Jumat, 15 April 2011

REVISI ITU BAGIAN DARI SEMPURNA

BAB III
GAMBARAN UMUM
SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PANGKALPINANG


A. Gambaran Umum SD Muhammadiyah Pangkalpinang
Sekolah Dasar Muhammadiyah Pangkalpinang pada prinsipnya adalah sama dengan sekolah pada umumnya yaitu meningkatkan taraf kehidupan dibidang akademik melalui pendidikan. Pembeda dengan sekolah lain yaitu beberapa materi menjadi ciri khas pendidikan. Sekolah ini sudah menanamkan tonggak awal perjuangan mendidik anak bangsa sejak tahun 1960. Sekalipun secara resmi baru disahkan pada tahun 1971. Dasar pemikiran pertama didirikannya SD Muhammadiyah karena besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disekolah yang berbasis Islam. Tahap perkembangan berikutnya SD tersebut berdiri menjadi SD Muhammadiyah I dan SD Muhammadiyah II namun pada tahun 2002 kedua SD tersebut dimerger manjadi SD Muhammadiyah Pangkalpinang.
Prestasi yang diraih selama perjuangan melaksanakan pendidikan anak bangsa saat ini SD Muhammadiyah telah terakreditasi sebagai sekolah swasta disamakan (Great B). Sebagai sekolah yang bercita-cita menjadi yang terbaik SD Muhammadiyah terus berbenah diri hingga dapat sejajar dengan sekolah-sekolah sejenis yang pada akhirnya dapat meletakkan sendi-sendi kehidupan keislaman yang sesuai dengan Al Qur'an dan Hadist. Mendidik anak-anak menjadi generasi yang memiliki pemahaman Keislaman yang tinggi, pandangan dan wawasan luas, akhlak yang baik serta tinggi penguasaan ilmu serta teknologi sehingga nantinya mereka dapat hidup dan menjadi contoh/ teladan di tengah masyarakat di era globalisasi yang semakin komplek.
SD Muhammadiyah Pangkalpinang beralamat di Jalan KH. Abdul Hamid no. 3, Kelurahan Rawa Bangun di wilayah Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bangunan berdiri diatas lahan seluas 3200 m2 adapun batas lokasi sekolah yaitu:
1. Disebelah timur berbatasan langsung jalan aspal yang membelah wilayah kelurahan Rawa Bangun.
2. Disebelah barat, utara dan selatan berbatas rumah warga Kelurahan Rawa Bangun.

B. Keadaan Sarana dan Prasarana
SD Muhammadiyah Pangkalpinang dikepalai oleh seseorang kepala sekolah. Dibawah naungan organisasi Muhammadiyah kota Pangkalpinang. Status kepemilikan tanah secara legalitas hukum milik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkalpinang. Selain organisasi pengawasan mutu tidak terlepas dan saling mendukung program Dinas Pendidikan kota Pangkalpinang dengan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkalpinang.
Sekalipun SD Muhammadiyah secara organisatoris dibawah Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangkalpinang. Namun pemerintah banyak memberi perhatian dan bantuan kepada SD Muhammadiyah Pangkalpinang baik fisik maupun non fisik. Sumber bantuan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun Kota Pangkalpinang Bangunan yang ada di SD Muhammadiyah Pangkalpinang secara terpisah terdapat 4 lokal bangunan, dengan tingkat kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan jumlah kelas 14 ruang.

No Kelas Jumlah kelas
1 I 3
2 II 2
3 III 2
4 IV 2
5 V 2
6 VI 3

Tabel. 1
Jumlah Ruang Kelas SD Muhammadiyah Pangkalpinang

Ruang penunjang yang lain seperti ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, mushola dan kantin. Ruang tersebut ada dan besar perananya dalam menunjang efektifitas pelaksanaan pembelajaran di SD Muhammadiyah. Sekalipun dengan jumlah ruang yang sepertinya sudah memadai namun pembangunan sarana-prasarana masih terus ditingkatkan.


C. Keadaan Guru dan Siswa
1. Jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan
Guru sebagai tenaga pendidik menentukan kualitas proses pembelajaran. Jumlah guru berbanding lurus dengan jumlah siswa merupakan harapan yang terus diupayakan baik oleh sekolah maupun Majelis Dikdasmen Muhammadiyah. Hal yang lain yang selalu diperhatikan dari guru yaitu kualifikasi pendidikan, dimana beberapa guru sedang menempuh peningkatan kualifikasi baik pendidikan strata satu maupun setara S1/DIV. Adapun jumlah dan kualifikasi ijazah guru dan tenaga kependidikan dapat dilihat pada tabel berikut
No Kualifikasi Tingkat Jumlah
1 Strata satu S 1 7
2 Diploma dua D 2 6
3 Diploma satu D 1 3
4 Sekolah Pendidikan Guru SPG 3
5 Sekolah Lanjutan Tingkat atas SLTA/SMA 8
6 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama SLTP 1
7 Sekolah Dasar SD 1
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan 29

Tabel. 2
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan
SD Muhammadiyah Pangkalpinang


Status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan, belum semuanya menjadi tenaga pemerintah (Pegawai Negeri Sipil). Status pegawai SD Muhammadiyah Pangkalpinang Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjumlah 3 orang, guru tidak tetap (GTT) berjumlah 17 orang, dan guru tetap yayasan (GTY) berjumlah 3 orang. Sekalipun pemerintah kota membatasi penerimaan tenaga honorer namun tuntutan kebutuhan ketenagaan maka meniscayakan SD Muhammadiyah dengan daya upaya tetap menerima tenaga honorer baru.

2. Jumlah Murid Dua Tahun Terakhir
Jumlah murid SD Muhammadiyah kota Pangkalpinang dalam beberapa tahun terakhir dengan ketersediaan kelas selalu terpenuhi. Pada tahun ajaran 2008/2009, jumlah murid 448 dengan jumlah laki-laki 248, dan murid perempuan 200. Pada tahun 2009/2010 jumlah murid 458 anak dengan rincian murid laki-laki 248, dan murid perempuan 210 anak.
Kursi yang tersedia selalu terpenuhi yaitu terjadi keseimbangan antara siswa yang masuk sebagai siswa baru dan keluar sebagai siswa lulus. Kesimpulan demikian dilihat dari jumlah lulusan mencapai 99,9% pada tahun 2010. Dengan kondisi demikian tentunya menggambarkan kepercayaan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah tetap terjaga.
Berikut disajikan jumlah kelas dan murid berdasar jenis kelamin dari kelas I sampai kelas VI, sebagai berikut:



No Kelas Jumlah kelas Jenis Kelamin Jumlah Keseluruhan
Laki-laki Perempuan
1 I 3 48 63 111
2 II 2 39 36 75
3 III 2 34 29 63
4 IV 2 47 32 79
5 V 2 39 25 64
6 VI 3 53 34 87
Jumlah 14 260 219 479

Tabel. 3
Jumlah siswa tahun ajaran 2010/2011 berdasar kelas dan jenis kelamin
SD Muhammadiyah Pangkalpinang



Dengan sistem pembelajaran yang baik menjadikan pelayanan, dan upaya untuk mempertahan kualitas mutu pendidikan menjadi tantangan yang tidak ringan. Jika melihat perbandingan antara murid dengan jumlah pengajar dapat dilihat. Jumlah murid yang berbanding dengan jumlah guru 1 banding 16 anak dirasa memadahi namun kenyataan tuntutan secara kompetitif tidak serta merta seimbang dengan keadaan.
Beberapa anak secara nyata sekalipun dalam prosentase yang kecil ada yang tertinggal/tinggal kelas ataupun tidak lulus. Tabel berikut menyajikan angka kenaikan dan kelulusan di tiap-tiap kelas pada tahun ajaran 2009/2010, sebagai berikut:


No Tingkat kelas Banyak murid Banyak murid yang naik/lulus Banyak murid yang tidak naik/lulus Ket.
L P Jml L P Jml % L P Jml %
1 I 35 41 76 34 39 73 99,96 1 2 3 0,04
2 II 31 41 60 30 28 58 99,97 1 1 2 0,03
3 III 47 31 78 45 30 75 99,97 2 1 3 0,03
4 IV 36 25 61 36 25 61 100 - - - -
5 V 56 33 89 56 33 89 100 - - - -
6 VI 41 41 82 41 40 81 99,9 - 1 1 0,1 DO
Tabel 4
Kenaikan dan kelulusan tiap kelas pada tahun ajaran 2009/2010


Jumlah murid yang tinggal kelas secara komulatif prosentasenya mencapai 2 %, dengan jumlah anak yang tidak naik/lulus 9 anak dari jumlah murid 458 anak. Prosentase tersebut digambarkan pada matrik dibawah ini:

Matrik 3
Presentase tidak lulus/naik kelas tahun ajaran 2009/2010

Berbagai kegiatan untuk menurunkan jumlah siswa tidak naik ataupun tidak lulus selalu diupayakan, kegiatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut seperti dengan pembelajaran tambahan, remidial dan kegiatan seperti les baik privat (individual) maupun bimbingan belajar secara kolektif (klasikal).

D. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pangkalpinang.
1. Visi misi dan tujuan SD Muhammadiyah
Adapun visi yang diemban SD Muhammadiyah dalam pergerakannya yaitu: Berakhlak Mulia, Berwawasan Luas, Cemerlang Dalam Berfikir, Unggul Dalam Prestasi Dan Kreatif Untuk Menyongsong Masa Depan Sesuai Dengan Tuntunan Allah Dan Rosul-Nya.
Misi praktis dalam aktifitas SD Muhammadiyah yaitu:
a. Membina akhlakul karimah
b. Meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan perkembangan IPTEK
c. Meningkatkan disiplin, rasa tanggung jawab, kebersamaan dan
d. Menciptakan dan mengembangkan lingkungan pembelajaran yang profesional dan menyenangkan
e. Mengelola sumber daya yang ada dengan baik dan efisien
f. Meningkatkan kerjasama antara warga sekolah dengan masyarakat
Tujuan yang ingin dicapai SD Muhammadiyah yaitu:
a. Membina prilaku peserta didik sesuai dengan tujuan agama untuk mengantisipasi globalisasi
b. Mengembangkan dan menerapkan kurikulum pendidikan sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan lingkungan
c. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dan wawasana guru sehingga dapat mendidik dan membina dengan baik dan benar
d. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan peserta didik, sehingga siswa berfikir dan berwawasan luas dan mandiri

2. Kegiatan Intra Kurikuler
Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, kegiatan tersebut berupa kegiatan pelajaran tambahan diluar jam pelajaran pokok. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperdalam pemahaman.
Kegiatan yang lain berupa pembinaan anak bermasalah, dimana kegiatan ini berupa pembelajaran baik pengulangan maupun karena suatu bab dari anak didik seperti kesulitan belajar, tertinggal materi karena sakit atau karena tidak masuk sekolah karena sakit. Alasan ain dapat berupa karena rendahnya prestasi anak.
Tidak hanya bagi mereka yang mengalami kesulitan atau masalah namun juga mereka yang memiliki prestasi yang tinggi mereka diberikan pembinaan berupa kegiatan pembinaan anak berprestasi. Harapan besar berupa pengembangan kemampuan sesuai potensi yang dimiliki anak.
Kegiatan yang lain yang secara rutin dilaksanakan yaitu berdo’a bersama tiap Jum’at pagi yaitu menghafal surat-surat pendek (juz 30) dan beberapa doa untuk orang tua, belajar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan ini dipimpin oleh siswa yang sudah hafal atau lulus munaqosyah. Guru berperan membimbing siswa jika menemukan terjadinya kesalahan.
Kegiatan pelajaran mulok berupa kegiatan belajar komputer dan bahasa Inggris yang diajarkan mulai dari kelas 1sampai kelas 6. Serta Iqro’ diajarkan mulai kelas 1 sampai kelas 6.

3. Kegiatan ekstra kurikuler
Kegiatan ekstra yang dilaksanakan diluar jam pelajaran, kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak berkaitan dengan materi pembelajaran. Kegiatan tersebut seperti:
a. Pramuka
Kegiatan latihan Pramuka dilaksanakan setiap hari Jum'at jam 15.00-17.00, peserta kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa dari kls 3 s/d kls 6.
b. Tapak suci
Kegiatan latihan pencak silat menjadi ciri khas organisasi Muhammadiyah. Latihan tapak suci bersifat terbuka bagi yang berminat saja. Kegiatan dilaksanakan pada tiap hari Minggu jam 07.00-10.00 pagi.
c. Drum Band
Latihan drum band SD Muhammadiyah dilaksanakan pada hari Kamis jam 14.30-17.00. Peserta kegiatan bersifat terbuka, juga merupakan ajang pemilihan bakat, dimana anak yang memang mempunyai kompetensi selalu dilibatkan dalam setiap latihan.

4. Prestasi- dan Umum yang Diraih SD Muhammadiyah
a. Prestasi Keagamaan
Dengan semangat dan loyalitas guru dalam membina anak didik serta kejelian dalam mengasah bakat anak, beberapa macam prestasi keagamaan dapat diraih. Prestasi yang diraih dari tahu 2003 sampai tahun 2010 seperti:
1) Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) prestasi yang dapat SD Muhammadiyah mendapat juara:
a) Juara I putra MTQ tingkat Kecamatan Taman Sari Cabang Tilawah tahun 2003
b) Juara I MTQ XXI tahun 2006
2) Juara I Cepat Tepat Agama Islam Tingkat SD Kec. Tamansari dalam Kegiatan Pesantren Romadlon Masjid Baitul Hasanah.
3) Juara Harapan I Lomba Kisah Nabi dalam Festival Maulid Nusantara IV Provinsi Bangka Belitung tahun 2009. ,dan
4) Juara I cabang Tartil putri MTQ tahun 2010.
Prestasi umum yang menjadikan SD Muhammadiyah menjadi kebanggaan dan selalu dikenal, prestasi berikut diperoleh dari tahun 1990 sampai dengan 2010 adalah sebagai berikut:

No Prestasi Kejuaraan Perlombaan Tahun
1 III Sepeda Hias HUT RI 45 1990
2 I Lagu Solo PARADE Tamansari/Lagu Kota Pangkalpinang 1991
3 III Lukis Anak Pangkalpinang tema obyek wisata 1992
4 III Pawai Jalan Kaki HUT RI 47 1992
5 III SKJ HUT RI 48 1993
6 III Vestival Seni Budaya Pangkalpinang 1994
7 I Pawai Jalan Kaki HUT RI 49 1994
8 II Gerak Jalan (Pawai Indah) HUT RI 49 1994
9 I Lukis SD HUT RI 49 1994
10 II Sepeda Hias TK SD HUT RI 49 1994
11 III Karnaval SD HUT RI 50 1995
12 III Kebersihan SD HUT Pangkalpinang 1999
13 III Vokal Group SD HUT Kota Pangkalpinang ke 44 2000
14 III Karnaval SD HUT RI 55 2000
15 I Gerak jalan Beregu Putri HUT RI 55 2000
16 III Sepeda Hias HUT RI 57 2002
17 III Kebersihan Sekolah HUT RI 57 2002
18 II Sepeda Hias HUT RI 58 2003
19 II Pawai Jalan Kaki Putra HUT RI 58 2003
20 II Pawai Jalan Kaki HUT RI 59 2004
21 I Busana Daerah Pangkalpinang 2004
22 I GIGI SEHAT Taman sari TK SD 2006
23 II Dokter Kecil Taman sari 2007
24 II Lukis Vestival Kompetensi/Kreatifitas SD 2007
25 III Lomba Dokter Kecil Tamansari 2008
26 III Kemah Pramuka 2008
27 II Olimpiade sains Nasional Babel 2009
28 I Mewarnai SMKN 1 Cup 2009
29 I Idola Cilik Babel 2009

Dengan banyaknya prestasi menunjukkan SD Muhammadiyah mempunyai daya saing yang kuat. Loyalitas pada visi pendidikan tak luput menjadi motivasi penting dalam mencapai cita-cita besar SD Muhammadiyah Pangkalpinang yang siap menjadi sekolah unggul dan berprestasi baik tingkat loka, seiring perjalanan waktu mengglobal ketingkat yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar