Jumat, 15 April 2011

gambar umum

BAB III
GAMBARAN UMUM
SD MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG,

A. Gambaran Umum SD Muhammadiyah Pangkalpinang
Sekolah Dasar Muhammadiyah Pangkalpinang pada prinsipnya adalah sama dengan sekolah pada umumnya yaitu meningkatkan taraf kehidupan dibidang akademik melalui pendidikan. Sekolah ini sudah menanamkan tonggak awal perjuangan mendidik anak bangsa sejak tahun 1960. Sekalipun secara resmi baru disahkan pada tahun 1971. Dasar pemikiran pertama didirikannya SD Muhammadiyah karena besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disekolah yang berbasis Islam. Tahap perkembangan berikutnya SD tersebut berdiri menjadi SD Muhammadiyah I dan SD Muhammadiyah II namun pada tahun 2002 kedua SD tersebut dimerger manjadi SD Muhammadiyah Pangkalpinang.
Prestasi yang diraih selama perjuangan melaksanakan pendidikan anak bangsa saat ini SD Muhammadiyah telah terakreditasi sebagai sekolah swasta disamakan (Great B). Sebagai sekolah yang bercita cita menjadi yang terbaik SD Muhammadiyah terus berbenah diri hingga dapat sejajar dengan sekolah-sekolah sejenis yang pada akhirnya dapat meletakkan sendi-sendi kehidupan keislaman yang sesuai dengan Al Qur'an dan Hadist. Mendidik anak-anak menjadi generasi yang memiliki pemahaman Keislaman yang tinggi, pandangan dan wawasan luas, akhlak yang baik serta tinggi penguasaan ilmu serta teknologi sehingga nantinya mereka dapat hidup dan menjadi contoh/ teladan di tengah masyarakat di era globalisasi yang semakin komplek.
SD Muhammadiyah Pangkalpinang beralamat di Jalan KH. Abdul Hamid no. 3, Kelurahan Rawa Bangun di wilayah Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bangunan berdiri diatas lahan seluas 3200 m2 adapun batas lokasi sekolah yaitu:
1. Disebelah timur berbatasan langsung jalan aspal yang membelah wilayah kelurahan Rawa Bangun.
2. Disebelah barat, utara dan selatan berbatas rumah warga Kelurahan Rawa Bangun.

B. Keadaan Sarana dan Prasarana
SD Muhammadiyah Pangkalpinang dikepalai oleh seseorang kepala sekolah. Dibawah naungan organisasi Muhammadiyah kota Pangkalpinang. Status kepemilikan tanah secara legalitas hukum milik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkalpinang. Selain organisasi pengawasan mutu tidak terlepas dan saling mendukung program Dinas Pendidikan kota Pangkalpinang dengan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkalpinang.
Sekalipun SD Muhammadiyah secara organisatoris dibawah Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkalpinang. Namun pemerintah banyak memberi perhatian dan bantuan kepada SD Muhammadiyah Pangkalpinang baik fisik maupun non fisik. Sumber bantuan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun Kota Pangkalpinang Bangunan yang ada di SD Muhammadiyah Pangkalpinang secara terpisah terdapat 4 lokal bangunan, dengan tingkat kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan jumlah kelas 14 ruang.
No Kelas Jumlah kelas
1 I 3
2 II 2
3 III 2
4 IV 2
5 V 2
6 VI 3
Tabel. 1
Jumlah Ruang Kelas SD Muhammadiyah Pangkalpinang
Ruang penunjang yang lain seperti ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, mushola dan kantin. Ruang tersebut ada dan besar perananya dalam menunjang efektifitas pelaksanaan pembelajaran di SD Muhammadiyah. Sekalipun dengan jumlah ruang yang sepertinya sudah memadai namun pembangunan sarana-prasarana masih terus ditingkatkan.

C. Keadaan Guru dan Siswa
1. Jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan
Guru sebagai tenaga pendidik menentukan kualitas proses pembelajaran. Jumlah guru berbanding lurus dengan jumlah guru merupakan harapan yang terus diharapkan baik oleh sekolah maupun mejelis Dikdasmen Muhammadiyah. Hal yang lain yang selalu diperhatikan dari guru yaitu kualifikasi pendidikan, dimana beberapa guru sedang menempuh peningkatan kualifikasi baik pendidikan strata satu maupun setara S1/DIV. Adapun jumlah dan kulaifikasi ijazah guru dan tenaga kependidikan dapat dilihat pada tabel berikut
No Kualifikasi Tingkat Jumlah
1 Strata satu S 1 7
2 Diploma dua D 2 6
3 Diploma satu D 1 3
4 Sekolah Pendidikan Guru SPG 3
5 Sekolah Lanjutan Tingkat atas SLTA/SMA 8
6 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama SLTP 1
7 Sekolah Dasar SD 1
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan 29
Tabel. 2
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan
SD Muhammadiyah Pangkalpinang

Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan, belum semuanya menjadi tenaga pemerintah (Pegawai Negeri Sipil). Status pegawai SD Muhammadiyah Pangkalpinang PNS berjumlah 3 orang, guru tidak tetap (GTT) berjumlah 17 orang, dan guru tetap yayasan (GTY) berjumlah 3 orang.
2. Jumlah Murid
Jumlah murid SD Muhammadiyah kota Pangkalpinang dalam beberapa tahun terakhir dengan perbandingan kelas yang ada selalu terpenuhi. Pada tahun ajaran 2008/2009 jumlah murid 448 dengan jumlah laki-laki 248, dan murid perempuan 200. Pada tahun 2009/2010 jumlah murid 458 anak dengan rincian muris laki-laki 248, dan murid perempuan 210 anak. Kursi yang tersedia selalu terpenuhi hal ini bisa dilihat dari jumlah lulusan mencapai 99,9% pada tahun 2010. Terjadi keseimbangan antara siswa yang keluar dan siswa yang masuk. Kondisi ini menggambarkan kepercayaan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah terjaga.
Berikut disajikan jumlah kelas dan murid berdasar jenis kelamin dari kelas I sampai kelas VI, sebagai berikut:
No Kelas Jumlah kelas Jenis Kelamin Jumlah Keseluruhan
Laki-laki Perempuan
1 I 3 48 63 111
2 II 2 39 36 75
3 III 2 34 29 63
4 IV 2 47 32 79
5 V 2 39 25 64
6 VI 3 53 34 87
Jumlah 14 260 219 479
Tabel. 3
Jumlah siswa tahun ajaran 2010/2011 berdasar kelas dan jenis kelamin
SD Muhammadiyah Pangkalpinang

Dengan sistem pembelajaran yang baik menjadikan pelayanan, dan upaya untuk mempertahan kualitas mutu pendidikan menjadi tantangan yang tidak ringan. Jumlah murid yang berbanding dengan jumlah guru 1 banding 16 anak dirasa memadahi namun kenyataan tuntutan secara kompetitif tidak serta merta seimbang dengan keadaan, beberapa anak secara nyata sekalipun dalam prosentase yang kecil ada yang tertinggal berikut disajikan tabel kenaikan dan kelulusan tiap kelas pada tahun ajaran 2009/2010, sebagai berikut:
No Tingkat kelas Banyak murid Banyak murid yang naik/lulus Banyak murid yang tidak naik/lulus Ket.
L P Jml L P Jml % L P Jml %
1 I 35 41 76 34 39 73 99,96 1 2 3 0,04
2 II 31 41 60 30 28 58 99,97 1 1 2 0,03
3 III 47 31 78 45 30 75 99,97 2 1 3 0,03
4 IV 36 25 61 36 25 61 100 - - - -
5 V 56 33 89 56 33 89 100 - - - -
6 VI 41 41 82 41 40 81 99,9 - 1 1 0,1 DO
Tabel 4
Kenaikan dan kelulusan tiap kelas pada tahun ajaran 2009/2010

Jumlah murid yang tinggal kelas secara komulatif mencapai 2 %. Dengan jumlah anak yang tidak naik/lulus 9 anak dari jumlah murid 458 anak. Prosentase tersebut digambarkan pada matrik dibawah ini:

Matrik 3
Presentase tidak lulus/naik kelas tahun ajaran 2009/2010

D. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pangkalpinang.
1. Visi misi dan tujuan SD Muhammadiyah
Adapun visi yang diemban SD Muhammadiyah dalam pergerakannya yaitu: Berakhlak Mulia, Berwawasan Luas, Cemerlang Dalam Berfikir, Unggul Dalam Prestasi Dan Kreatif Untuk Menyongsong Masa Depan Sesuai Dengan Tuntunan Allah Dan Rosul-Nya.
Misi praktis dalam aktifitas SD Muhammadiyah yaitu:
a. Membina akhlakul karimah
b. Meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan perkembangan iptek
c. Meningkatkan disiplin, rasa tanggung jawab, kebersamaan dan
d. Menciptakan dan mengembangkan lingkungan pembelajaran yang profesional dan menyenangkan
e. Mengelola sumber daya yang ada dengan baik dan efisien
f. Meningkatkan kerjasama antara warga sekolah dengan masyarakat
Tujuan yang ingin dicapai oleh yaitu:
a. Membina prilaku peserta didik sesuai dengan tujuan agama untuk mengantisipasi globalisasi
b. Mengembangkan dan menerapkanKurikulum Pendidikan sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan lingkungan
c. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dan wawasana guru sehingga dapat mendidik dan membina dengan baik dan benar
i. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan peserta didik, sehingga siswa berfikir dan berwawasan luas dan mandiri

2. Kegiatan intra kurikuler
3. Kegiatan ekstra kurikuler
4. Presatasi yang dicapai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar