197804062005011010
SILABUS TEMATIK KELAS II SEMESTER II
TEMA : MAKANAN
Mata Standar Kompetensi Indikator Pengalaman Belajar
Materi
Pokok Alokasi
Waktu Penilaian Sarana
& Sumber
Pelajaran Kompetensi Dasar
B.Indonesia Berbicara Pertemuan 1
Mengungkapkan secaralisan beberapa informasidengan Mendeskripsikan benda dan cerita
Menceritakan kembalicerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimatatau kata-kata sendiri
Menyebutkan kata-kata untuk bertanya
Guru menugaskan siswa untuk membaca cerita yang berjudul "Makanan"
Siswa diminta untuk menceritakan kembalicerita tersebut dengan kalimat atau kata-kata sendiri
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cerita tersebut
Guru menjelaskan kata-kata yang digunakan untuk bertanya
Siswa mengerjakan LB 1
Memberikan tugas LB 2 Cerita
16 jam
8 kali pert
emuan
Lisan
Tertulis
KTSP
Buku panduan tematik
Cerita ber
judul "makan-
an"
Pertemuan 2
Menggunakan kalimattanya untuk menanyakansesuatu kepada orang lain
Guru menunjukan gambar percakapan yangbelum selesai
Siswa diminta untuk melengkapi percakapan tersebut
Guru dan siswa melakukan tanya jawab menggunakan kalimat tanya
Siswa mengerjakan LB 3 Melengkapi Percakapan
Tertulis
Gambar seri
Mendengarkan Pertemuan 3
Memahami pesan pendekdan dongeng yang dilisankan
Menceritakan kembali isidongeng yang didengarnya
Menyebutkan peristiwayang dialami dilingkungan
Guru membacakan percakapan berjudul "Dirumah makan"'
Siswa diminta untuk menceritakan tentang makanan yang disukai
Siswa mengerjakan LB 4 Percakapan
Tertulis
Lisan
gambar
macam-macam makanan
Pertemuan 4
Menyebutkan orang yang terlibat dengan peristiwa tertentu
Guru menceritakan gambar berseri pengalaman Didi dan Uun ketika berlibur sekolah
Siswa mencerikan kembali didepan kelas
Siswa menceritakan pengalamannya ketikaberlibur sekolah
Siswa mengerjakan LB 5 cerita
Lisan
Tertulis
gambar
berseri
Menulis Pertemuan 5
Menulis permulaan dengan mendeskripikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yag rapi
Menulis kalimat yang di dektekanguru dengan memperhati kapital dan titik dengan rapi
Guru menunjukan gambar seri yang tersusun secara acak
Siswa diminta untuk menyusun gambar tersebut dan menceritakan isinya
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang tokoh, waktu, tempat yang ada pada cerita tersebut
Siswa mengerjakan LB 6 cerita
Lisan
Tertulis
gambar
berseri
Petemuan 6
Guru menunjukan beberapa kalimat yabg tersusun secara acak
Siswa diminta untuk menyusun kalimat-kalimat menjadi sebuah cerita
Guru dan siswa tanya jawab dalam menyusun atau menulis cerita
Siswa mengerjakan LB 7
Guru menugaskan siswa untuk menulis cerita tentang pengalamannya
cerita
Tertulis
gambar
berseri
Membaca Pertemuan 7
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
Membaca nyaring teks (15-20) kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
Menjelaskan secara runtut peristiwa yang dialalami / waktu, tempat, dankejadian dengan bahasayang mudah dipahami
Siswa diminta untuk membaca cerita tentang pengalamannya
Guru dan siswa tanya jawab tentang tokoh,waktu, tempat yang ada dalam cerita
Latihan ulangan semester II Cerita
Lisan
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 6
Matematika Geometri dan pengukuran Pertemuan 1
Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
*Mengenal sudut-sudut
bangun datar
• Menentukan unsur-unsur bangun datar yaitu sisidan sudut
Guru menjelaskan macam-macam bangundatar melalui cerita bergambar
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang macam-macam bangun datar
Guru menjelaskan unsur-unsur bangun datar
Siswa mengerjakn LM 1 dan LM 2
Memberikan tugas LM 3 Bangun datar
16 jam
8 kali per
temuan
*Tertulis
*Cerita gam
bar
*Macam-ma
cam bangun
datar
Pertemuan 2
• Menunjukan jumlah sudut suatu bangun datar Guru menunjukan gambar bangun datar yangterdiri dari garis-garis putus dan titik-titik
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara menggambar bangun datar yangterdiri dari garis-garis putus dan titik-titik
Siswa menghitung jumlah sudut bangun datar yang digambar
Siswa mengerjakan LM 4
Siswa mengerjakan tugas LM 5 Bangun datar
*Tertulis
*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
Papan berpaku
Pertemuan 3
Guru menjelaskan cara menggunakan bangun datar pada kertas berpetak
Guru dan siswa melakukan tanya jawabtentang cara menggambar bangun datar padakertas berpetak
Siswa mengerjakan LM 6 dan LM 7
Memberikan tugas LM 8 Bangun datar
*Tertulis
*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Buku petak
Pertemuan 4
• Membuat bangun segitiga, segiempat, persegi dan persegi panjang dengan ukuran tertentu
Guru menunjukan langkah-langkah menggambar dan membuat segitiga denagan ukurantertentu
Guru menugaskan beberapa orang siswa untuk menggambar segitiga dengan ukuran tertentu dipapan tulis
Siswa mengerjakan LM 9
Guru menugaskan siswa membawa stik es crem
Bangun datar
*Tertulis
*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Lidi
Pertemuan 5
Guru menunjukan langkah-langkah menggambar dan membuat persegi denagan ukurantertentu
Guru menugaskan beberapa orang siswa untuk menggambar segitiga dengan ukuran tertentu dipapan tulis
Siswa mengerjakan LM 10
Guru menugaskan siswa membawa sedotan Bangun datar
*Tertulis
*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Stik es
Pertemuan 6
Guru menunjukan langkah-langkah menggambar dan membuat persegi panjang dengan ukuran tertentu
Guru menjelaskan mana yang disebut panjang dan lebar
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang cara menggambar dan membuat persegi panjang
Siswa mengerjakn LM 11
Bangun datar
*Tertulis
*Macam-ma
cam bangun
datar
*Penggaris
*Sedotan
Pertemuan 7
Bermain tangram siswa dibagi kedalam 4 kelompok masing- masing kelompok harus menyusun tangram menjadi beberapa bentuk bangun yang berbeda
Guru menugaskan beberapa orang siswa untuk melipat kertas dengan cara yang berbeda
Siswa mengerjakan LM 10 dan LM 11
Bangun datar
*Tertulis
*Macam-ma
cam bangun
datar
*sapu tangan
*tangram
Pertemuan 8
ULANGAN HARIAN 6
IPA Bumi dan alam semesta Pertemuan 1
4 Memahami peristiwa
alam dan pengaruh matah
ari dalam kehidupan seha
ri-hari
4.1 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
Menceritakan kegunaan
panas cahaya matahari
dalam kehidupan sehari
hari
Guru menunjukan gambar beberapa kegiatan manusia yang memanfaatkan panasmatahari
Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan manusia yang memanfaatkanpanas matahari
Siswa mengerjakan LPA 1
Memberikan tugas LPA 2
Guru menugaskan siswa membawa pensilwarna kardus penggaris pensil warna untuk pertamuan akan datang Bumi dan alam
semesta "kegunaan panas dan
cahaya matahari"
8 jam
4 kali pertemuan
*Tertulis
*Keaktifan
*Gambar
pemanfaatan
matahari
Pertemuan 2
Mendeskripsikan pengaruh panas dan cahaya
matahari terhadap
manusia
Siswa menceritakan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi manusia
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang akibat yang terjadi jika panas dan cahayamatahari tidak ada
Siswa mengerjakan LPA 3 Bumi dan alamsemesta "kegunaan panas dan
cahaya matahari"
(membuat jam matahari)
*Tertulis
*Keaktifan
*Gambar
Pemanfaatan cahaya
matahari
lidi atau batang bambu
Kardus penggaris pensil warna
Pertemuan 3
Guru menjelaskan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang perbedaan pertumbuhan yang cukup dankurang cahaya matahari
Siswa mengerjakan LPA 4
Latihan ulangan semester II Bumi dan alam
semesta "kegunaan panas dan
cahaya matahari"
*Tertulis
*Keaktifan
*Gambar
pemanpaatan
matahari
Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 6
Pertemuan 1
IPS
2 Memahami kedudukan
dari peran anggota dalam
keluarga
2.3 Memberi contoh bentukkerjasama dilingkungan
tetangga
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja sama dilingkungan tetangga
Guru menceritkan peristiwa ulang tahun
Guru menunjukan beberapa gambar paristiwa atau kegiatan yang termasuk kerja samadilingkungan tetangga
Siswa diminta untuk menceritakan peristiwaulang tahun yang pernah dialami
Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegiatan manusia yang termasuk kerja sama dilingkungan tetangga
Siswa mengerjakan LPS 1 Kerjasama
8 jam
4 kali pert
emuan
*Tertulis
*Keaktifan
*Gambar peri
stiwa ulang
tahun
Peretemuan 2
Guru menunjukan gambar bentuk kerja samadilingkungan tetangga untuk meningkatkan gizi
Siswa diminta untuk menceritakan gambartersebut Guru dan siswa tanya jawab tentang bentuk
kerja sama dilingkungan tetangga untuk meningkatkan gizi
Siswa mengerjakan LPS 2 dan LPS 3
Kerjasama
*Tertulis
*Keaktifan
*Gambar ke
giatan dipos
yandu/puske
smas
Menyebutkan tindakan yang dilkukan tetangga disaat ada acara di keluarga
Pertemuan 3
Guru menunjukan 4 cotoh makanan sehat dan bergizi
siswa diminta untuk menyebutkan makanankesukaannya
Guru dan siswa melakukan tanya jawabtentang makanan sehat dan bergizi
Siswa mengerjakan LPS 4 Makanan yang
sehat
*Tertulis
*Keaktifan
*Contoh mak
anan sehat
dan bergizi
Pertemuan 4
ULANGAN HARIAN 6
PKn 4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 4.2 Melaksanakan perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-¬hari
Membedakan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja
Menerapkan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari
Pertemuan 1
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Guru menanyakan pengerjaan PR hari sebelumnya
Guru menanyakan kegiatan siswa dirumah sesudah pulang sekolah
Guru menanyakan kepada kawan yang lain tentang kegiatan salah satu anak untuk membandingkan kebenaran yang diceritakan anak Kejujuran kedisiplinan 8 jam pelajaran
4 pertemuan
Penilaian proses
PKn kelas II
Pertemuan 2
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan3)
Siswa membaca bacaan “membantu orang tua di hari libur”
Siswa menceritakan secara ringkas sesuai judul bacaan
Siswa lain mendengarkan dan mengoreksi cerita anak.
Memberikan PR halaman 91 Kejujuran kedisiplinan Penilaian tertulis PKn kelas II
Pertemuan 3
Guru mengawali kegiatan belajar dengan melaksanakan (Langkah 1, 2, dan 3)
Guru menanyakan PR hari sebelumnya
Siswa membuat “tulisan indah Manfaat jujur disiplin dan senang bekerja”
Guru memberikan soal dengan cara kuis (halaman 94-96)
Kejujuran kedisiplinan PKn kelas II
Pertemuan 4
Latihan ulangan semester II PKn kelas II
Mengetahui
Kepala Sekolah
Sulfa, S.Pd
NIP. 196304191983032005
Pangkalpinang, Januari 2011
Guru Kelas
Rofi Badari
NIP. 19780406200520011010
5. Seni Budaya
Mengekspresikanmelalui Seni rupa
Mengekspresikan diri melalui gambar
Membuat gambar ekspresi dengan tema imajinatif dengan unsur-unsurrupa dan perpaduannya
Pertemuan 1.
guru melakukan tanya jawabtentang kegemaran
Siswa satu persatu menjawabtentang kegemarannya
Siswa mengerjakan LK 1 sesuai dengan kegemarannya
Siswa diberi tugas LK 2 dengantema kegemarannya
kegemaran
8 jam
(4 kali per
temuan)
tertulis
KTSP
Buku PanduanTematik
hal 46
Kertas gambar pewarna
Membedakan kuat danlemahnya bunyi dengangerakan dan tepukan
Pertemuan2
Guru mencontohkan sumberbunyi melalui tepukan kedua tangan
Siswa mengikuti dengan tepuksekuat tenaga, perlahan darikeras lalu melemah
Siswa secara aktif mencontohkan lagu sumber bunyi
Siswa mengerjakan LK 5
Bermain dengan bunyi
Proses
Buku Tematik
Hal 49
Anggota tubuh tangan
Membedakan menguatdan melemahnya bunyi dengan peragaan gerakandan tepukan
Pertemuan 3
Siswa mempraktekkan gerakan-gerakan yang menghasilkan suara
Satu persatu anak mencobamemperagakannya (gerakan kepak kaki, decak lidah bersiul)
Guru membimbing kegiatan tersebut dengan permainan nada ( 2 kaki, 3 siul, 1 dacak lidah)
Contoh gera
kan
Proses
Buku panduan tematik
Anggota tubuh
Menyanyikan lagu anakanak dengan iringan alatmusik ritmis
Pertemuan 4
Guru memotivasi siswa menyebutkan kegemarannya sesuai kegemaran yang anakajukan siswa menyanyikan lagudengan nada dan irama yangbenar
Siswa menyanyikan lagu padaLK 6 Lagu anak
Proses
Lisan
Buku panduan tematik
Syair lagu anak-anak
5. SBK
Mengapresiasi karyaSeni Rupa
Mengidentifikasiunsur seni pada karya seni rupa
Mengelompokkan berbagai jenis dan sifat bidang tekstur, dan bentukritme keseimbangan dankesatuan Pertemuan 1
( Pada pelajaran IPA pertemuan 1 dan 2)
Benda-benda
dilingkungan
sekitar
8 jam
(4 kali per
temuan)
Proses
KTSP
Buku pan
duan
Membuat gambar ekspresi berbagai objektif imajinatif melalui unsurrupa dan perpaduannyadari alam sekitar
Pertemuan 2.
Siswa diberikan contoh gambar
Siswa diminta menggambarkan sesuai tema pada gambar
gambar
tertulis
Alam sekitar
Menyanyikan lagusesuai tanda dinamik
Pertemuan 3
( Pada pelajaran IPS pertemuan 2)
Lagu
Proses
Terpadu ips
Membedakan gerakanangin sepoi-sepoi dengangerakan angin ribut
Pertemuan 4
Siswa secara aktif mencontohkan gerakan-gerakan
Gerak alam
Proses
Anak sendiri
SBK Musik Pertemuan 1
Mengekspresikan dirimelalui seni musik
Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
Melakukan gerak tari dengan iringan atau tepukan
Guru memberikan contoh nyanyian yang berjudul "Keranjang Sampah"
Siswa bernanyi sesui dengan yang dicontohkan guru
Guru dan siswa bernanyi dengan gerakan badan
Siswa menyebutkan alat-alat kebersihan Siswa mengerjakan LK 1
Siswa ditugaskan membawa alat-alat untuk membuat kartu ucapan
Bernyanyi gerak lagu
8 jam
4 kali
Pertemuan
Keaktifan
Musik
Pertemuan 2
Guru menugaskan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat kartu ucapan
Guru membimbing siswa membuat kartu ucapan
Siswa mengerjakan tugas LK 2
Siswa ditugaskan membawa alat-alat untuk membuat mozaik
Keterampilan
Hasil karya
Pewarna
karton
dll
Pertemuan 3
Guru menugaskan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat mozaik
Guru membimbing siswa membuat mozaik
Siswa mengerjakan tugas LK 3 Keterampilan
Hasil karya
Kertas berwarna
lem,karton
dan gunting
Pertemuan 4
Mengelompokan dan mengidentifikasi geraktari sesuai keseimbangan pola lantai
Guru memberikan contoh gerakan-gerakan tubuh
Siswa mengikuti gerakan tersebut
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
Siswa mengerjakan LK 4, LK 5 dan LK 6 Menari Keaktifan Musik
SBK Musik Pertemuan 1
Mengekspresikan diri melalui seni musik
Menyanyikan lagu anak dengan atau tanpa iringansederhana
Membedakan kuat danlemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan
Guru dan siswa bersama-sama menyanyikanlagu yang berjudul "Di Stasiun"
Guru menjelaskan kosakata yang ada padanyanyian
Guru dan siswa melakukan tanya jawabtentang bunyi yang ada di stasiun
Siswa mengerjakan LK 1 Menyanyikan
lagu di stasiun
8 Jam
4 kali perte
muan
Keaktifan
Lagu di
stasiun
Pertemuan 2
Guru memberikan contoh bunyi
Siswa mengamati contoh kuat lemahnyabunyi
Siswa mengerjakan LK 2 Bunyi Tertulis Benda bunyi
Pertemuan 3
Mengidentifikasi keseimbangan pola lantai Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
Siswa membentuk pola lantai yang sudah disediakan oleh guru (contoh polalingkaran)
Siswa mengerjakan LK 3 Gerak tubuh Keaktifan Tarian
Pertemuan 4
TES PERAKTEK
SBK Seni Rupa Pertemuan 1
*Mengekpresikan diri melalui seni rupa *Mengerjakan diri melaluigambar dan ekspresi *mengelompokan berbagai jenis dan sifat bidangtekstur dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan
Guru menunjukan berbagai macam jenismakanan
Guru dan siswa menyanyikn lagu yang berjudul "empat sehat lima sempurna"
Siswa diminta untuk menyebutkan tekstur makanan seperti cair, kental, kenyal, halus, kasar dsb
Siswa mengerjakan LK 1 dan LK 2
Guru menunjukan gambar kloase
Guru menjelaskan langkah pembuatan kolase
Siswa mengerjakan LK 3
Guru membimbing siswa membuat kloase
Siswa ditugaskan untuk membawa alat danbahan membuat anyaman
*Bentuk benda
*Kolase 8 jam
4 kali
pertemuan *tertulis
*Keaktifan
*Contoh macam-macam
makanan
*Alat dan bahan membuat kolase
Pertemuan 2
*Menganyam berbagai
bentuk dua dimensi Guru menunjukan contoh anyaman
Siswa mengerjakan LK 4
Guru membimbing siswa mengerjakan LK 4
Siswa ditugaskan membawa alat dan bahan pembuatan cat warna
Anyaman
*tertulis
*Keaktifan *Alat dan bah
an membuat
anyaman
Keterampilan Pertemuan 3
*Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan *Menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan yang aman
*Menyiapkan bahan makananan yang aman untuk
pembuatan cat
*membuat cat pewarnadari bahan buatan yang
aman *Memilih bahan buatan
yang dapat dibuat cat
warna
*Menunjukan langkah
langkah pembuatan cat
warna dari bahan buatan
*Mengatur komposisi
bahan dan alat pembuatan
cat warna dari bahan
buatan
*Mendemonstrasikan
cara pembuatan cat war
na dari bahan buatan
*Membuat gambar eksp
resi dengan berbagai
motif
Guru menjelaskan bahwa warna dapat dicampurkan sehingga menghasilkan warna baru
Siswa mengerjakan LK 5 (Kelompok 1 didepan kelas )
Siswa dengan bimbungan guru mengerjakanLK 6 (Kel 2 dan 3 didepan kelas)
Siswa mengerjakan LK 7 didepan kelas dengan bimbingan guru
Membuat warna
dan cap dari cat
air *Tertulis
*Keaktipn
Alat dan ba
han membuat
warna dan
cap
Pertemuan 4
*Menggerakan tubuh secara spontan mengikuti
bunyi perangsang gerak *Melakukan tarian pend
ek secara perorangan
atau kelompok guru dan siswa menyanyikan lagu berjudul "Buah apa namanya" dengan tariannya
Siswa mengerjakan LK 8 Tarian *Keaktifan *Iringan lagu
Pertemuan 2
*Menggerakan tubuh secara spontan mengikuti
bunyi perangsang gerak
*Melakukan tarian pend
ek secara perorangan
atau kelompok
tekstur dan bentuk
ritme keseimbangan dan
kesatuan guru dan siswa menyanyikan lagu berjudul "Buah apa namanya" dengan tariannya
Siswa mengerjakan LK 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar